Perencanaan edukasi konsumen dalam memilih hunian ramah lingkungan di Indonesia

Authors

  • Willyam Fernando Yuel Tanggara Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Nectaria Putri Pramesti Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v3i1.12579

Keywords:

keputusan, pembelian, perumahan

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan rumah secara langsung menyebabkan permintaan terhadap hunian baru semakin meningkat setiap tahunnya. Masyarakat selaku konsumen semakin cermat dalam mempertimbangkan berbagai aspek teknis dan non teknis sebelum melakukan keputusan pembelian. Seperti halnya desain bangunan, harga, fisik kualitas  bangunan, dan reputasi developer selaku pengembang, serta ketersediaan infrastruktur dan lingkungan yang menunjang fungsi hunian secara menyeluruh juga dapat  memengaruhi keputusan konsumen secara tidak langsung. Artikel ini bertujuan untuk  menganalisis frekuensi kemunculan kata (word frequency query) dalam jurnal-jurnal acuan  guna mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang memengaruhi keputusan pembelian perumahan. Metode yang digunakan yaitu studi literatur dari beberapa jurnal penelitian terdahulu yang relevan dengan isu atau topik yang sedang diteliti menggunakan bantuan Nvivo versi 12. Hasil studi literatur yang sudah dilakukan terhadap 25 jurnal terdahulu, ditemukan bahwa kata yang paling dominan adalah keputusan, pembelian, perumahan, rumah, dan harga. Temuan ini menunjukkan bahwa aspek-aspek tersebut merupakan fokus utama dalam penelitian terkait topik keputusan pembelian perumahan.

References

[1] R. Waluyo, W. F. Y. Tanggara, and V. H. Puspasari, “Pengelolaan Limbah Pada Tahap Konstruksi Proyek Rumah Toko Dan Perumahan,” Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, vol. 23, no. 2, pp. 190–200, 2024, doi: 10.35760/dk.2024.v23i2.12034.

[2] V. H. Puspasari, A. Purwantoro, W. F. Y. Tanggara, N. P. Angelica, M. Wardani, and N. Iriani, “Penerapan Waste Management Pada Proyek Perumahan,” PORTAL : Jurnal Teknik Sipil, vol. 16, no. 3, pp. 26–33, 2024.

[3] Katadata, “Rumah Untuk Semua,” 2022.

[4] Y. Arfah, Keputusan Pembelian Produk. PT. Inovasi Pratama Internasional, 2022.

[5] F. Reken et al., Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Padang: Penerbit CV. Gita Lentera, 2024.

[6] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan Dan Penyediaan Rumah Khusus. 2022.

[7] R. Prawadya, Wakyudi, and N. Hamdani, “Residential Design Of A 3 Story House Rambutan 199,” Lakar Jurnal Arsitektur, vol. 07, no. 02, pp. 318–331, 2024.

[8] U. Barreto, Y. Abarca, and E. Pellicer, “Key Factors In The Acquisition Of Residential Properties: A Comprehensive Study Of The Global Real Estate Market,” Revista de la Construccion, vol. 23, no. 3, pp. 623–638, 2024, doi: 10.7764/RDLC.23.3.623.

[9] R. Ruslan, T. A. Karnawati, and Y. Handoko, “Strategi Promosi Media Sosial, Reputasi Developer Dan Inovasi Produk Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Pada Properti Lavish Hills Residence Batam Developer Ciputra Grup,” Jurnal Manajemen dan Profesional, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.32815/jpro.v4i1.1189.

[10] Lindawati, M. R. F. Wibowo, and B. F. Said, Teknik Sipil Untuk Infrastruktur Perkotaan. Medan: PT. Media Penerbit Indonesia, 2024.

[11] Peraturan Pemerintah RI No 20, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Perumahan Dan Kawasan Permukiman, no. 086436. 2021, pp. 1–71.

[12] BSN, SNI Nomor 03–1733–2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan. 2004, pp. 1–58. [Online]. Available: http://johannes.lecture.ub.ac.id/files/2012/10/Tata-Cara-Perencanaan-Lingkungan-Perumahan-di-Perkotaan-_-SNI-03-1733-2004.pdf

[13] N. A. Salleh, S. A. Zoher, S. A. Mahayuddin, and Y. Abdul, “Influencing Factors of Property Buyer in Hillside Residential Development,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 170, pp. 586–595, Jan. 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.060.

[14] N. P. Pramesti, H. Setiawan, and A. A. Setiawan, “Perancangan Pelatihan Building Information Modelling (BIM) untuk Kontraktor Skala Kecil: Pendekatan Critical Event Model (CEM),” in Prosiding SENAPAS, 2024.

[15] K. J. Kam, T. S. Lim, D. L. P. Yoong, F. L. Ang, and B. T. Leong, “Purchasing Decision Of Property Buyers: The Housing Quality, Financial Capabilities, And Government Policies Studies,” PLANNING MALAYSIA: Journal of the Malaysian Institute of Planners , vol. 19, no. 3, pp. 48–60, 2021.

[16] U. Barreto, Y. Abarca, and E. Pellicer, “Key Factors In The Acquisition Of Residential Properties: A Comprehensive Study Of The Global Real Estate Market,” Revista de la Construccion, vol. 23, no. 3, pp. 623–638, 2024, doi: 10.7764/RDLC.23.3.623.

[17] V. Senggetang, S. L. Mandey, and S. Moniharapon, “Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado,” Jurnal EMBA, vol. 7, no. 1, pp. 881–890, 2019.

