AVIBOT: Asisten Virtual Pengelolaan Persediaan Obat pada Apotek Mitra Sehat Purwokerto

Authors

  • Ahmad Khanifudin Ahmad Khanifudin Universitas Harapan Bangsa
  • Retno Agus Setiawan
  • Irfani Zuhrufillah

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7373

Keywords:

AVIBOT, Asisten Virtual, Pengelolaan Obat, Apotek Mitra Sehat

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Teknologi utama yang akan mendukung implementasi industri 4.0 salah satunya yaitu teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang saat ini semakin berkembang dengan pesat. . Salah satu teknologi AI yang banyak dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan manusia adalah asisten virtual. Asisten virtual adalah sebuah sistem yang bertindak seperti asisten tapi segala kinerjanya dilakukan secara otomatis sesuai program. Dengan adanya asisten virtual maka proses bertukar informasi tidak perlu dilakukan dengan manual yang mana harus menunggu pihak yang berkomunikasi untuk memberi respon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan AVIBOT sebagai asisten virtual untuk pengelolaan persediaan obat pada Apotek Mitra Sehat Purwokerto dan dimaksudkan agar dapat membantu pengguna dalam mencari persediaan obat yang dibutuhkan.  Penelitian ini menggunakan Dialogflow untuk mengembangkan dengan ekstraksi pengetahuan serta menyediakan antarmuka dan fitur yang memungkinkan pengembang untuk membuat asisten virtual. Hasil penelitian ini AVIBOT dapat membantu pengguna dalam mengelola persediaan obat di Apotek Mitra Sehat Purwokerto dengan memberikan bantuan dalam mencari obat-obatan yang dibutuhkan.

References

S. H. Bariyah and K. A. N. Imania, “Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia - Garut,” J. Petik, vol. 8, no. 1, pp. 66–79, 2022, doi: 10.31980/jpetik.v8i1.1575.

M. Mashud and W. Wisda, “Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, p. 99, 2019, doi: 10.35585/inspir.v9i2.2497.

R. P. Perdana and I. Irwansyah, “Implementasi Asisten Virtual Dalam Komunikasi Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pada Layanan Pelanggan Telkomsel),” J. Komun., vol. 11, no. 2, p. 183, 2019, doi: 10.24912/jk.v11i2.5491.

J. Julia, “Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah PENGEMBANGAN CHATBOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TATA SURYA BAGI SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR Annisa Yuliani Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia Dadan Nugraha Un,” vol. 7, no. 2, pp. 482–495, 2023, doi: 10.35931/am.v7i2.2035.

H. Kurniawan, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Apotik ABC Berbasis Client Server,” JUSITI J. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2018.

S. Rubaeah, T. T. W. Ningrum, Z. W. Fandol, and R. A. Setiawan, “SISPAC: Chatbot Untuk Diagnosis dan Penanganan Hipertensi,” Pros. Semin. Nas. Din. Inform. 2021, pp. 100–105, 2021.

Nur Asiah Ramdani, A. Asriyanik, and Winda Apriandari, “Implementasi Azure Cognitive Services dalam Pengembangan Chatbot Layanan Informasi Skripsi,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 15, no. 1, pp. 160–172, 2022, doi: 10.51903/pixel.v15i1.751.

K. T. Paramecwari, N. L. G. P. Suwirmayanti, and I. K. R. Setiawan, “Sistem Otomasi Pesan Chatbot untuk Penukaran Uang Kecil Secara Online (Studi Kasus: PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Denpasar),” J. Bumigora Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 115–122, 2022, doi: 10.30812/bite.v3i2.1538.

H. Daniel, R. Sarwono, A. B. Gunawan, and B. Pratama, “Arsitektur Sistem Chatbot untuk Penyelesaian Sengketa Daring pada Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” vol. 20, no. 1, pp. 270–277.

R. G. Guntara, “Aplikasi Chatbot Konsultan Bisnis untuk UMKM Berbasis Dialogflow pada Platform Android,” Indones. J. Digit. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022.

Dialogflow, “No Title.” https://dialogflow.cloud.google.com/

R. Reyes, D. Garza, L. Garrido, V. De la Cueva, and J. Ramirez, “Methodology for the Implementation of Virtual Assistants for Education Using Google Dialogflow,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 11835 LNAI, no. October, pp. 440–451, 2019, doi: 10.1007/978-3-030-33749-0_35.

S. Hutomo, Y. I. Suryanto, and N. Kurniawati, “Pembentukan Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul,” Patria, vol. 2, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24167/patria.v2i1.2569.

Andy Januar Wicaksono, Suyoto, and Pranowo, “A proposed method for predicting US presidential election by analyzing sentiment in social media,” in 2016 2nd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2016, pp. 276–280. doi: 10.1109/ICSITech.2016.7852647.

H. K. Sumartiningtyas, “Ilmuwan Temukan Kesamaan Persahabatan Gorila dan Manusia dalam Bersosialisasi,” Kompas.com, Aug. 2020.

D. Rusdianto et al., “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB,” vol. 02, no. Mdd, pp. 21–27, 2020.

C. Google, “Dialogflow.” https://dialogflow.cloud.google.com/#/agent/avibot-frtl/training

D. Complex, C. Bots, N. Sabharwal, and A. Agrawal, Cognitive Virtual Assistants Using Google Dialogflow.

G. Cloud, “Dialogflow ES documentation,” 2021.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles