Analisis Kinerja SI/TI Pada PDAM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard

Septi Wiyono, Andeka Rocky Tanaamah

Abstract


Abstract. Customer Service Application has an important role in improving the quality of service in PDAM Salatiga city. Referring to this understanding, the existence of a customer service application in PDAM is considered very essentialtoimprove the employees’ performance in providing a better customer service. This researchtries to see how IS/IT measures can improve the effectiveness of the various perspectives used. As the findings in this research show how customer service applications can provide values for the company and improve the employees’ performance. Customer service applications have an important role in various ways, in this research application performance measured in order to increase employees satisfaction to the company.

Keywords: Performance SI/IT, IT Balanced Scorecard, Customer Service Application.

 

Abstrak. Analisis Kinerja SI/TI pada PDAM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard.Aplikasi Pelayanan Pelanggan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi PDAM Kota Salatiga. Mengacu pada pemahaman tersebut, maka kehadiran aplikasi pelayanan pelanggan di PDAM diposisikan sebagai basis utama dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam hal pelayanan pelanggan yang semakin meningkat. Penelitian ini melihat bagaimana mengukur SI/TI yang dapat meningkatkan efektifitas diberbagai perspektif yang digunakan. Adapun temuan-temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bagaimana kehadiran aplikasi pelayanan pelanggan dapat memberikan nilai untuk perusahaan dan sarana untuk meningkatkan kinerja karyawan. Aplikasi pelayanan pelanggan memiliki peranan penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam perusahaan di berbagai hal, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran bagaimana aplikasi dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap perusahaan.

Kata kunci: Kinerja SI/TI, IT Balanced Scorecard, Aplikasi Pelayanan Pelanggan.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.