Implementasi E-Commerce Balagedogmart Berbasis Website pada Wirausaha Desa Balagedog

Authors

  • Aa Herdi Prayoga Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7259

Keywords:

E-Commerce, Wirausaha, Desa, CMS Wordpress, WooCommerce

Abstract

Abstract — The development of advances in information technology makes it easy to access information or disseminate information with a wide range of things, this creates a new lifestyle for modern humans, one of which is in the economic field, encouraging business development to become increasingly complex, the emergence of the term e-commerce, online buying and selling transactions with ease of searching. and buying needs, broad market reach, ease of transaction make this a great potential. Community involvement, both as entrepreneurs and consumers, requires them to keep abreast of developments in this technological advancement so that they can compete and increase more income. In Balagedog village there are 330 entrepreneurs from various types of businesses with the majority still implementing conventional transaction business models. From this, an e-commerce facility is needed for entrepreneurs so they can streamline marketing, increase revenue, and still be able to compete with competitors today. , besides that it also makes it easier for consumers to search, find, buy a product from entrepreneurs. The WordPress CMS is a website system that is easy to use and has a woocommerce plugin that supports implementing and running e-commerce.

Keywords — e-commerce, entrepreneurs, CMS wordpress, woocommerce.

Abstrak Perkembangan dari kemajuan teknologi informasi memberikan kemudahan akan akses suatu informasi ataupun menyebarkan informasi dengan jangkauan yang luas hal tersebut menciptakan gaya hidup baru manusia modern salah satunya pada bidang ekonomi mendorong perkembangan bisnis menjadi semakin komples, munculnya istilah e-commerce  transaksi jual beli online dengan kemudahan mencari dan membeli kebutuhan, jangkauan pasar yang luas, kemudahan dalam trasnsaksi menjadikan hal tersebut sebagai potensi yang besar. Keterlibatan masyarakat baik sebagai pelaku wirausaha ataupun konsumen menuntut mereka untuk mengikuti perkembangan dari kemajuan teknologi ini sehingga bisa bersaing dan meningkatkan pendapatan lebih. Di desa balagedog terdapat 330 pelaku wirausaha dari berbagai jenis usaha dengan mayoritas masih menerapkan model bisnis transaksi konvensional, dari hal tersebut diperlukannya sebuah sarana fasilitas e-commerce bagi pelaku wirausaha sehingga dapat mengefisiensikan pemasaran, meningkatkan pendapatan, dan tetap dapat bersaing dengan kompetitor pada jaman sekarang, selain itu juga memudahkan konsumen untuk mencari menemukan, membeli sebuah produk dari pelaku wirausaha. CMS wordpress merupakan salah satu sistem website yang mudah untuk diaplikasikan penggunaanya serta terdapatnya plugin woocomerce yang mendukung untuk penerapan dan menjalanakan e-commerce.

Kata Kunci— e-commerce, pelaku wirausaha, CMS wordpress, woocommerce

References

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko A&s,” Innovative Creative and Information Technology, vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020.

A. M. Rakanita, “PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK,” JURNAL EKBIS, vol. 20, no. 2, p. 1280, Sep. 2019, doi: 10.30736/ekbis.v20i2.237.

Y. Pratomo, “APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa,” kompas.com, 2019.

R. Hafni and A. Rozali, Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Muhammadiyah University North Sumatra, 2015.

M. Aldi Novriansyah, E. Tesly Navida, R. Zulkarnaen, E. Nurfaizah, and Somantri, “SISTEM PENJUALAN PERIKANAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE WORDPRESS,” SENTIMETER (Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika dan Ilmu Komputer), vol. 1, no. 1, 2022.

S. Elinawati, A. Muhammad, and S. Arlis, “Perancangan Content Management System (Cms) Dengan Studi Kasus E-Bisnis Pada Toko Alya Gorden,” Komputer Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, 2019.

B. Williams, D. Damstra, and H. Stern, Professional WordPress: design and development. John Wiley & Sons, 2015.

E. Oley, S. Sentinuwo, and A. A. Sinsuw, “Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran),” Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, vol. 6, no. 4, pp. 159–170, 2017.

A. F. Pratama and A. Diana, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE DENGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE PADA HOPEANDSOLES.ID,” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System, vol. 4, no. 1, pp. 20–30, Jan. 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2769.

P. Irfan, K. Kartarina, and C. Satria, “SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK DESA BERBASIS WEB,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 11, no. 3, pp. 214–221, Dec. 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i3.471.214-221.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles