Pelatihan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Computational Thinking di SD Bopkri Wonosari II

Authors

  • Herlina
  • Bekty Tandaningtyas Sundoro Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Zeny Ernaningsih Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9283

Abstract

Pada era global abad 21, computational thinking (CT) menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh para peserta didik sejak tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan CT mempunyai peran yang besar dalam melatih keterampilan pemecahan masalah. Seorang peserta didik yang terampil dalam pemecahan masalah akan mampu bersaing dalam perkembangan zaman. SD BOPKRI Wonosari II sebagai salah satu SD di daerah kota Yogyakarta berupaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didiknya dalam berpikir komputasional. Kurangnya sumber daya manusia dan teknologi berdampak pada kurangnya informasi yang didapatkan akan pentingnya CT dalam dunia pendidikan. Kegiatan pengabdian berupa pelatihan pemecahan masalah melalui CT ini dilaksanakan agar para peserta didik di SD BOPKRI Wonosari II mampu mengenal CT dan mengaplikasikan CT dalam suatu pemecahan masalah.  Pelatihan dilaksanakan untuk peserta didik mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Dalam pelatihan ini, peserta didik diajak untuk menggunakan CT baik secara plugged maupun unplugged dengan menggunakan alat peraga. Metode ini dapat mempermudah pemahaman peserta didik untuk terbiasa berpikir CT dalam memecahkan masalah. Dari hasil pelatihan didapatkan bahwa para peserta didik sudah semakin terampil ketika diminta untuk memecahkan suatu masalah melalui soal-soal yang diberikan.

References

M. Ansori, ‘Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah’, DIRASAH, vol. 3, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

R. Diah Silvia and A. Siska Pramasdyahsari, ‘Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis’, Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 2656–4181, 2023, [Online]. Available: http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika

S. Van Borkulo, C. Chytas, P. Drijvers, E. Barendsen, and J. Tolboom, ‘Computational Thinking in the Mathematics Classroom: Fostering Algorithmic Thinking and Generalization Skills Using Dynamic Mathematics Software’, in ACM International Conference Proceeding Series, Association for Computing Machinery, Oct. 2021. doi: 10.1145/3481312.3481319.

M. Caroline et al., ‘Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas’, in Sendimas VI, 2021, pp. 50–55.

T. S. Sukamto et al., ‘Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang THE INTRODUCTION OF COMPUTATIONAL THINKING AS A PROBLEM SOLVING METHOD FOR TEACHERS AND STUDENTS IN SEMARANG CITY’, 2019.

E. Trisnowati, E. Juliyanto, N. Dewantari, and U. Tidar, ‘ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) PENGENALAN COMPUTATIONAL THINKING DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP History Artikel’, vol. 2, no. 2, 2021.

L. Atika Anggrasari, Prosiding Seminar Nasional SensasedA MODEL PEMBELAJARAN COMPUTATIONAL THINGKING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR PASCAPANDEMI COVID-19. 2021.

K. R. Kawuri, R. Budiharti, and A. Fauzi, ‘Penerapan Computational Thinkinguntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6’, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), vol. 9, no. 2, pp. 116–121, 2019.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles