Analisis strategi Competitive Strategy Canvas klinik aesthetic dan akupuntur premium lumious care di Alam Sutera
DOI:
https://doi.org/10.24002/senapas.v3i1.11909Keywords:
competitive strategy canvas, FORMAT-BIDES, klinik kecantikan, akupuntur, layanan premiumAbstract
Studi ini melihat bagaimana Lumious Care, sebuah konsep klinik akupuntur dan estetik premium yang ditujukan untuk pasar menengah ke atas di Alam Sutera, Indonesia, mengembangkan strategi kompetitif. Studi ini menganalisis strategi bisnis dengan menggunakan FORMAT-BIDES Strategy Canvas, yang mencakup elemen seperti Fokus Pasar, Efisiensi Operasional, Riset Pasar, Kelincahan Responsif, Investasi SDM, Relasi Pelanggan, Inovasi Berkelanjutan, Diferensiasi, Pemasaran Efektif, dan Kemitraan Strategis. Studi ini mengevaluasi bagaimana rancangan bisnis tersebut menggabungkan layanan kecantikan modern dengan pendekatan holistik tradisional untuk menjawab kebutulan layanan kecantikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Lumious Care memiliki potensi untuk membuat perbedaan besar karena menggabungkan terapi akupuntur dan layanan estetika modern dalam satu pengalaman premium. Untuk memperkuat daya saing dan menumbuhkan loyalitas pelanggan, fokus pada niche market, digitalisasi layanan, pelatihan karyawan, dan kolaborasi dengan influencer dinilai berhasil. Strategi yang telah direncanakan menunjukkan potensi besar untuk menciptakan daya saing yang berkelanjutan dalam sektor yang sangat spesialis dan dinamis ini, meskipun saat ini masih dalam proses perencanaan. Studi ini menemukan bahwa pendekatan FORMAT-BIDES strategi Canvas adalah alat yang berguna untuk menilai kesiapan strategis klinik baru seperti Lumious Care. Pendekatan ini dapat mengintegrasikan secara menyeluruh elemen operasional, pemasaran, dan inovasi. Ini juga dapat memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan klinik akupuntur dan kecantikan di segmen premium. Ini juga relevan untuk mengevaluasi kesiapan strategis bisnis baru, khususnya di bidang layanan kesehatan dan kebugaran.
References
[1] Wiranti, B. (2024). Urgensi Aspek Psikodermatologi dalam Perawatan Kulit: Memahami Keterkaitan Emosi dan Kesehatan Kulit. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 224-244.
[2] Sodinah, F. P., Yulia, E., & Jubaedah, L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawatan Wajah Modern Terhadap Kepuasan Konsumen (studi pada pelanggan wanita dewasa di klinik kecantikan London Beauty Center Jakarta Barat). Jurnal Adijaya Multidisplin, 2(03), 464-486.
[3] Anjani, F. D., Susilo, D. K., & Ulfa, N. M. (2024). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan konsumen di klinik kecantikan Jember. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 12(2), 150-160.
[4] Novianty, N., Komalasari, Y., & Yuliyana, W. (2021). Strategi Diferensiasi dan Harga Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Klinik Auraku Bandung. Business Management Journal, 17(2), 181-192.
[5] Putri, M. A., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Brand Ambassador dan Celebrity Endorsement di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skintific. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 3(1), 1-9.
[6] Olagunju, K. O., Angioloni, S., & Canavari, M. (2025). Niche markets for sustainable agri-food systems: A systematic review. Heliyon, 11(3), e42346.
[7] Frank, A. G., Sturgeon, T. J., Benitez, G. B., Marodin, G. A., & Ferreira e Cunha, S. (2025). How Lean and Industry 4.0 affect worker outcomes and operational performance: A quantitative assessment of competing models. International Journal of Production Economics, 279, 109475.
[8] Butkouskaya, V., Llonch-Andreu, J., & Alarcón-del-Amo, M.-C. (2024). Market orientation, integrated marketing communications, and small and medium-sized enterprises (SMEs) performance: A comparison between developed and developing economies. European Research on Management and Business Economics, 30(3), 100260.
[9] Pourheydari, M., Gholizadeh, M., Sadeghi, S., Hojjati, A., & Goltapeh, F. (2025). A clustering scheme for performance benchmarking in the regulation of electric distribution utilities in Iran. Utilities Policy, 93, 101881.
[10] Chuang, S.-H. (2020). Co-creating social media agility to build strong customer-firm relationships. Industrial Marketing Management, 84, 202–211.
[11] Montero Guerra, J. M., Danvila-del-Valle, I., & Méndez-Suárez, M. (2023). The impact of digital transformation on talent management. Technological Forecasting and Social Change, 188, 122291.
[12] Bation, J., Jaro, M. A., Nery, L. J., Mudjahidin, M., Aristio, A. P., Palad, E. B., Chavez, J., & Velasco, L. C. (2025). Customer relationship management systems in clinical laboratories: A systematic review. Informatics in Medicine Unlocked, 53, 101628.
[13] Bhatti, S. H., Rashid, M., Arslan, A., Tarba, S., & Liu, Y. (2023). Servitized SMEs’ performance and the influences of sustainable procurement, packaging, and distribution: The mediating role of eco-innovation. Technovation, 127, 102831.
[14] Larios-Francia, R. P., & Ferasso, M. (2023). The relationship between innovation and performance in MSMEs: The case of the wearing apparel sector in emerging countries. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100018.
[15] Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The Influence of Discount Framing towards Brand Reputation and Brand Image on Purchase Intention and Actual Behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851–858.
[16] Bae, H.-S. (2024). The effects of trust and communication on flexibility and customer relationships between port logistics firms and shippers. The Asian Journal of Shipping and Logistics, 40(2), 118–125.
[17] Odlin, D., & Benson-Rea, M. (2021). Market niches as dynamic, co-created resource domains. Industrial Marketing Management, 95, 29–40.
[18] Malinda, M., Elizabeth, E., & Intan, EL (2024). Poster Competitive strategy Canvas. Ministry of Law and Human Rights of the Republic of Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devanty Anggraini, Maya Malinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.