PENATAAN RUANG HALTE TRANS JOGJA DI BANDARA ADISUCIPTO YANG BERBASIS ERGONOMI DENGAN PROGRAM THE SIMS 3

Dhita Wahyu Anggraeni

Abstract


Trans Jogja Shelter in Yogyakarta Adisucipto airport is one of the shelters, which is in great public demand, because it integrates with other transport modes. The airport bus shelter is full of passengers with different human dimensions and their luggage. Based on initial observations about movement circulation during rush hour, it was found such difficulties in movement system and led to insecurity for the passengers. The purpose of this study is to analyze the circulation layout based on ergonomic needs at the Trans Jogja shelter in Adisucipto Airport area, which may contributes to the circulation moving system. Criteria of the study are four aspects, i.e the anthropometric, kinetic, physiology, and psychology. This study used behavioral mapping and simulation methods. The Sims 3 program is used for the simulation of human movement in the shelter. The analysis found that the shelter does not meet the need of standard dimensional human motion. In order to improve the quality of a better layout of the shelters, the ergonomic movement system is indispensable to be taken into consideration.

Keywords: circulation space, ergonomics, The Sims 3 program

Abstrak: Halte Trans Jogja di Bandara Adisucipto Yogyakarta adalah salah satu halte yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena terintegrasinya berbagai jalur tranportasi yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memilih tujuan perjalanan. Halte bandara dipenuhi oleh calon penumpang bus dengan bermacam dimensi ukuran tubuh dan barang bawaan. Berdasarkan pengamatan awal ditemukan permasalahan sirkulasi dan gerak terutama pada saat kondisi jam sibuk, banyaknya pengguna halte menyebabkan kesulitan bergerak dan mengakibatkan rasa tidak aman bagi calon penumpang bus. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji permasalahan ergonomi pada tata ruang sirkulasi Halte Trans Jogja di Bandara Adisucipto melalui studi gerak sesuai ergonomi. Hasil kajian memberi konstribusi terhadap kenyamanan gerak bagi pengguna halte khususnya masyarakat Yogyakarta. Tolok ukur dalam penelitian ada empat aspek yaitu anthropometri, kinetik, fisiologi dan psikologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode pemetaan perilaku (behavioral mapping) dan metode simulasi dengan menggunakan program The Sims 3 yaitu simulasi alur pergerakan manusia di dalam halte. Dari hasil  analisis ditemukan bahwa halte yang sekarang tidak memenuhi standar kebutuhan dimensi gerak manusia, maka untuk meningkatkan kualitas halte yang ergonomis dibutuhkan penataan sirkulasi yang lebih baik.

Kata kunci: tata ruang sirkulasi, ergonomi, program The Sims 3

Keywords


circulation space; ergonomics; The Sims 3 program; tata ruang sirkulasi; ergonomi; program The Sims 3

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D., W. 2012. Penataan Ruang Halte Trans Jogja di Bandara Adisucipto yang Berbasis Ergonomi dengan Menggunakan Program The Sims 3. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Giri, S. 2009. Analisis Halte Yang Ergonomi di Kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Laporan penelitian.

Haryadi & Setiawan, B. 2010. Arsitektur Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Penerbit UGM.

Neufert, E. 2002. Data Arsitek Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Panero, J. & Zelnik, M. 2003. Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Rini, N. I. P. 2007. Analisis Persepsi Penumpang terhadap Tingkat Pelayanan Bus Way. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Susanto. 2005. Analisis Kebutuhan Lokasi Halte di Pintu Padalarang. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.24002/jars.v10i1.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.