Usulan Perbaikan Kualitas Produk Baja Coil Menggunakan Metode P-Charts dan Fault Tree Analysis Guna Mengurangi Defect di PT Krakatau Steel (Persero), Tbk.

Authors

  • Fani Junianto Setiawan
  • Andrean Emaputra
  • Argaditia Mawadati

Keywords:

Perbaikan Kualitas, Coil, P-Chart, Fault Tree Analysis, PT Krakatau Steel (Persero), Tbk.

Abstract

Krakatau Steel (Persero), Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri manufaktur, dengan salah satu produksinya menghasilkan produk baja lembaran panas (Coil). Produksi yang dihasilkan yaitu sebesar 159.594 ton dan menghasilkan produk defect sebesar 99.626 ton. Jumlah produk defect terbanyak terdapat pada cacat wavy sebesar 33.945 ton, telescope sebesar 17.219 ton, indentasi sebesar 9.447 ton dan edge defect sebesar 10.063 ton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis defect, faktor-faktor yang mempengaruhi defect serta usulan perbaikan kualitas guna mengurangi produk defect untuk produksi selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode P-Charts yang bertujuan untuk menganalisa jenis defect terbesar dan metode Fault Tree Analysis (FTA) yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi defect terbesar pada produk baja coil. Terdapat alat bantu yang digunakan yaitu checksheet, histogram, pareto, dan diagram sebab akibat. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat 4 data yang menunjukkan kondisi out-of-control dan lower-of-control. Dalam analisis metode FTA terdapat faktor-faktor yang menyebabkan defect wavy yaitu: faktor mesin, manusia, metode dan material. Berdasarkan tahap implementasi 5W+1H, dapat mengusulkan diantaranya membuat jadwal pengawasan mesin lebih banyak, perlunya penerapan jadwal istirahat operator agar teratur, melakukan perawatan preventif terhadap mesin dan membuat jadwal pengawasan lebih banyak agar bahan baku dalam kondisi baik.

Published

2023-10-03

How to Cite

Setiawan, F. J., Emaputra, A., & Mawadati, A. (2023). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Baja Coil Menggunakan Metode P-Charts dan Fault Tree Analysis Guna Mengurangi Defect di PT Krakatau Steel (Persero), Tbk. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 261–270. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/7949

Issue

Section

05 Quality & Reliability Engineering