PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DI DALAM TRUST DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP E-WOM PADA SITUS BELANJA ONLINE DI KOTA PALEMBANG

Agustinus Widyartono

Abstract


ABSTRACT

The purpose this study is to examine factors in trust and perceived value have influence toward electronic word of mouth (e-wom). Some of the factors found in trust, namely ability, benevolence and integrity and several factors in perceived value, namely emotional value, social value, price and performance value were also tested for their effects on e-wom. This study uses 100 respondents who live in the Palembang city and have made purchases online. The data analysis method used in this study is PLS (Partial Least Square). The test results using partial least square of this study prove that the benevolence factor has an influence on e-wom. In addition, the results of this study also prove that social values, prices and performance values have an influence on e-wom.

 

Keywords: kindness; social value; price; performance value; e-wom

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa sajakah yang ada di dalam kepercayaan dan nilai yang dirasakan dalam pengaruh terhadap electronic word of mouth (e-wom). Beberapa faktor yang terdapat dalam kepercayaan yaitu kemampuan kebaikan hati dan integritas serta beberapa faktor dalam nilai yang dirasakan yaitu nilai emosional, nilai sosial, harga dan nilai kinerja juga diuji pengaruhnya terhadap e-wom. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang berdomisili di kota Palembang dan telah melakukan pembelian secara online. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Hasil pengujian dengan menggunakan partial least square dari penelitian ini membuktikan bahwa faktor kebaikan hati memiliki pengaruh terhadap e-wom. Selain itu hasil dari penelitian ini juga membuktikan bahwa nilai sosial, harga dan nilai kinerja memiliki pengaruh terhadap e-wom.

 

Kata kunci: kebaikan hati; nilai sosial; harga; nilai kinerja; e-wom

 


Full Text:

PDF

References


Aubert, B.A., dan Kelsey, B.L. (2000). The Illusion of Trust and Performance. Scientific Series of Cirano (3), pp 1-13.

Ghozali, I. (2014). Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hennig-Thurau dan G. Walsh. (2002). Electronic Word-Of-Mouth: Motives for and Consequences of Reading Customer Articulation on the Internet. International Journal of Electronic Commerce, Vol. 8, no. 2, pp. 51-74.

Khuong, M.N., dan Hanh, N.H. (2016). Factors Affecting Brand Equity of Online Travel Booking Service in Ho Chi Minh City – A Mediation Analysis of e-Word of Mouth. Journal of Economics, Business and Management, Vol. 4, No. 4, page: 266-271.

Kim, E., dan Tadisina, S. (2003). Customer’s Initial Trust in E-Business: How to Measure Customer’s Initial Trust. Proceedings of Ninth Americas Conference on Information Systems, pp 35-41.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2006). Manajemen Pemasaran 2. Edisi Keduabelas. Jakarta.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta; Erlangga.

Monroe, K.B. (1990). Pricing: Making Profitable Decisions. 2nd Edition. Singapore: McGraw-Hill.

Morgan, R.M., dan Shelby D. (1994). The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, Vol. 58 No. 3, pp. 20-38.

Mowen, J.C., dan Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi Kelima, Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Terjemahan Lina Salim. PT Penerbit Erlangga, Jakarta.

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dmensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-commerce Di Indonesia). Thesis. FPS Universitas Brawijaya, Malang.

Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Sekaran, U. (2016). Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Buku 2. Edisi 4. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Semuel, H. dan Wijaya, N. (2009). Service Quality, Perceived Value, Satisfaction, Trust, dan Loyalty pada PT. Kereta Api Indonesia Menurut Penilaian Pelanggan Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.4, No. 1, April 2009 Hal: 23-37.

Sweeney, J., dan Soutar, G. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of a Multiple Item Scale. Journal of Retailing, Vol. 77, pp. 203-205.

Tjiptono, F., dan Gregorius, C. (2005). Service, Quality and Satisfaction. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24002/modus.v32i1.3181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.