Kesiapsiagaan Bencana dengan Simulasi Penyelamatan Diri Saat Gempa Bumi pada Anak Sekolah Dasar Kelas 4-6

Authors

  • yovita dwi setiyowati stik sint carolus
  • Fitriana Suprapti

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v1i1.7402

Abstract

Bencana alam mengakibatkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat. Banyak korban terjadi pada anak usia sekolah baik di jam sekolah atapun di luar jam sekolah. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan anak sekolah dasar kelas 4-6 terhadap bencana gempa bumi melalui kegiatan simulasi. Metode edukasi ini adalah ceramah, simulasi dan tanya jawab secara luring di SD St.Fransiskus Jakarta Timur yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 141 orang. Mayoritas peserta berjenis kelamin laki-laki (51%), berusia 11 tahun (46%) dan dan pengetahuan baik (72%). Dengan tindakan edukatif kepada kelompok rentan yaitu anak sekolah dasar, diharapkan mampu berespon secara tepat saat menghadapi bencana gempa bumi.

References

Kemenkes, “Promosi Kesehatan dalam Penanggulangan Masalah Kesehatan di Situasi Kedaruratan,” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, p. 78, 2018.

BNPB, “Bencana Indonesia 2022,” Jakarta, 2022.

A. Amri, F. Khalid, and Z. ( Kemendikbud, “Penulis Asep Koswara (YKRI & KPB),” 2019.

M. Hasbi, I. Yuliantina, Nurfadilah, and A. Nugraha, “Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan PAUD,” pp. 1–148, 2019.

K. Mosby, T. Birch, A. Moles, and K. E. Cherry, “Disasters,” Handbook of Rural Aging, pp. 111–115, 2021, doi: 10.7591/9781501701498-008.

S. Zahran, L. Peek, and S. D. Brody, “Youth Mortality by Forces of Nature,” Child. Youth Environ., vol. 18, no. 1, pp. 371–388, 2008, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/10.7721/chilyoutenvi.18.1.0371

K. Shiwaku and R. Shaw, “Proactive co‐learning: a new paradigm in disaster education,” Disaster Prevention and Management: An International Journal, vol. 17, no. 2, pp. 183–198, Jan. 2008, doi: 10.1108/09653560810872497.

Nanda Khoirunisa, “Disaster Knowledge Of Student For Disaster PreparednessNESS,” The First International Conference on Child - Friendly Education, pp. 219–222, 2016, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/11617/7217

T. Tanner, “Shifting the narrative: child-led responses to climate change and disasters in El Salvador and the Philippines,” Child Soc, vol. 24, no. 4, pp. 339–351, 2010, doi: 10.1111/j.1099-0860.2010.00316.x.

A. Yildiz, J. Dickinson, J. Priego-Hernández, and R. Teeuw, “Children’s disaster knowledge, risk perceptions, and preparedness: A cross-country comparison in Nepal and Turkey,” Risk Analysis, pp. 1–15, 2022, doi: 10.1111/risa.13937

Downloads

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles