Pengendalian Kualitas Produk Levana dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma, Statistical Quality Control dan Kaizen di PT. Kadelmindo Saraya Mapan

Authors

  • Naufal Fakhri
  • Aisyah Larasati
  • Rudi Nurdiansyah

Keywords:

pengendalian kualitas, six sigma, kaizen, statistical quality control

Abstract

Kadelmindo Saraya Mapan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang garmen dengan nama brand Cuddle Me. Kecacatan dalam proses produksi Levana telah seringkali ditemukan sehingga dilakukan identifikasi faktor berpengaruh dalam kecacatan dan analisis kemampuan proses melalui pendekatan Statistical Quality Control dan six sigma serta memberikan rekomendasi saran perbaikan dengan metode Kaizen berdasarkan cacat terbanyak. Analisis menggunakan pendekatan SQC menghasilkan persentase produk cacat sejumlah 1.74%, hal ini telah melewati batas toleransi perusahaan sebesar 0.5% dari total produksi. Uji kapabilitas proses menghasilkan nilai CPM sebesar 0.03 dan nilai PPK sebesar 0.8 menunjukkan bahwa kinerja serta kemampuan proses produksi Levana berada pada tingkatan rendah disertai ketidak mampuan dalam mencapai spesifikasi yang diinginkan. Produksi Levana memiliki nilai DPMO 5815.9 atau sebesar level 4.2 sigma dengan nilai yield 99.42%. Rekomendasi saran perbaikan dilakukan berdasarkan jenis cacat terbanyak pada bagian badan Levana dengan total 447 produk serta 59.8% dari total produk cacat. Saran perbaikan meliputi pembuatan SOP proses pembuatan Levana, standar kriteria cacat, dan langkah-langkah melakukan maintenance korektif.

Published

2023-10-03

How to Cite

Fakhri, N., Larasati, A., & Nurdiansyah, R. (2023). Pengendalian Kualitas Produk Levana dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma, Statistical Quality Control dan Kaizen di PT. Kadelmindo Saraya Mapan. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 175–185. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/7940

Issue

Section

05 Quality & Reliability Engineering