Komunikasi dalam Membangun Mindset Kewirausahaan Berkelanjutan pada Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kapanewon Ngaglik

Authors

  • Dhyah Ayu Retno Widyastuti Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Fransisca Anita Herawati Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga saat ini masih menjadi solusi utama dalam mengentaskan kemiskinan. Pengabdian ini secara spesifik berlokasi di Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman dengan mitra Forum Komunikasi (Forkom) UMKM yang berlokasi di Beran Kidul, Tridadi, Sleman. Kabupaten Sleman memiliki jumlah UMKM sebanyak 86.129 unit. Forkom menjadi wadah utama yang menjembatani pemerintah dengan pelaku UMKM. Forum ini dibentuk di tingkat kapanewon dan kelurahan yang dipayungi oleh Forkom di tingkat kabupaten. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh mitra adalah masalah regenerasi usaha untuk mendukung keberlanjutan usaha, rendahnya minat berwirausaha, dan masih terbatasnya ketrampilan berwirausaha. Selain itu juga ada kecenderungan pelaku UMKM untuk berganti-ganti bidang usaha yang digeluti. Komunikasi menjadi komponen penting dalam upaya memperkuat mindset kewirausahaan berkelanjutan. Atas dasar ini maka pendampingan difokuskan pada tiga fokus utama yaitu: (1) Upaya pembentukan mindset dan jiwa wirausaha bagi generasi penerus pelaku UMKM; (2) Cara melakukan pemetaan potensi usaha dan melakukan riset pasar; (3). Pemanfaatan digital marketing. Harapannya melalui pendampingan ini anggota Forkom UMKM mampu berdaya saing dan membangun semangat kewirausahaan berkelanjutan.

Kata Kunci—Komunikasi, Kewirausahaan Berkelanjutan, UMKM, Forum Komunikasi

References

Badan Perencana Pembangunan Daerah, “Pengentasan Kemiskinan Daerah Istimewa Yogyakarta,” 2020. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/infografik/kemiskinan (accessed Jan. 04, 2021).

P. Edi, “80 Persen UMKM di DIY Belum Melek Teknologi Internet,” 20 Maret 2021, 2021. merdeka.com/peristiwa/80-persen-umkm-di-diy-belum-melek-teknologi-internet.html (accessed Apr. 29, 2021).

N. Lumanauw, “Dorong UMKM Masuk Ekosistem Digital, Pemerintah Terapkan Strategi Jemput Bola,” 10 Juni 2021, 2021. https://www.beritasatu.com/ekonomi/785345/dorong-umkm-masuk-ekosistem-digital-pemerintah-terapkan-strategi-jemput-bola (accessed Jun. 14, 2021).

B. Ismoyo, “Jumlah Wirausaha Muda Indonesia Sedikit, MES: Edukasi dan Sosialisasi Entrepreneurship Harus Masif,” 2022. https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/02/03/jumlah-wirausaha-muda-indonesiasedikit-%0Dmes-edukasi-dan-sosialisasi-entrepreneurship-harus-masif

B. Fakieh, A. S. AL-Malaise AL-Ghamdi, and M. Ragab, “The Effect of Utilizing Business Model Canvas on the Satisfaction of Operating Electronic Business,” Complexity, vol. 2022, pp. 1–10, Sep. 2022, doi: 10.1155/2022/1649160.

K. Taipale-Erävala, E. Salmela, and and H. Lampela, “Towards a New Business Model Canvas for Platform Businesses in Two-Sided Markets,” J. Bus. Model, vol. 8, no. 3, pp. 107–125, 2020.

F. J. Greene, Entrepreneurship: Theory and Practice. London: Red Globe Press, 2020.

A. C. Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, Marketing Management, 16 Ed. London: Pearson, 2022.

J. Herawan, U. Atma, and J. Yogyakarta, “Digital Marketing of Micro , Small and Medium Enterprise ( MSMEs ) Products in Yogyakarta Province , Indonesia,” no. July, pp. 0–9, 2023, doi: 10.1729/Journal.34929.

W. Rowan, Digital Marketing. London: Kogan Page Limited, 2002.

U. Sturienė, “Internet marketing tools,” Vilnius Univ. Open Ser., no. 2, pp. 67–74, Dec. 2019, doi: 10.15388/OpenSeries.2019.18406.

D. M. Scott, The new rules of marketing and PR (7th Edition). JAV, 2017.

N. N. Hien and T. N. H. Nhu, “The effect of digital marketing transformation trends on consumers’ purchase intention in B2B businesses: The moderating role of brand awareness,” Cogent Bus. Manag., vol. 9, no. 1, Dec. 2022, doi: 10.1080/23311975.2022.2105285.

V. Desai, “Digital Marketing: A Review,” Int. J. Trend Sci. Res. Dev., no. Special Issue | Fostering Innovation, Integration and Inclusion Through Interdisciplinary Practices in Management, March 2019, pp. 196–200, 2019, doi: 10.31142/ijtsrd23100.

S.-T. Yong and P. Gates, “Born Digital: Are They Really Digital Natives?,” Int. J. e-Education, e-Business, e-Management e-Learning, vol. 4, no. 2, 2014, doi: 10.7763/IJEEEE.2014.V4.311.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles