Tingkat Engagement Bekerja sebagai Pencegah Burnout Menuju Sustainable Working-life di Lingkungan Akademis

Authors

  • Twin Yoshua R. Destyanto
  • Lenny Halim

Keywords:

engagement, burnout, sustainable working life, dosen

Abstract

Dosen memiliki Tri Dharma Pendidikan yang perlu dikerjakan dan senantiasa dievaluasi di setiap semester. Tugas pendamping yang juga diberikan kepada para dosen telah menambah beban kerja dan berisiko menimbulkan burnout. Di sisi lain tingkat keterlibatan atau engagement dalam bekerja para dosen merupakan faktor yang penting untuk menjamin keberlanjutan dan konsistensi kinerja dosen yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, menjadi signifikan untuk mengetahui prevalensi tingkat burnout dan engagement di lingkungan akademis dan korelasi antara tingkat engagement dan burnout tersebut. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka 41 dosen dari Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah diminta mengisi kuesioner untuk mengukur tingkat burnout (BAT-12) dan engagement (UWES-9). Analisis prevalensi menunjukkan bahwa mayoritas dosen memiliki tingkat engagement 4.54 ± 0.85 (sedang), dan burnout 2.29 ± 0.64 (sedang). Analisis korelasi menunjukkan bahwa engagement memiliki sufficient correlation dengan skor burnout (r = -0.532, p < 0.001). Hal ini menunjukkan bahwa pola kerja yang meningkatkan engagement dapat membantu untuk mengurangi risiko burnout pada dosen. Universitas memiliki tugas untuk menciptakan lingkungan yang sustainable, melalui upaya pengingkatan engagement kerja yang didasarkan pada analisis beban kerja dosen secara holistik. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengambilan kebijakan pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan akademis.

Published

2023-10-03

How to Cite

Destyanto, T. Y. R., & Halim, L. (2023). Tingkat Engagement Bekerja sebagai Pencegah Burnout Menuju Sustainable Working-life di Lingkungan Akademis. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 365–374. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/7959

Issue

Section

06 Ergonomics & Human Factors