[18] M. Saroinsong, L. Mananeke, and J. G. Poluan, “Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Di Citraland Manado,” Jurnal EMBA, vol. 10, no. 1, pp. 828–839, 2022.

[19] M. M. Hassan, N. Ahmad, and A. H. Hashim, “Factors Influencing Housing Purchase Decision,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 11, no. 7, pp. 429–443, Jul. 2021, doi: 10.6007/ijarbss/v11-i7/10295.

[20] A. I. Siregar, “Model Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dari Perspektif Fasilitas, Citra Perusahaan Dan Harga (Survey Pada Perumahan Panorama Sakuran Asri Kota Jambi),” JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 212–224, 2021.

[21] S. Aslan, D. Arditi, and G. Tantekin-çelik, “Factors That Affect The Level Of Success Of The Transaction Between Home Buyers And Developers In Sell-Build Residential Projects,” Buildings, vol. 11, no. 3, Mar. 2021, doi: 10.3390/buildings11030127.

[22] A. Edy Sarwono, A. Handayani, and P. Studi Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta, “Pengaruh Citra Perusahaan Dan Fasilitas Perumahan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Konsumen Perumahan Peni Regency Solobaru).”

[23] Y. Kumar and U. Khandelwal, “Factors Affecting Buying Behaviour in the Purchase of Residential Property: A Factor Analysis Approach,” International Journal on Customer Relations, vol. 6, no. 2, pp. 27–32, Nov. 2018, doi: 10.2139/ssrn.3481597.

[24] J. N. Masali, M. Mahmud, Ardiansyah, U. Moonti, I. Yantu, and Sudirman, “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Dulomo Indah,” JOURNAL of ECONOMIC and BUSINESS EDUCATION, vol. 1, no. 2, pp. 52–65, 2023.

[25] R. Sugianto and S. O. Ginting, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Medan Resort City,” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM , vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2020.

[26] P. Zhang and C. Nuangjamnong, “Factors Influencing the Purchase Decision of Bangkok Building Property in the Context of New Normal Life Situation,” International Research E-Journal on Business and Economics , pp. 44–60, 2022.

[27] F. Rizal, M. Adam, and Mahdani, “Pengaruh Harga, Desain Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh,” Jurnal Manajemen dan Inovasi , vol. 8, no. 3, pp. 76–87, 2017.

[28] M. Taufan and S. Soekiman, “Pengaruh Harga, Lokasi, Desain Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Zian Istana Residence Mojokerto,” Soetomo Management Review, vol. 2, no. 3, pp. 351–363, 2024.

[29] M. R. V. Vaz and B. Sutedjo, “Pengaruh Kepercayaan, Corporate Image dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perumahan Konsumen PT. Muliamas Land Kendal),” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 5, no. 1, pp. 275–286, 2022, doi: 10.37531/sejaman.v5i1.2011.

[30] F. O. Suparno, “Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Wisata Semanggi,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, vol. 8, no. 5, pp. 1–20, 2019.

[31] B. M. Sihombing, A. L. Tobing, and K. Sinaga, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Perumahan Bersubsidi Di Kawasan Griya Harapan Baru Tahap 1 Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang,” GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, vol. 11, no. 3, pp. 167–175, 2025.

[32] M. Fahimah, M. Sholikhah, and C. Anam, “Pengaruh Harga, Desain Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan (Studi Kasus pada Firdaus Mansion Jombang),” MARGIN ECO : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis , vol. 4, no. 1, pp. 58–72, 2020.

[33] R. D. Wijiastuti and Y. H. M. Bria, “Pengaruh Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah Ditinjau Dari Harga, Lokasi Dan Pendapatan,” Jurnal Trial Balance (JUTRIANCE), vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2023, [Online]. Available: https://journal.icma-nasional.or.id/index.php/JUTRIANCE

[34] M. R. Afrianto and H. R. Agustapraja, “Evaluasi Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Perumahan Pondok Pesona Alam,” Jurnal Teknik, vol. 18, no. 2, pp. 61–72, Oct. 2020, doi: 10.37031/jt.v18i2.74.

[35] F. Santoso and Z. Anas, “Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Rumah: Studi Kasus Di Perumahan Griya Emas Kabupaten Pamekasan,” Journal of Management and Digital Business, vol. 1, no. 3, pp. 163–174, Dec. 2021, doi: 10.53088/jmdb.v1i3.323.

[36] A. H. Siregar, “Pengaruh Harga, Brand Image Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Membeli Unit Rumah Di Kompleks Royal Sumatera,” METHOSIKA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist, vol. 4, no. 2, pp. 93–102, 2021, doi: 10.46880/jsika.vol4no2.pp93-102.

[37] L. Dewabrata, T. Kwanda, and J. Rahardjo, “Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Rumah Tinggal Kelas Menengah Menurut Broker Properti Di Surabaya,” Dimensi Utama Teknik Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 58–76, Apr. 2023, doi: 10.9744/duts.10.1.58-76.

[38] T. C. Runtuwarow, A. K. T. Dundu, and C. J. Supit, “Analisis Kepuasan Penghuni Perumahan Bukit Kawanua Golf Residence,” Jurnal Ilmiah Media Engineering, vol. 11, no. 1, pp. 2087–9334, 2021.

[39] Rohmadi and Doni Yusuf Bagaskara, “Analisis Pemetaan Media Tentang Transaksi Pembiayaan Akad Sharf Di Indonesia Dengan NVivo: Studi Literatur Review,” Journal of Accounting and Digital Finance, vol. 4, no. 1, pp. 28–41, Apr. 2024, doi: 10.53088/jadfi.v4i1.812.

Downloads

Published

2025-09-26

Issue

Section

Articles