Analisis Lean Manufacturing Pendekatan VSM dan FMEA untuk Meminimasi Pemborosan pada Salah Satu Perusahaan Logam di Jawa Tengah

Authors

  • Dyah Ari Susanti
  • Lilik Yulianto
  • V. Reza Bayu Kurniawan
  • Emmy Nurhayati
  • Dian Tiara Rezalti

Keywords:

Pemborosan, VSM, FMEA

Abstract

Latar Belakang: PT. Aneka Adhilogam Karya adalah sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang pengecoran logam dan memproduksi berbagai macam perlengkapan sambungan pipa air minum atau yang dikenal dengan Pipe Fittings. Seiring dengan perkembangan zaman, permintaan produk logam yang tinggi perusahaan dihadapkan dengan berbagai permasalahan salah satunya adalah pemborosan pada proses produksi.

Metode: Untuk mengurangi pemborosan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Value Stream Mapping (VSM) untuk mengidentifikasi aktivitas yang tidak perlu, mengevaluasi dan memperbaiki proses produksi yang tidak efisien, serta meminimalkan waktu tunggu dan persediaan yang berlebih dan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi dan mengatasi risiko atau kegagalan pada proses produksi.

Kesimpulan: Berdasarkan VSM yang telah dibuat dapat diketahui waktu total untuk proses produksi adalah sebesar 294.388 s. Berdasarkan hasil pengolahan dari FMEA jenis pemborosan yang memiliki nilai RPN tertinggi adalah Transportation sebesar 215. Usulan perbaikan berdasarkan jenis pemborosan yang terjadi yaitu, Pengecekan mesin secara rutin, automatisasi proses pengambilan, evaluasi tata letak lantai produksi dan identifikasi, penerapan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rajin, dan Rawat).

Published

2023-10-03

How to Cite

Susanti, D. A., Yulianto, L., Kurniawan, V. R. B., Nurhayati, E., & Rezalti, D. T. (2023). Analisis Lean Manufacturing Pendekatan VSM dan FMEA untuk Meminimasi Pemborosan pada Salah Satu Perusahaan Logam di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 877–886. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/8018

Issue

Section

12 Design & Manufacturing Engineering