Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Arsitektur KOMPOSISI?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH PADA JURNAL ARSITEKTUR KOMPOSISI

  1. Artikel yang ditulis berdasarkan penelitian, berupa: artikel hasil penelitian, artikel tentang ide-ide (gagasan konseptual), tinjauan tentang proses penelitian, tinjauan buku-buku baru, paparan tokoh arsitek dan pemikirannya, serta karya ilmiah lain yang berhubungan dengan fenomena arsitektur.
  2. Redaksi menerima naskah via email paling lambat pada akhir bulan Pebruari untuk terbitan April dan pada akhir bulan Agustus untuk terbitan bulan Oktober. Naskah dikirim dengan email disertai attachment e-mail ke alamat: jurnal_komposisi@yahoo.com cc jurnalkomposisi@mail.uajy.ac.id
  3. Pengiriman naskah wajib dilampiri dengan Curriculum Vitae penulis (lampiran, attachment).
  4. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dalam bentuk essay, disertai judul pada masing-masing bagian artikel atau sub-bagian, tanpa penomoran. 
  5. Judul artikel ditulis dengan huruf besar di tengah-tengah dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 14, maksimum 10 kata dalam Bahasa Indonesia dan maksimum 12 kata dalam Bahasa Inggris. Peringkat judul masing-masing bagian dan sub-bagian (tanpa penomoran) adalah sebagai berikut:

JUDUL BAGIAN digunakan HURUF KAPITAL SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI, JENIS HURUF TIMES NEW ROMAN DENGAN UKURAN 11.

Judul Sub-Bagian 1 (Huruf Kapital untuk Huruf Pertama Kata, Tebal, Rata Tepi Kiri, Jenis Huruf Times New Roman dengan Ukuran 11)

Judul Sub-Bagian 2 (Huruf Kapital untuk Huruf Pertama Kata, Tebal, Rata Tepi Kiri, Cetak Miring, Font Times New Roman dengan Ukuran 10)

Judul Sub-Bagian 3 (Huruf Kapital untuk Huruf Pertama Kata, Tebal, Rata Tepi Kiri, Cetak Miring, Garis Bawah, Font Times New Roman dengan Ukuran 11)

  1. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Apabila naskah artikel ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Alamat e-mail WAJIB dicantumkan sebagai syarat pemuatan artikel secara online dan untuk memudahkan komunikasi.
  2. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baik untuk artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, abstrak bahasa Inggris terletak di atas abstrak bahasa Indonesia.
  3. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (150-200 kata); kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil; pembahasan; kesimpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  4. Sistematika artikel hasil pemikiran adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (150-200 kata); kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)
  5. Sumber rujukan dianjurkan merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer yang berupa buku ilmiah (textbook), laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) dan artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan majalah ilmiah.
  6. Penulisan kutipan menggunakan teknik rujukan berkurung dengan menyebutkan nama akhir penulis, tahun, dan nomor halaman tempat asal kutipan, contoh: (Ching, 2002:56).
  7. Pemuatan tabel harus diberi nomor urut dan judul yang sesuai dengan isi tabel serta sumber kutipan. Judul tabel dicantumkan pada bagian atas tabel dan sumber dicantumkan pada bagian bawah tabel.
  8. Pemuatan gambar (foto, diagram, bagan, sketsa) harus diberi nomor urut dan judul yang sesuai dengan isi gambar serta sumber kutipan. Judul gambar serta sumbernya dicantumkan pada bagian bawah gambar. 
  9. Penulisan Daftar Rujukan diurutkan secara alfabetis dan kronologis, contoh:

Buku (Penulis Tunggal):

Boyer, M. C. 1994. The City of Collective Memory: Its Historical Imagery and Architectural Entertainments. Cambridge, Massachusetts: The MIT Press.

Dudek, M. 2005. Children’s Spaces. Oxford: Architectural Press, Elsevier.

Buku kumpulan artikel (Editor):

Stokols, D. & Altman, I. (Eds.). 1987. Handbook of Environmental Psychology, Volume One. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Buku (Artikel dalam buku kumpulan artikel):

Herrington, S. 2005. The Sustainable Landscape. Dalam Mark Dudek (Ed.). Children’s Spaces. Oxford: Architectural Press, Elsevier, hlm.215-244.

Buku terjemahan:

White, E. T. 1986. Tata Atur: Pengantar Merancang Arsitektur. (Penerjemah Sri Rahayu; Penyunting Adjat Sakri). Bandung: Penerbit ITB.

E-book:

Tarbell, F. B. 2003. A history of Greek Art. [Online] US: The Project Gutenberg Etext. Tersedia: http://www.ebooktakeaway.com/a_history_of_greek_art_frank_bigelow_tarbell [Diunduh 20 Maret 2012]

Artikel dalam jurnal:

Crane, R. 2000. The Influence of Urban Form on Travel: An Interpretative Review, Journal of Planning Literature, 15 (1): 3-23.

Artikel dalam koran:

Martokusumo, W. 3 Oktober, 2004. Desain Urban dan Konservasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Harian KOMPAS, hlm. 33.

