Pendampingan Mengajar Guru-Guru SD Katolik St. Maria Goretti Wori pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Evi Kasiahe Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Fabyana Tamboto Universitas Katolik De La Salle Manado

Keywords:

pendampingan mengajar, tatap muka terbatas, sekolah dasar.

Abstract

Terhitung sejak dua semester terakhir kebanyakan sekolah telah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, sesuai dengan instruksi pemerintah. Pembelajaran ini menimbulkan masalah tersendiri. Masalah ini menjadi pergumulan tersendiri bagi guru-guru. Hal inilah yang dialami oleh guru-guru di SD Katolik St. Maria Goretti Wori. Pertama, berkuranganya durasi jam belajar, sementara guru-guru harus tetap menjamin mutu dan dan kualitas pembelajaran. Kedua, banyak siswa mengalami ketertinggalan dari segi perkembangan kognitif, terutama menyangkut kemampuan baca, tulis, hitung pada siswa yang duduk di kelas rendah. Pembelajaran dari rumah atau pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh sekolah di pedesaan berjalan kurang maksimal hal ini disebabkan tidak semua siswa memiliki telepon pintar atau laptop untuk memaksimalkan proses pembeajaran daring tersebut. Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Katolik De La Salle Manado, sebagai salah satu lembaga pendidikan calon guru sekolah dasar, merasa perlu untuk hadir dan memberikan solusi bagi sekolah. Setelah melakukan observasi langsung ke sekolah dan menemukan beberapa masalah yang telah dikemukakan, maka dilaksanakan kegiatan PkM di SD Katolik St. Maria Goretti Wori. Kegiatan ini diberikan dalam bentuk pendampingan bagi guru-guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan walaupun kegiatan pembelajaran belum dilaksanakan secara menyeluruh.

References

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, “Panduan Pembelajaran Jarak Jauh,” Kementrian Pendidik. dan Kebud., 2020, [Online]. Available: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

N. S. Tanuwijaya and W. Tambunan, “Publishing: Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia,” J. Manaj. Pendidik., vol. 10, no. 02, pp. 80–90, 2021, [Online]. Available: https:http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp%7CDOI:https://doi.org/

K. A. Winata, Q. Y. Zaqiah, Supiana, and Helmawati, “Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi,” Ad-Man-Pend J. Adm. Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

L. A. Prihandoko and A. M. Anggawirya, “The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period,” pp. 171–180, 2020.

F. R. Supriani, A., Rosyidah.N.N.,Herlina.,Yulianto.,Widiyawati,R.,Sholeh. R., Ardiyanto, “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SD ALAM KEBUN TUMBUH MASA PANDEMI COVID-19 Nurlita,” J. Pengabdi. Ilmu Kesehat., vol. 2, no. 2, pp. 22–27, 2022.

I. Uspitasari, H. Hernawati, and M. S. Hidayat, “Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar,” J. Pengajaran Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.56855/jpsd.v1i1.49.

F. Fitriansyah, “Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 1, pp. 123–130, 2022, doi: 10.37478/jpm.v3i1.1438.

T. Pendidikan et al., “PELATIHAN PENYUSUNAN RPP DAN BAHAN AJAR BAGI GURU PANDEMI”.

R. N. Safitri, A. Basith, and R. Setyowati, “Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,” pp. 65–68, 2022.

I. Ramadhan, H. Firmansyah, and H. Wiyono, “Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Era Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6042–6056, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2939.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles