Peningkatan Nilai Produk Desa Wisata di Kampung Gula Borobudur Berbasis Teknologi Laser

Authors

  • Engelbert Harsandi Erik Suryadarma Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Robertus Kurnianto
  • Brilianta Budi Nugraha
  • Andrianus Pandu Setiyanto

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7304

Keywords:

Laser cutting, desa wisata, gula jawa, kearifan lokal, Borobudur

Abstract

Kampung Gula Borobudur berada dalam radius 1 km dari Candi Borobudur. Desa Wisata ini mengusung tema edukasi pembuatan gula jawa. Pembuatan gula jawa diawali dari proses pengambilan nira pohon kelapa yang merupakan bahan baku pembuatan gula jawa, yang kemudian diolah menggunakan teknologi tradisional menjadi gula jawa murni tanpa campuran apapun. Wisatawan dapat berkunjung ke Kampung Gula untuk melihat dan mengikuti proses-proses tersebut. Kampung Gula dikelola oleh pemuda asli Borobudur dengan swadaya warga. Guna meningkatkan minat akan wisata edukasi Kampung Gula dan juga pendapatan warga lokal Borobudur, maka kami dari Departemen Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta memberikan hibah mesin Laser cutting dan engraving  hasil kegiatan proyek independen kampus merdeka. Kami juga memberikan training penggunaan mesin kepada para pemuda di Kampung Gula Borobudur. Mesin ini dimaksudkan untuk membuat souvenir yang akan dijual kepada para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Gula. Souvenir juga akan dijual dalam bentuk bundling dengan paket wisata di Kampung Gula Borobudur. Mesin laser ini akan membantu pemuda Kampung Gula Borobudur untuk berkreasi lebih luas dengan menggabungkan antara kearifan lokal dengan produk berbasis teknologi maju dan dapat bersaing dengan industri pembuat souvenir skala besar.

References

Kemdikbud.go.id (2022, September) Kisah Pemugaran Candi Borobudur, Teknologi Memegang Peranan Penting

Fandeli, C. M. 2012. Pengusahaan Ekowisata. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Uinversitas Gadjah Mada.

Balai Penelitian Tanaman Palma. 2010. Deskripsi produk dan Teknologi Pengolahan Kelapa Parut Kering. Balai Litbang Pertanian. Indonesia.

Powell, J. (1993). CO2 laser cutting (Vol. 214). London: Springer-Verlag.

Khatak, P. (2022). Laser cutting technique: A literature review. Materials Today: Proceedings, 56, 2484-2489.

Ali, M. (2015). Penyuluhan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Operator Pembuat Gula Jawa di Dusun Dungtileng Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 4(01), 39-45.

Witteman, Wilhelmus Jacobus. The CO2 laser. Vol. 53. Springer, 2013.

Tomita, K., Pan, Y., Sunahara, A., Kouge, K., Mizoguchi, H., & Nishihara, K. (2023). Observation of plasma inflows in laser-produced Sn plasma and their contribution to extreme-ultraviolet light output enhancement. Scientific Reports, 13(1), 1825.

Li, L., & Mazumder, J. (1991). A study of the mechanism of laser cutting of wood. Forest products journal (USA).

Eltawahni, H. A., Olabi, A. G., & Benyounis, K. Y. (2011). Investigating the CO2 laser cutting parameters of MDF wood composite material. Optics & Laser Technology, 43(3), 648-659.

Mukherjee, K., Grendzwell, T., Khan, P. A., & McMillin, C. W. (1990). Gas flow parameters in laser cutting of wood-nozzle design. Forest products journal, 40(10), 39-42.

Lum, K. C. P., Ng, S. L., & Black, I. (2000). CO2 laser cutting of MDF: 1. Determination of process parameter settings. Optics & laser technology, 32(1), 67-76.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles