Pelatihan penulisan kreatif dengan GagasMedia bagi Komunitas Sunmor Book Club Jogja

Authors

  • Woro Wiratsih
  • Aprilia Kritiana Tri Wahyuni Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9201

Abstract

Abstrak— Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan secara intensif serta praktik menulis kreatif agar dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan menulis kreatif bagi orang muda yang tergabung dalam komunitas Sunmor Book Club Jogja. Dalam 8 kali pertemuan, diadakan pendampingan materi untuk berlatih menulis kreatif secara intens bagi orang muda yang komunitas Sunmor Book Club Jogja. Tim pengabdian bekerja sama dengan GagasMedia dalam pendampingan materi dan coaching bagi peserta pelatihan.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan materi, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi.Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah workshop yang berfokus pada hands-on learning, aktivitas kelompok kecil dan problem solving, dan pair and small group discussion. Luaran pengabdian yang dihasilkan berupa karya tulisan peserta yang terpilih rencananya akan diterbitkan dalam buku elektronik berupa sinopsis karya fiksi panjang (novel) dan yang karya fiksi pendek (cerpen). Dalam karya tersebut peserta mengangkat kearifan lokal agar pembaca nantinya dapat menambahkan ilmu tentang kelokalan budaya Indonesia.

Kata Kunci— pelatihan menulis, penulisan kreatif, karya fiksi.

References

M. E. Nurtamam and N. Maynarani, “Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2019, 2019, pp. 236–245.

R. N. Arofah, T. Maulidah, and S. Aisah, “Penerapan Media Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menulis Puisi,” Chalim J. Teach. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 108–116, 2021.

L. Andriani, Syihabuddin, A. Sastromiharjo, and D. Anshori, “Pengaruh Proses Menulis dan Kognitif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa,” Diglosia Kurnal Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 6, no. 2, pp. 275–288, 2923.

Oxford, “Oxford English Dictionary.” .

F. Aprilia, Neisya, C. H. Yanti, and K. D. Syaputri, “Peningkatan Literasi Menulis Kreatif melalui Gelar Wicara Daring,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 1, pp. 15–23, 2022.

A. N. Aini, “Apresiasi Sastra dan Persepsi Mahasiswa Pascasarjana Linguistik Terapan Universitas Negeri Yogyakarta terhadap Pentingnya Sastra dalam Kehidupan Bermasyarakat.,” PENAOQJurnal Sastra, Budaya, dan Pariwisata, vol. 2, no. 1, pp. 31–44, 2021.

O. Schmitt and D. Buschek, “Characterchat: Supporting the creation of fictional characters through conversation and progressive manifestation with a chatbot.,” in Proceedings of the 13th Conference on Creativity and Cognition , 2021, pp. 1–10.

M. Hamdiah, I. Darmawan, and Hanifa, “Analisis Konflik Batin Tokoh Shafira dalam Novel Shaf Karya Ima Madani,” J. Bastra (Bahasa dan Sastra), vol. 8, no. 1, pp. 48–52, 2023.

S. Nurhasanah and Y. Rostikawati, “Analisis Kesalahan Umum Berbahasa Aspek Ejaan pada Kumpulan Cerpen Karya Siswa MTS. AL-FIRDAUS,” Parol. J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 6, no. 4, pp. 359–378, 2023.

P. P. Putri and R. D. Kusumastuti, “Citra Diri Profesi Arsitek di Media Sosial TikTok: Studi Kasus terhadap Personal Branding Ariq Naufal pada Akun@ Riqmann,” Brand Commun. J. Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 3, pp. 234–240, 2022.

M. Whisner, “Writing Buddies,” Law Libr. J., vol. 103, p. 677, 2011.

K. E. Simanungkalit, T. C. Tampubolon, L. Panggabean, I. Sihite, and B. Simanjuntak, “Pentingnya Kearifan Lokal: Meningkatkan Kualitas Kurikulum Merdeka dengan Karya Sastra,” J. Basicedu, vol. 8, no. 2, pp. 1450–1458, 2024.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles