Analisis Pemahaman Mahasiswa Fakultas Teknik UNSIKA Terkait Sustainable Development dalam Eco Travel pada Tempat Wisata

Authors

  • Rana Ardila Rahma
  • Fatma Nurkhaerani
  • Kusnadi

Keywords:

Eco Travel, Sustainable Development, pemahaman mahasiswa

Abstract

Peningkatan pariwisata yang tidak terkendali dapat memberikan dampak negatif bagi keberlanjutan tempat wisata, budaya lokal, dan lingkungan. Sehinnga, kebutuhan akan pengembangan pariwisata berkelanjutan (Eco Travel) pun semakin meningkat. Eco Travel sendiri bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan budaya setempat, sambil memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal. Melihat hal tersebut, sangat penting bagi seluruh masyarakat terutama terutama generasi muda seperti mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep Eco Travel. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pengetahuan mahasiswa terkait Eco Travel pada tempat wisata. Sehingga dapat diidentifikasi sejauh mana mahasiswa memahami konsep Eco Travel dan ketersediaan mereka mengubah perilaku wisata untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Pemahaman mahasiswa diukur menggunakan indikator pemahaman yang terbagi menjadi 6 indikator, yaitu menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Data yang telah dikumpulkan berdasarkan kuesioner selanjutnya dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan uji statistik (Cronbach Alpha) dan bantuan program SPSS untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai. Hasil penelitian menyebutkan bahwa rata-rata sebesar 70% atau 70 mahasiswa sudah memahami Eco Travel pada tempat wisata dengan nilai yang paling tinggi yaitu pada kemampuan menyimpulkan.

Published

2023-10-03

How to Cite

Rahma, R. A., Nurkhaerani, F., & Kusnadi. (2023). Analisis Pemahaman Mahasiswa Fakultas Teknik UNSIKA Terkait Sustainable Development dalam Eco Travel pada Tempat Wisata. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 678–688. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/7994

Issue

Section

09 Engineering Management