Penerapan Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) pada Bengkel Handayani, Yogyakarta

Authors

  • Anindhito Nugroho Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Marcel Suryajaya Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Sandi Trisula Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Devada Alfa
  • La Ode Muhammad Nursalam
  • Citra Yayu’ Palangan

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7360

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan sistem QRIS kepada UMKM bengkel handayani yang berlokasi di jalan jambon, karena bengkel handayani belum menerapkan sistem pembayaran menggunakan QRIS. Lalu metode yang digunakan adalah metode penyuluhan dengan melakukan wawancara, pembuatan modul dan pelatihan. Alasan penulis menggunakan metode penelitian tersebut karena penulis melakukan pelatihan secara langsung terhadap SDM bengkel Handayani. Hasil dari pengabdian yang dibuat berjalan dengan baik untuk keberlangsungan sistem pembayaran bengkel Handayani, karena dengan QRIS bagian sekretariat dari bengkel Handayani dapat melihat dan melakukan rekap data transaksi secara otomatis.

References

R. D. ’Swandi dan F. A. ’Barusman, “PENERAPAN SISTEM KLIRING NASIONAL BANK INDONESIA (SKNBI) DALAM RANGKA EFEKTIVITAS SISTEM PEMBAYARAN,” Sibatik, vol. 7, hlm. 1–16, 2022.

C. D. ’Syamsir dan E. ’Sarvia, “Perancangan Mesin ATM dan Ruangan ATM Berdasarkan Ilmu Ergonomi,” Maranatha, vol. 1, hlm. 1–18, 2018.

A. R. ’Azzahroo dan D. S. ’Estiningrum, “Preferensi Mahasiswa dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Teknologi Pembayaran,” Manajemen Motivasi, hlm. 1–8, 2021.

“Rudiyanto,” A. ’Hakim, dan E. C. ’Sukmawati, “INOVASI SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL QRIS PADA UMKM KEDAI MALAMILA DI DESA KALIJATI,” ubpkarawang, hlm. 1–5, 2023.

“Purwati” dan D. ’Dwi, “Pengaruh Penggunaan Smartphone dalam Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017,” etheses, 2017.

S. S. ’Technology, “Apa itu QRIS: Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftarnya,” PT Cloud Hosting Indonesia, 11 Februari 2021. https://idcloudhost.com/blog/apa-itu-qris-pengertian-keunggulan-manfaat-dan-cara-daftarnya/ (diakses 26 Mei 2023).

“Saputri” dan O. ’Banda, “Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital,” Kinerja, vol. 17, hlm. 2–11, 2020.

B. ’Indonesia, “QR Code Indonesian Standard (QRIS),” Bank indonesia.

E. J. ’Sihaloho, A. ’Ramadani, dan S. ’Rahmayanti, “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard,” Manajemen Bisnis, vol. 17, hlm. 1–11, 2020.

A. ’Pracoyo dkk., “Sosialisasi QRIS Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM Provinsi DKI Jakarta,” LPMP Imperium, vol. 4, hlm. 1–10, 2022.

“Akhmad” dan K. ’Alia, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM,” Duta, vol. 9, hlm. 1–54, 2015.

K. ’Mutrofin, N. A. ’Muhammad, dan “Mahmud,” “PERAN UMKM DALAM MEMPERTAHANKAN EKONOMI JAWA TIMUR SELAMA PANDEMIC COVID – 19,” STIE Darul Falah, hlm. 1–10, 2021.

S. ’Suhery, “SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU DI SDN 17 MATA AIR PADANG SELATAN,” Inovasi Penelitian, vol. 1, hlm. 1–4, 2020.

P. P. G. ’Hapsari dan “Zulherman,” “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA,” Pancasakti Science Education, vol. 6, hlm. 1–8, 2021.

T. ’Indonesia, “QRIS,” Telkom, 2019.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles