Penggunaan Media Komunikasi untuk Membangun Komunikasi Keluarga pada Kelompok Bermain Tunas Melati Krebet

Authors

  • Irene Santika Vidiadari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia
  • Birgitta Bestari Puspita Jati Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Dhyah Ayu Retno Widyastuti Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9228

Keywords:

komunikasi keluarga, penggunaan media, pengasuhan

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi pola komunikasi dalam keluarga. Salah satunya pada konteks pendampingan anak usia dini pada saat menggunakan gawai pintar. Hal ini dikarenakan usia dini merupakan masa emas anak untuk mendapatkan beragam pendidikan dan internalisasi nilai budaya dalam keluarga. Pendampingan dilakukan melalui pemaparan materi dan diskusi kepada para ibu yang memiliki anak yang bersekolah di Kelompok Bermain Tunas Melati Krebet Sendangsari Pajangan Bantul. Pelatihan mengenai penggunaan media komunikasi diberikan untuk mengubah perspektif orang tua bahwa media komunikasi adalah pengganti peran pengasuhan dari orang tua. Media komunikasi merupakan sarana untuk mendorong komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak. Para ibu didorong untuk melakukan pengawasan dan pembatasan penggunaan gawai mengingat adanya dampak negatif pada kesehatan anak. Pelatihan ini juga merekomendasikan media edukasi yang dapat dimanfaatkan orang tua dan anak untuk melatih kecakapan bahasa serta menjadi saran untuk mempererat anak dan orang tua.

References

an Desa dalam Penyelenggaraan PAUD.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta, 2022.

S. S. Sidik and D. Ilmiah, “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Pajangan Bantul,” Margin Eco: Jurnal Ekonomi dan Perkembangan bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 34–49, Nov. 2021.

T. N. Chofifah, I. N. S. Degeng, and S. Utaya, “Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 3, pp. 486–491, 2016.

F. Norhidayah, “Pengaruh Penggunaan Handphone dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 4 Tabalong ,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2017.

M. Ardiansyah, “Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), vol. 3, no. 2, p. 185, Dec. 2020, doi: 10.21043/jmtk.v3i2.8578.

R. Fadli, “Keseringan Main Gadget Bisa Memengaruhi Pertumbuhan Balita,” https://www.halodoc.com/artikel/keseringan-main-gadget-bisa-memengaruhi-pertumbuhan-balita.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, “Seri Antologi Fabel Nusantara,” https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/produk-detail/3433/seri-antologi-fabel-nusantara.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles