Aplikasi Penjualan dan SMS Gateway untuk Penagihan Hutang (Studi Kasus PT. DEWATA Yogyakarta)

Brigitta Stellani Sukamto

Abstract


Abstract. Sales and receivables is the income of the company. But the complexity of the data make these vital parts are often overlooked. The presence of technology may be able to be solution. SalWay is a software, designed and built to handle everything related to the sale and the debt owed by customers in PT. DEWATA Yogyakarta which has 3 (three) mills which are have different raw materials and products. The software is also capable of providing reminders via SMS Gateway for alerts to customers who have not paid off their debts but are close to (one day before the due date) or exceed the maturity date. With the SMS, the company can alert customers without typing a lots of numbers on mobile phones.

Keywords: sales, SMS, alerts, reminders, SMS  Gateway

 

Abstrak. Penjualan dan piutang merupakan sumber hidup perusahaan. Namun kompleksnya data membuat bagian vital tersebut sering kali terabaikan. Hadirnya teknologi mampu untuk menjadi salah satu solusi. SalWay adalah sistem informasi yang dirancang dan dibuat untuk membantu menangani segala sesuatu terkait penjualan dan hutang yang belum dibayarkan oleh pelanggan kepada PT. DEWATA yang memiliki 3 (tiga) pabrik dengan bahan baku dan hasil produksi yang berbeda. Sistem ini juga mampu memberikan SMS reminder via SMS Gateway untuk alert kepada pelanggan-pelanggan yang belum melunasi hutangnya namun sudah mendekati (satu hari sebelum tanggal jatuh tempo) ataupun melebihi tanggal jatuh tempo. Dengan adanya SMS ini, perusahaan dapat mengingatkan pelanggan tanpa harus mengetikkan banyak nomor dan SMS di handphone.

Kata kunci: penjualan, SMS, alert, reminder, SMS Gateway




DOI: http://dx.doi.org/10.24002/jbi.v3i2.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.