Analisis Kontribusi Komponen Teknologi dengan Pendekatan Teknometrik dan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di IKM Anyaman Bambu di Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah)

Authors

  • Novi Marlyana
  • Andre Sugiyono
  • Safira Rezqya Tsani

Abstract

Teknologi merupakan salah satu faktor persaingan dalam bidang industri. Namun, banyak IKM yang masih belum memprioritaskan hal tersebut, salah satunya yaitu Sentra IKM Anyaman Bambu di Cilacap. Sentra IKM ini masih melakukan semua proses produksinya secara manual, sehingga sentra IKM ini berada pada tingkat kualifikasi sangat rendah. Kurangnya kontribusi teknologi menjadi salah satu penyebab sentra IKM berada pada tingkatan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besaran nilai kontribusi teknologi atau Technology Contribution Coefficient (TCC) pada sentra IKM Anyaman Bambu menggunakan metode teknometrik. Setelah diketahui masing-masing nilai kontribusi komponen teknologi, selanjutnya komponen teknologi dengan nilai kontribusi terkecil diberi beberapa alternatif guna meningkatkan nilai kontribusinya menggunakan metode AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai TCC Sentra IKM Anyaman Bambu adalah 0,05 yang berada pada rentang nilai 0 <TCC≤ 0,1 dan dikategorikan pada tingkatan sangat rendah. Perincian nilai kontribusi terdiri 4 komponen, yaitu: Technoware 0,68, Humanware 0,19, Infoware 0,61 dan Orgaware 0,52. Nilai kontribusi yang terkecil adalah komponen Humanware. Melalui metode AHP diberikan beberapa alternatif untuk meningkatkan nilai kontribusi Humanware yaitu mengikuti pelatihan, mengikuti seminar dan mengikuti bimbingan teknis dengan bobot prioritas berturut-turut sebesar 0,49, 0,29 dan 0,22.

Published

2023-10-03

How to Cite

Marlyana, N., Sugiyono, A., & Tsani, S. R. (2023). Analisis Kontribusi Komponen Teknologi dengan Pendekatan Teknometrik dan Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di IKM Anyaman Bambu di Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah). Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 738–746. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/8001

Issue

Section

09 Engineering Management