Information For Authors

Apakah anda tertarik menjadi penulis artikel dalam jurnal ini ? Sebaiknya tinjau laman "About Jurnal" untuk melihat kebijakan pengelola jurnal serta Petunjuk penulisan artikel pada Jurnal Arsitektur KOMPOSISI. Penulis perlu mendaftarkan diri sebelum mengirimkan naskahnya. 

Jurnal Arsitektur KOMPOSISI menerima ARTIKEL ILMIAH sebagai isi utama. Bagian ini menjadi wadah untuk menghimpun dan mengkomunikasikan berbagai artikel ilmiah terkait arsitektur yang ditulis berdasarkan penelitian, baik berbasis skripsi, tesis maupun disertasi serta penelitian-penelitian ilmiah lainnya. Artikel ilmiah juga menampung tulisan terkait dengan proses dan hasil desain dalam praktek arsitektur oleh seorang arsitek atau tim arsitek atau komunitas masyarakat. Panjang tulisan 10-15 halaman spasi tunggal.

Jurnal Arsitektur KOMPOSISI juga menerima tulisan tentang TINJAUAN BUKU (Book Review). Bagian ini mewadahi tulisan tentang tinjauan buku baru, yang memberi wawasan kepada sidang pembaca untuk tertarik memahami pemikiran dalam buku baru. Buku baru yang ditinjau adalah buku-buku yang terkait dengan dunia arsitektur, memperkaya serta mengambangkan praktek maupun teori dalama dunia arsitektur. Panjang tulisan maksimum 1 halaman spasi tunggal.

GAGASAN KONSEPTUAL juga diwadahi dalam Jurnal Arsitektur KOMPOSISI. Bagian ini mewadahi gagasan-gagasan konseptual dari kalangan arsitektur maupun non arsitektur yang memperkaya dan mengembangkan dunia arsitektur secara luas, baik bersifat teoritis maupun praktis. Panjang tulisan 3-5 halaman spasi tunggal.

Tulisan tentang tinjauan suatu penelitian (RESEARCH REVIEW) juga dapat dimuat dalam Jurnal Arsitektur KOMPOSISI. Bagian ini menampung tulisan tentang tinjauan penelitian arsitektural yang bermanfaat memperkaya dan mengembangkan khasanah penelitian dalam arsitektur. Fokusnya, memaparkan arsitek dan dunia penelitian yang dikerjakan oleh para arsitek untuk meningkatkan kualitas karya dan mengembangkan ilmu arsitektur. Panjang tulisan maksimum 1 halaman spasi tunggal.

Tulisan tentang ARSITEK DAN PEMIKIRANNYA juga layak diterbitkan dalam Jurnal Arsitektur KOMPOSISI. Bagian ini digunakan untuk menampung tulisan tentang tokoh arsitek dan buah pemikirannya, yang ditulis berdasarkan proses ilmiah dan bertujuan memperkaya khasanah tokoh dan pemikiran arsitektural. Tokoh arsitektur berasal dari dalam negeri maupun luar negeri dan bersifat unik dalam konteks sejarah arsitektur. Panjang tulisan 3-5 halaman spasi tunggal.