KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA: KELOMPOK ACUAN ATAU GAYA HIDUP?

Tri Harnoto, Yunita Budi Rahayu Silintowe

Abstract


Smartphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi ini berdampak pada penggunaan smartphone di negeri ini yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Smartphone juga digunakan oleh mahasiswa untuk sarana komunikasi bersama teman atau kelompok, mengirim tugas kuliah, bermain game, dan mengisi waktu luang. Saat memilih smartphone, setiap konsumen memiliki alasan yang berbeda-beda. Pemilihan smartphone dapat dipengaruhi oleh gaya hidup atau kelompok tertentu. Penelitian ini akan meneliti seberapa besar pengaruh kelompok acuan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 200 responden dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok acuan dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone. Variabel gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan. Kelompok acuan juga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: smartphone, keputusan pembelian, kelompok acuan, gaya hidup


Full Text:

PDF

References


Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 Nomor 4 Juli 2013.

Chaney, D. (2004). Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Engel, J. F., G. Blackwell, dan P. W. Miniard. (2001). Consumer Behavior (9 ed.). Ohio: South.

Fadillah, N. R. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Crocs. Studi Kasus Fakultas Ekonomi UNAND : http://journal.fekon.unand.ac.id/mhs/index.php?option=com_content&view=article&id=9&Itemid=1&article_id=23.

Febrian, R. (2017, Agustus 15). Indonesia Midrange Smartphone Segment Expands Even as Overall Market Remains Flat YoY, IDC Reports. Dipetik Desember 7, 2017, dari International Data Corporation’s (IDC): https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP42999517

Ghozali, I. (2006). Statistik Nonparametrik. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hair, J. F., Tatham, R. L., Anderson, R. E., & Black, W. (2016). Multivariate Data Analysis (5 ed.). Jakarta: Gramedia.

Hasan, A. (2009). Marketing. Jakarta: Media Presindo.

Hidayat, M. W. (2016). IDC Rilis Data Pasar Smartphone Indonesia pada 2015, Siapa Juara? Dipetik November 11, 2016, dari Liputan 6: http://tekno.liputan6.com/read/2441541/idc-rilis-data-pasar-smartphone-indonesia-pada-2015-siapa-juara

Iskandar, D. (2017, Mei 08). Raport Vendor Smartphone Global Triwulan I 2017. Dipetik Juli 18, 2017, dari Tabloidpulsa: https://www.tabloidpulsa.co.id/news/29578-raport-vendor-smartphone-global-triwulan-i-2017

Kasali, R. (2001). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta: PT. Gramedia.

Kotler, P. (2009). Manajamen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (13 ed.). (M. Bob Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (5 ed.). (L. Salim, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Munandar, A. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Noviadhista, U. F. (2016). Samsung masih puncaki pasar smartphone Indonesia, siapa pesaingnya? Dipetik November 27, 2016, dari Techno.id: http://www.techno.id/tech-news/samsung-masih-puncaki-pasar-smartphone-indonesia-siapa-pesaingnya-1602293.html

Peter, J. P., & Olson, C. J. (2005). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 4 Jilid 2. (Damos, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Montor Susuki Satri F150. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Volume 15, Nomor 2 Juli – Desember.

Purwaningsih, M. F. (2008). Analisis Hubungan Gaya Hidup dan Pendapatan Dengan Keputusan Pembelian Produk Fashion Planet Surf Studi Kasus: Konsumen Planet Suft Malioboro Mall Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/1868/2/032214097_Full.pdf.

Putra, F. A. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 3, Nomor 1: Semester Ganjil 2014/2015. Dipetik 15

Saraswati. (2009). Pemberdayaan Kesehatan Anak dan Keluarga. Bandung: Citra Aditya.

Sari, D. N. (2015). Perbedaan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau Dari Status Ekonomi. eJournal Psikologi : ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id, Volume II Nomor 3.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Sebelas Empat.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen (2 ed.). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan. Bandung: Prenada Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tarigan, A. A. (2015). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Samsung Smartphone Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=285391&val=6467.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Andi.

Wardani, A. S. (2016). Strategi Samsung Menangkan Persaingan Pasar Smartphone. Dipetik November 1, 2017, dari Tekno Liputan6: http://tekno.liputan6.com/read/2468217/strategi-samsung-menangkan-persaingan-pasar-smartphone.

Williams, B., & Sawyer, S. (2011). Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications (9 ed.). New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.24002/modus.v30i2.1708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.