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Purbadi, Y. D. 2010. Tata Suku dan Tata Spasial pada Arsitektur Permukiman Suku Dawan di Desa Kaenbaun di Pulau Timor. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca-sarjana Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada.

Makalah seminar, konferensi, lokakarya, penataran:

Mediastika, C. E. 2011. Bijaksana Memperlakukan Bumi, Demi Menuju Kehidupan Ber-kelanjutan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional SCAN ke-2: 2011 Life Syle and Architecture, 31 Mei 2011. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Scholl, B. 2010. National Strategies for a Heritage-Based Sustainable Urban Development, the Example of Switzerland, Conference Paper. In Celio, M. & De Sarkar, P. (Eds.). Heritage-based Sustainable Urban Development, 9-10 September 2010. India: UNESCO-IHCN and the Embassy of Switzerland in India, December 2010, ISBN: 978-81-89218-38-6. Tersedia: http://www.ihcn.in [Diunduh 25Mei 2012].

Internet (karya individual):

Gendall, J. 2009. Biomimicry: Architecture that Imitates Life. [Online], Tersedia: http://harvardma-gazine.com/2009/09/architecture-imitates-life [Diunduh 8 September 2011].

Internet (artikel dalam jurnal online):

Oldfield, P.; Trabuco, D.; & Wood, A. 2009. Five Energy Generations of Tall Buidings: An Historical Analysis of Energy Consumption in High-Rise Buildings. The Journal of

Architecture. [Online] 14 (5). Tersedia: http://www.tandfonline.com/doi/full/10. 1080/13602360903119405 [Diunduh 8 September 2011].

Catatan khusus:

  1. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin akan timbul, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
  2. Kepastian pemuatan artikel akan diberitahukan melalui e-mail. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat imbalan berupa cetak lepas sebanyak 5 (lima) eksemplar. Artikel yang tidak dimuat tidak dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  3. Penulis yang telah menyerahkan artikel kemudian mencabut artikelnya karena keperluan tertentu wajib memberitahu kepada redaksi Jurnal Arsitektur KOMPOSISI melalui email disertai penjelasan atau alasannya.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan ke redaksi adalah naskah yang belum pernah diterbitkan pada jurnal atau terbitan lain. Pengirim naskah dimohon menjelaskan (memberi keterangan tertulis) di dalam email bahwa naskahnya belum pernah diterbitkan pada terbitan lain. Email redaksi: jurnal_kompisisi@yahoo.com cc jurnalkomposisi@mail.uajy.ac.id

  2. Artikel diketik dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 11, jarak baris 1 spasi, dicetak pada kertas ukuran A4 (21,5 cm x 29,7 cm), margin atas dan kiri 3 cm, margin bawah dan kanan 2,5 cm sebanyak 10-15 halaman. 

  3. Artikel diketik dalam dua kolom, awal paragraf indent 1 cm, rata kiri-kanan, lebar kolom sama dengan jarak antar kolom 1,27 cm.

  4. Daftar rujukan dicantumkan dan digunakan sebagai rujukan di dalam naskah, serta tidak ada rujukan yang dicantumkan dalam daftar rujukan tetapi tidak digunakan dalam naskah.

  5. Penulis mencantumkan nama diri secara lengkap tanpa gelar akademik, juga mencantumkan afiliasi dan alamat email. Contoh:

    Yohanes Djarot Purbadi

    Laboratorium Perencanaan Perancangan Lingkungan dan Kawasan

    Program Studi Arsitektur

    Fakultas Teknik

    Universitas Atma Jaya Yogyakarta

    Email: purbadi@mail.uajy.ac.id

  6. Penulis menyajikan abstraksi naskah (artikel penelitian, artikel ilmiah) dalam wujud dwi bahasa (Inggris dan Indonesia) yang baik dan benar. Abstrak berbahasa Inggris dicantumkan pada bagian atas, abstrak berbahasa Indonesia di bawah abstrak berbahasa Inggris. Masing-masing abstrak dilengkapi dengan kata kunci (keywords) minimum sebanyak 3-4 kata kunci.
  7. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan abstrak bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan standard penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar.
  8. Pembuatan tabel harus diberi nomor urut dan judul yang sesuai dengan isi tabel serta sumber kutipannya.  Judul tabel diletakkan di atas dan sumber diletakkan di bawah tabel.
  9. Pembuatan gambar dan diagram harus diberi nomor urut dan judul yang sesuai dengan isi gambar atau diagam serta sumber kutipan.  Judul gambar/diagram diletakkan di bawah isi gambar.
  10. Bio data penulis singkat dituliskan secara ringkas dan dilampirkan pada bagian akhir naskah sebagai persiapan untuk dimuat dalam jurnal. Riwayat hidup lengkap dituliskan secara khusus sebagai lampiran pada email.

Privacy Statement

Nama dan alamat email penulis naskah yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini digunakan secara eksklusif untuk maksud tujuan jurnal ini dan tidak digunakan untuk tujuan lain atau pihak lain.