Penerapan Teknik Web Scraping pada Penjualan Artisan Tea di Shopee

Authors

  • Sylvia Candra Kurniawan

Keywords:

Artisan Tea, Supply, Web Scraping, R Studio

Abstract

Teh adalah salah satu bahan yang lazim di pasaran. Penggemar teh mulai banyak dilihat dari beberapa kedai teh yang buka dan menjual khusus berbagai produk teh. Teh juga memiliki bermacam – macam khasiat menurut jenisnya. Artisan Tea merupakan teh yang umumnya dibuat dengan tangan dan dalam jumlah yang kecil oleh pengrajin teh menurut pengetahuan dan kemampuan pengrajin teh. Jenis Artisan Tea mulai dijual di pasaran terutama secara online. Beberapa toko telah menjual berbagai macam jenisnya. Jenis teh yang diminati oleh konsumen perlu diketahui untuk dapat dilakukan analisis mengenai teh dengan peminat terbanyak dan menyediakan stok lebih banyak untuk penjualan teh dengan jenis yang paling banyak laku terjual. Menggunakan teknik Web Scraping, dapat diketahui jenis teh dan jumlah penjualannya berdasarkan beberapa toko yang menjual teh. Analisis data dilakukan menggunakan R Studio untuk mengambil data yang tepat untuk dilakukan analisis. Penjualan teh dapat dilihat dan dilakukan analisis untuk mengetahui jenis teh yang paling banyak digemari oleh pembeli online. Berdasarkan hasil analisis 10 jenis teh yang memiliki penjualan terbanyak secara berurutan adalah Matcha, Jenis teh lain – lain, Earl Grey, Sencha, Chamomile, Teh Hitam, Ocha, Green Tea, Melati, dan Rosela.  5 berat produk dengan penjualan tertinggi secara berurutan adalah produk dengan berat produk 10 gr, 50g, 15gr, 40gr, dan 100gr. Berdasarkan hasil analisis tidak ditemukan hubungan antara berat produk dengan jumlah penjualan. Disarankan toko teh untuk menyediakan stok lebih banyak untuk 10 jenis teh dengan penjualan tertinggi dan tidak mengabaikan teh jenis lain-lain. Toko teh juga dapat mempertimbangkan mengemas teh dalam kemasan sample pack maupun kemasan besar yang disesuaikan dengan tujuan dan target toko.

Published

2023-10-03

How to Cite

Kurniawan, S. C. (2023). Penerapan Teknik Web Scraping pada Penjualan Artisan Tea di Shopee. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 730–737. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/8000

Issue

Section

09 Engineering Management