Usulan Sistem Penilaian Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dalam Menunjang Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi

Authors

  • Muhammad Akbar
  • Dradjad Irianto

Keywords:

Akreditasi IABEE, Sistem Penilaian, CPMK, Aplikasi

Abstract

Berbagai program studi (prodi) teknik di Indonesia mulai beralih untuk mendapatkan akreditasi dari lembaga Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Peralihan ini menyebabkan berbagai penyesuaian perlu dilakukan oleh setiap prodi, salah satunya adalah sistem penilaian yang harus menjamin bahwa seluruh mahasiswa yang lulus dari prodi telah berhasil mencapai nilai minimal CPL yang disyaratkan oleh prodi tersebut. Pencapaian suatu CPL dapat direpresentasikan dari pencapaian CPMK di beberapa mata kuliah. Oleh karena itu, penilaian terhadap CPMK perlu dilakukan terhadap setiap mahasiswa disamping penilaian nilai akhir mata kuliah menggunakan grade A/B/C/D. Hal ini menyebabkan setiap dosen pengampu mata kuliah perlu menerapkan dua sistem penilaian secara bersamaan untuk menjamin kelulusan CPMK dan kelulusan mata kuliah tersebut secara bersamaan. Salah satu kesulitan yang sering muncul adalah terdapat mahasiswa yang lulus mata kuliah, namun belum lulus CPMK-nya, sehingga nilai akhirnya perlu ditunda dan dilakukan ujian remedial pada mahasiswa tersebut. Kompleksitas penilaian ini tentu meningkatkan beban kerja dosen dan Prodi. Oleh karena itu, studi ini mencoba mengembangkan sistem penilaian beserta aplikasinya untuk membantu mempermudah proses penilaian CPMK yang terintegrasi dengan penilaian nilai akhir. Sistem penilaian yang diusulkan meliputi pemilihan indikator CPMK, penetapan batas nilai rubrik CPMK, pembobotan indikator, dan pembangkitan nilai CPMK dan nilai akhir.

Published

2023-10-03

How to Cite

Akbar, M., & Irianto, D. (2023). Usulan Sistem Penilaian Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dalam Menunjang Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI), 1, 974–984. Retrieved from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/SENASTI/article/view/8028

Issue

Section

14 System Design & Engineering