Usability Testing Pada PUSADBOT Menggunakan Black-Box dan System Usability Scale (SUS)

Authors

  • Salim Nurul Umam Universitas Harapan Bangsa
  • Raden Bagus Bambang Sumantri
  • Retno Agus Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7375

Abstract

Chatbot didefinisikan sebagai program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dengan pengguna manusia dengan berbasis Natural Language Processing (NLP). Komputasi NLP memiliki kemampuan mempelajari komunikasi antara manusia dengan komputer melalui bahasa alami. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability pada PUSADBOT untuk melihat tingkatan efektifitas dan pengalaman pengguna yang diberikan. Usability testing dilakukan untuk mengevaluasi usability dari PUSADBOT. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan Blackbox dan System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kegunaan dari chatbot. Hasil usability testing pada PUSADBOT yang telah dilakukan menggunakan metode Black-Box dan System Usability Scale (SUS) berjalan dengan baik.

References

M. Melinda, “… Intelligence Chatbot Tarra (Toyota Interactive Virtual Assistant) Dalam Meningkatkan Customer Relationship Management Di …,” no. 4647, 2022, [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/58876/

S. Mulyatun, H. Utama, and A. Mustopa, “Pendekatan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Sebagai Alat Bantu Customer Service,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 12–17, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i1.404.

R. Ren, J. W. Castro, S. T. Acuña, and J. De Lara, “Evaluation Techniques for Chatbot Usability: A Systematic Mapping Study,” Int. J. Softw. Eng. Knowl. Eng., vol. 29, no. 11–12, pp. 1673–1702, 2019, doi: 10.1142/S0218194019400163.

“ISO 9241-11 Ergonomic requirements for o±ce work with visual display terminals (VDTs)–Part II Guidance on Usability,” 1998.

S. Rubaeah, T. T. W. Ningrum, Z. W. Fandol, and R. A. Setiawan, “SISPAC: Chatbot Untuk Diagnosis dan Penanganan Hipertensi,” Pros. Semin. Nas. Din. Inform. 2021, pp. 100–105, 2021.

F. Fitra Ramadhan, “Chatbot pada E-Commerce berbasis Android dengan Pendekatan Natural Language Processing,” JCSE J. Comput. Sci. an Eng., vol. 2, no. 1, pp. 27–39, 2021, [Online]. Available: http://icsejournal.com/index.php/

Patel, “Implementasi Chatbot Untuk Pemesanan Produk Yang Terintegrasi Web Pada Kedai Ibaraki,” pp. 9–25, 2019, [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/87456/

Arief Hidayat; Agung Hidayat;Safa’ah Nurfa’izin, “Usability Evaluation on Educational Chatbot Using the System Usability Scale (SUS),” 2022, [Online]. Available: https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/10006991

J. Saenz, W. Burgess, E. Gustitis, A. Mena, and F. Sasangohar, “The usability analysis of chatbot technologies for internal personnel communications,” 67th Annu. Conf. Expo Inst. Ind. Eng. 2017, pp. 1357–1362, 2017.

H. Kabetta, “Desain dan Implementasi Penandatangan Elektronik Sertifikat X509 Menggunakan Platform Bot Telegram,” Telematika, vol. 13, no. 1, pp. 22–35, 2020, doi: 10.35671/telematika.v13i1.936.

U. Ul Haq, S., & Qamar, “Ontology Based Test Case Generation for Black Box Testing,” 2019.

“‘How Many Test Users in a Usability Study?’ [Online],” 2017, [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/

and B. Jordan, B. Thomas, I. L. McClelland, “Weerdmeester, Usability Evaluation In Industry,” 1996.

A. Baumgartner, J., Frei, N., Kleinke, M., Sauer, J., & Sonderegger, “Pictorial System Usability Scale (P-SUS) Developing an Instrument for Measuring Perceived Usability,” 2019.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles