Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web pada KUA Kecamatan Cigasong

Authors

  • Indah Latifatun Nissa -

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7369

Abstract

Di era modern ini, teknologi semakin banyak digunakan dalam berbagai sektor publik. Sistem informasi merupakan salah satu teknologi yang sudah ada yang banyak digunakan di berbagai instansi. Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan unit kerja kementerian agama yang melaksanakan sebagian tugas pemerintahan di bidang agama Islam di wilayah kabupaten, salah satu tugasnya adalah pelayanan pencatatan perkawinan, selain itu pelayanan perkawinan bagi masyarakat harus dilakukan dengan baik dan nyaman. Untuk mencapainya, diperlukan sarana dan infrastruktur pendukung. Berdasarkan pengamatan langsung, di KUA terdapat banyak barang – barang inventaris dari berbagai sumber. Proses pencatatan barang masih sederhana yaitu hanya menggunakan Microsoft Excel. Laporan data – data inventaris sangat penting pada suatu instansi, dengan adanya laporan inventarisasi barang ini untuk mengetahui ada atau tidaknya barang dan kondisi barang yang ada di suatu instansi daerah tertentu. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka perlu dibuat suatu Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Web. Dengan adanya perancangan sistem informasi inventaris ini diharapkan dapat membantu petugas KUA dalam melakukan pencatatan barang dan pembuatan laporan menjadi lebih mudah.

References

A. Cahyo Wijoyo, D. Hermanto, J. Raya Tengah No, K. Gedong, P. Rebo, and J. Timur, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PADA PT. INSAN DATA PERMATA,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika), vol. 01, 2020.

B. P. Statistik, “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021,” 2022.

H. Hijriani, A. Hikmah Hijriani, I. Pelayanan Pencatatan Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan Djumadi, and Ms. I. selaku Dosen Pembimbing dan Fajar Apriani, “IMPLEMENTASI PELAYANAN PENCATATAN PERNIKAHAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SANGASANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA,” vol. 3, no. 2, pp. 534–548, 2015.

“3198-25-10142-1-10-20221231”.

A. D. Akbarwati, U. M. Sholeh, and D. Andayati, “SISTEM PENGADAAN DAN PENGELOLAAN BARANG INVENTARIS DI IST AKPRIND YOGYAKARTA,” 2017.

M. Luhtfi Hamzah, dan Astri Ayu Purwati, S. Pelita Indonesia, and S. Pelita Indonesia, “SISTEM MANAJEMEN INVENTORI KOMPUTER MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS DI STIE PELITA INDONESIA PEKANBARU) COMPUTER INVENTORY MANAGEMENT SYSTEM USING NEAR FIELD COMMUNICATION BASED ANDROID (CASE STUDY IN STIE PELITA INDONESIA PEKANBARU),” Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), vol. 1, no. 1, 2017.

N. Hadinata and K. Kurniawan, “ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK MAKANAN RINGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 1, pp. 1–7, Feb. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i1.623.

S. Radack, “THE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC) NIST Special Publication (SP) 800-64, Revision 2, Security Considerations in the System Development Life Cycle.”

S. Nidhra, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,” International Journal of Embedded Systems and Applications, vol. 2, no. 2, pp. 29–50, Jun. 2012, doi: 10.5121/ijesa.2012.2204.

A. Setiawan et al., “PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: METODE LITERATUR 1,” Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, 2021.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles