Pengabdian Masyarakat Dalam Pemberdayaan UMKM Dimsum Dengan Peningkatan Kinerja Penjualan

Authors

  • Parama Kartika Dewa
  • Hadisantono Departemen Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ni Luh P Chintya Devi

DOI:

https://doi.org/10.24002/senapas.v2i1.9294

Keywords:

analisis SWOT, penjualan, kinerja, media sosial

Abstract

Pertumbuhan ekonomi UMKM belum sepenuhnya pulih seperti kondisi sebelum pandemi. Perubahan perilaku konsumen dalam membeli kebutuhan mereka, memebrikan dampak pada kecepatan pemulihan kondisi UMKM. Produk makanan telah menjadi favorit para pelaku UMKM untuk memulihkan kondisi ekonomi keluarga. Hal ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat untuk produk makanan selalu ada. Permasalahan utama adalah bagaimana memulihkan tingkat penjualan pada UMKM mereka. Tim pengabdian berupaya membantu kinerja UMKM berbasis makanan, dalam hal ini UMKM Dimsum untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui pemberdayaan sumber daya yang telah dimiliki. Pendekatan analisis SWOT digunakan untuk mendapatkan strategi yang efektif. Sebagai hasil strategi perbaikan konten media sosial, banner identitas UMKM, dan membuat kemasan frozen dimsum, berhasil diterapkan guna menaikkan penjualan.

References

R. Adams, S. Jeanrenaud, J. Bessant, D. Denyer, and P. Overy, “Sustainability-oriented Innovation: A Systematic Review,” Int. J. Manag. Rev., vol. 18, no. 2, pp. 180–205, Apr. 2016, doi: https://doi.org/10.1111/ijmr.12068.

A. F. Thaha, “Dampak COVID-19 terhadap UMKM di Indonesia,” Brand J. Ilm. Manaj. Pemasar., vol. 2, no. 1, pp. 147–153, 2020.

M. Shafi, J. Liu, and W. Ren, “Impact of COVID-19 pandemic on micro, small, and medium-sized Enterprises operating in Pakistan,” Res. Glob., vol. 2, p. 100018, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100018.

B. Harsanto, A. Mulyana, Y. A. Faisal, and V. M. Shandy, “Inovasi lingkungan dan dampak pandemi: Studi kasus pada UMKM makanan dan minuman,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 268–279, 2022.

L. A. Pratomo, Lavlimatria Esya, Ayu Ekasari, U. N. Rahmawati, and W. C. Ameliana, “Pelatihan Dalam Menetapkan Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Dan Jasa dari UKM,” J. Pengabdi. Masy. Madani, vol. 1, no. 2 SE-Articles, pp. 165–171, Nov. 2021, doi: 10.51805/jpmm.v1i2.34.

S. Syarif, B. A. Birgantoro, A. Hermawan, M. A. Gani, S. Sugiyanto, and A. Maddinsyah, “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan dengan Pemanfaatan Whatsapp,” J. Pengabdi. Masy. Madani, vol. 2, no. 1, pp. 54–66, 2022, doi: 10.51805/jpmm.v2i1.56.

S. Junaedi, “Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology,” Bangun Rekaprima, vol. 7, no. 2, pp. 80–89, 2021.

S. Solihah and N. E. Zakiah, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Kreativitas dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis,” Abdimas Galuh, vol. 4, no. 2, pp. 1041–1050, 2022.

A. Rohma and Sholihah, “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas,” J. Pendidik. Mat. Univ. Lampung, vol. 9, no. 3, 2021.

S. Resmini, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 335–343, 2021.

P. K. Dewa and Hadisantono, “Pelatihan Desain Pemasaran Online dan Coaching bagi UMKM Kuliner di Temanggung,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 429–435, 2022.

N. M. A. D. Cahyani and N. M. A. Aksari, “PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE,” E-Jurnal Manajemen; Vol 11 No 11 (2022)., Nov. 2022.

R. A. Hamzah, A. Komaludin, D. Tirtana, and D. Rudiana, “Bimtek Strategi Pemasaran Melalui Peningkatan Kualitas dan Pengemasan Produk Abon Ikan di Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran,” Abdimas Galuh, vol. 6, no. 1, pp. 147–153, 2024.

P. K. Dewa, M. I. Putri, and Hadisantono, “Usulan Perbaikan Sistem Inventori Di Café Abc Untuk Meminimasi Kerugian Dengan Memperhatikan Ekspektasi Keuntungan,” Eqien-Jurnal Ekon. dan …, vol. 10, no. 2, pp. 535–547, 2022.

W. laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89–98, 2020.

T. Hanifawati and R. S. Listyaningrum, “Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online,” War. LPM, vol. 24, no. 3, pp. 412–426, 2021.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles