Sistem E-Pelayanan Pengajuan Surat dan Pengaduan Masyarakat pada Kelurahan Caturtunggal

Authors

  • Puja Waldi Nadeak Puja Sistem Informasi, Universitas Mercu Buana Yoyakarta
  • Bani
  • Putri Taqwa Prasetyaningrum Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7383

Keywords:

Kata Kunci: e-pelayanan, e-government, online, website, waterfall.

Abstract

Kelurahan merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat. Penggunaan e-government diharapkan dapat menjadi pengganti kemajuan teknis yang lebih maju yang ada saat ini untuk mendapatkan layanan yang lebih baik. Di Kelurahan Catur Tunggal, peneliti membuat sistem pelayanan publik e-pelayanan. Di Kelurahan Catur Tunggal, perancangan sistem ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pelayanan berbasis website untuk layanan pengajuan surat dan pengaduan masyarakat. Karena prosedurnya berurutan, maka metode waterfal digunakan untuk merancang sistem penelitian ini. Dari Hasil penelitian ini, terciptanya suatu sistem pelayanan publik yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pengajuan surat dan pengaduan. Peneliti berharap dengan menerapakan sistem e-pelayanan ini akan dapat menyelesaikan permasalah yang ada, dan masyarakat dapat melakukan pengajuan surat dan pengaduan secara online sehingga masyarakat dapat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kelurahan Catur Tunggal.

References

Y. Farlina and D. Pribadi, “Sistem Informasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Berbasis Website,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. September, pp. 180–186, 2020.

L. Muliawaty and S. Hendryawan, “Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang),” J. Ilmu Adm., vol. 11, no. 2, pp. 101–112, 2020, [Online]. Available: file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2898-Article Text-11413-2-10-20210323.pdf

H. Y. Novita, Y. Nurhadryani, and S. Wahjuni, “Analisis Penerapan Teknologi Informasi dalam Mendukung Pengembangan Local E-Government,” J. Penelit. Pos dan Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–19, 2021, doi: 10.17933/jppi.v11i1.265.

I. Umami and M. T. Adam, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web Desa Sumberkarang,” vol. 1, no. 9, pp. 2880–2885, 2022.

N. Hunaifi, A. B. Hikmah, and A. Nurhasan, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Dan Permohonan Surat Online ‘Sipadu’ Di Tingkat Kecamatan Berbasis Web,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 40–51, 2019.

F. P. Arianto, “Perancanan Sistem Informasi E-Document Sebagai Implementasi E-Government,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 144–150, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

R. Arifin and N. Latif, “Sistem Informasi Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web Pada Kantor Balai Latihan Masyarakat Makassar,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, pp. 68–76, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i1.2555.

L. I. Sari, E. Helmud, W. A. Probonegoro, and S. Damini, “Sistem Informasi Kependudukan Sebagai Bagian Dari Sistem E-Government Berbasis Web : Studi Kasus Kantor Kelurahan Air Itam,” J. informanika, vol. 6, no. 1, pp. 25–34, 2020.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.

S. Supiyandi, M. Zen, C. Rizal, and M. Eka, “Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 274, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.3986.

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles