Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Guru SD BOPKRI Minggir Membuat Media Pembelajaran Interaktif dan Kreatif Melalui Canva

Authors

  • Antonius Anetha Bhisma Bagaskara Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ernanda Wisnu Aji
  • Agil Panuntun Nugroho
  • Rangga Perwiratama

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9287

Abstract

Sebuah media pembelajaran yang interaktif bisa memainkan peran penting dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami dapat membantu para siswa lebih mudah dalam memahami konten materi yang disampaikan para guru. Menyadari pentingnya media pembelajaran interaktif, para guru BOPKRI Minggir ingin meningkatkan kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas. Banyak tool yang bisa digunakan sebagai pembuatan media pembelajaran yang interaktif, salah satunya adalah Canva. Oleh karena itu, guru BOPKRI Minggir meminta diadakan sebuah pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva yang interaktif, selain itu para guru juga meminta diajarakan membuat poster melalui Canva untuk keperluan sekolah. Dalam pelatihan para guru akan mengoperasikan secara langsung penggunaan Canva dengan mengoptimalkan segala fitur yang ada pada Canva. Diharapkan agar para guru bisa membuat sebuah media pembelajaran yang interaktif dan juga sebuah poster yang menarik.

References

Savitri & Dewi. (2021). "Perkembangan Globalisasi di Era Modern." Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 5, no. 2, 67-79.

Q. Amini et al. (2020). "Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Faktor Pendukung Globalisasi Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1.

Nuriyanti & Kholisya. (2021). "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Era Globalisasi untuk Bersaing dengan Negara Lain." Jurnal Pengembangan SDM, vol. 8, no. 1, 34-45.

Khairunnisa, Ismi, & Ilmi. (2020). "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0." Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1.

Anintyawati & Masithoh. (2022). "Peran Guru dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan di Sekolah." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 9, no. 2.

Boholano. (2017). "Inovasi Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan." Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 4, no. 3.

Jeklin. (2016). "Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar." Jurnal Pendidikan Media dan Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2.

Rizanta, Arsanti. (2022). "Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, vol. 10, no. 1, 45-56.

Lestari. (2018). "Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Globalisasi." Jurnal Pendidikan Guru, vol. 15, no. 2, 67-78.

Siswanto, Bejo. (2010). Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung: Sinar Baru

Yusuf, M., & Widyaningsih, A. (2020). Pengaruh Media Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Multimedia, 5(2), 45-55.

Suryani, L. (2020). Teknologi Pendidikan dan Fleksibilitas dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(4), 230-240.

Rahmat, M. (2021). Pentingnya Pelatihan Teknologi Informasi bagi Guru. Jurnal Pengembangan SDM, 8(3), 170-180.

Sugiono, Arief. (2016). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 317-334.

Badrul, M., Lutfiyana, N., Nurrahman, D., Wasesha, D. A., & Sariasih, F. A. (2024). Pemanfaatan Twibbon Sebagai Branding Sosial Media di POKJA TKQ/TPQ DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi dan Informasi, 12(1), 34-45.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles