Media sosial, influencer, dan marketplace
Sinergi digital dalam meningkatkan minat beli mahasiswa terhadap UMKM
DOI:
https://doi.org/10.24002/senapas.v3i1.11884Keywords:
UMKM, teknologi informasI, promosi digital, minat beli, mahasiswaAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian nasional, namun masih mengalami kendala dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung promosi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi dalam promosi UMKM terhadap minat beli mahasiswa. Responden berjumlah 55 mahasiswa aktif Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2023 yang mengisi kuesioner melalui Google Form. Instrumen terdiri dari dua belas pertanyaan mengenai tanggapan terhadap promosi digital. Hasil menunjukkan bahwa TikTok merupakan platform paling efektif (38,2%), disusul Instagram (29,1%), marketplace (20%), dan YouTube (12,7%). Sebanyak 81,8% responden terpengaruh oleh konten influencer, 94,5% menganggap konten visual penting, dan 67,3% lebih menyukai promosi melalui media sosial. Selain itu, 87,2% lebih percaya ulasan di marketplace, dan 98,2% mengaku pernah membeli produk karena pengaruh media sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap minat beli mahasiswa. Faktor penting yang mendukung keberhasilan promosi UMKM secara digital adalah pemilihan platform yang tepat, konten visual yang menarik, komunikasi interaktif, serta ulasan dan testimoni yang meyakinkan.
References
[1] M. R. Ohara, S. Suherlan, and W. S. Astutik, “Digital Marketing Innovation and the Role of Information Systems in Enhancing MSME Market Expansion,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 13, no. 2, pp. 1597–1604, Oct. 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i2.14167.
[2] M. Jannah, “Pengaruh endorsement sebagai media iklan di instagram terhadap minat beli pada mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam universitas islam negeri ar-raniry,” 2024.
[3] P. S. N. Udayana, “Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Menggunakan Media Sosial Instagram: Tinjauan Literatur,” INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event, vol. 2, no. 1, pp. 20–30, 2024, doi: 10.46837/inspire.v2i1.46.
[4] M. Talha, Z. Tahir, and I. Mehroush, “Enhancing customer engagement through source appearance and self-influencer congruence in mobile advertising,” Spanish Journal of Marketing - ESIC, Sep. 2023, doi: 10.1108/SJME-03-2023-0073.
[5] R. F. Chandra, A. N. Saleha, A. E. Nanda, and E. B. Ginting, “Peran Dan Praktik Artifical Intelligence Dalam Efisien Promosi,” vol. 11, pp. 53–60, 2025.
[6] D. I. K. Gunungsitoli, “ANALISIS PENGGUNAAN KONTEN MEDIA SOSIAL,” vol. 02, pp. 7–14, 2025.
[7] A. L. Mikraj, P. Umkm, S. Kampus, and U. Nurul, “Al mikraj,” vol. 5, no. 1, pp. 1634–1645, 2024.
[8] M. Fisika, U. N. Malang, D. Fisika, U. N. Malang, D. Fisika, and U. N. Malang, “Hitung > Tabel,” vol. 9, pp. 1–5, 2012.
[9] Moh. D. A. Lifmin, A. Widarko, and M. K. A. B. Suharto, “Pengaruh Promosi Influencer dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Market Place Shopee,” Manajemen, pp. 82–94, 2016.
[10] A. Sahata Sitanggang, D. Naufal Nazhif, M. Harits Ar-Razi, and M. Anugrah Febrian Buaton, “Efektivitas Strategi Digital Marketing di Media Sosial: Studi Kasus Facebook, Instagram, dan Tiktok Generasi Z,” MASMAN : Master Manajemen, vol. 2, no. 3, pp. 233–241, Aug. 2024, doi: 10.59603/masman.v2i3.489.
[11] J. Ekonomi, D. Bisnis, and A. Budiarti, “STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP INFLUENCER UMKM BATIK NGEJRENG DI KOTA SURABAYA.” [Online]. Available: https://e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/ekonomibisnis
[12] S. B. Utomo, E. Andriani, and E. K. Devi, “Pengaruh Penilaian Produk dan Testimoni Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian di Platform E-commerce Bukalapak di Indonesia,” Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 02, no. 01, pp. 26–36, doi: 10.58812/sek.v2i01.
[13] S. N. Anugrah et al., “PENGARUH PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unmuh Jember),” Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, vol. 2, no. 2, pp. 173–182.
[14] C. A. Che Wel, D. Zikang, and K. Abid Azhar, “The Effect of Social Media Influencers on Purchase Inte Ntions: A Quantitative Investigation of Malaysian Consumers,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 14, no. 11, Nov. 2024, doi: 10.6007/IJARBSS/v14-i11/23684.
[15] J. Gunawan, R. Audrianto, and D. Wuisan, “THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS ON THE CONSUMPTIVE BEHAVIOR OF GENERATION Z,” 2023.
[16] A. Muzaki, S. Ferry Wibowo, D. Agustin, and P. Sari, “ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA PLATFORM SOCIAL COMMERCE: STUDI KASUS KONSUMEN TIKTOK SHOP DI JAKARTA”, doi: 10.30651/jms.v9i3.23080.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kristina Wulandari, Chardo Fidelis Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.