Jurnal Atma Inovasia https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai <p><strong>Journal's Description</strong></p> <p>Jurnal Atma Inovasia (JAI) is a multidisciplinary community service journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (LPPM UAJY). The journal serves as a platform for academics, practitioners, and communities to share innovative solutions and the results of service-learning and community engagement activities.</p> <p>The name "Atma Inovasia" reflects the journal’s commitment in promoting spirit to innovation, in line with UAJY’s core values of Excellence, Inclusiveness, Humanity, and Integrity. JAI seeks to bridge academic knowledge and practical applications to empower communities and contribute to sustainable development.<br /><br /></p> <p><strong>Publication and Accreditation</strong><br />JAI is published six times in a year (January, March, May, July, September, November) and managed under an Open Journal System (OJS). JAI is accredited by SINTA (<a href="https://sinta.kemdiktisaintek.go.id/journals/profile/11977">Sinta 4</a>), has article DOIs registered with Crossref, and is listed in <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/26935">Garuda,</a> <a href="https://scholar.google.com/citations?authuser=2&amp;user=ThIlzjoAAAAJ">Google Scholar, </a>and <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2775-9113">ROAD.</a></p> <p>p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1612754855">[2775-9385]</a> | e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1607662085">[2775-9113]</a></p> en-US lppm@uajy.ac.id (Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak., CA.) maria.setyaningsih@uajy.ac.id (Maria Setyaningsih Nernere, S.Pd., M.Hum.) Tue, 30 Sep 2025 18:27:51 +0700 OJS 3.3.0.19 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penyuluhan Bahaya Phising, Judi Online dan Pinjaman Online kepada Warga Desa Jatiendah https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11328 <p>Perkembangan teknologi digital membawa manfaat besar, tetapi juga meningkatkan risiko ancaman seperti phishing, perjudian online, dan pinjaman online ilegal yang dapat merugikan masyarakat. Ketiga ancaman ini sering kali menyasar individu atau kelompok dengan literasi digital yang rendah, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Mandiri di Desa Jatiendah yang bertujuan untuk memberi penyuluhan mengenai bahaya phising, judi online dan pinjaman online kepada warga Desa Jatiendah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya tersebut. Metode yang digunakan adalah <em>service learning</em> melalui pendekatan edukasi interaktif serta kuesioner. Pada pelatihan diberikan materi mengenai cara mengenali tanda-tanda penipuan digital, dampak negatif perjudian online, serta risiko dan solusi terkait pinjaman online ilegal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap topik yang dibahas dan kesiapan mereka dalam menghindari ancaman digital. Simpulan dari hasil kuisioner diketahui bahwa setelah pelatihan pemahaman peserta terjadi peningkatan.</p> Aikho Pasodung, Ratnadewi Ratnadewi, Heri Andrianto Copyright (c) 2025 Aikho Pasodung, Ratnadewi Ratnadewi, Heri Andrianto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11328 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pemberdayaan Guru dalam Mengintegrasikan Educational Data Analytics sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran di Era Digital https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11347 <p class="Abstract" style="text-indent: 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-weight: normal;">Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui analisis data pendidikan atau Educational Data Analytics (EDA). Namun, pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan EDA masih terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan konsep dasar dan potensi pemanfaatan EDA kepada guru-guru SMP di Kecamatan Gununghalu, Jawa Barat. Metode kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan dasar secara interaktif dengan pendekatan pemaparan teori, demonstrasi alat analitik sederhana, dan diskusi terbuka. Kegiatan ini diikuti oleh 42 guru SMP yang menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan berlangsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru mulai memahami pentingnya EDA sebagai dasar pengambilan keputusan pembelajaran berbasis data. Meskipun masih pada tahap pengenalan, peserta telah menunjukkan ketertarikan untuk mengintegrasikan EDA dalam praktik mengajar peserta. Dapat disimpulkan bahwa tahap awal pengenalan konsep EDA efektif dalam membangun kesadaran guru tentang pentingnya analisis data pendidikan, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan yang lebih intensif dan praktis.</span></p> Rasim, Enjang Ali Nurdin, Enjun Junaeti, Yuli Sopianti, Latifahny Aridia Alfitri Copyright (c) 2025 Rasim, Enjang Ali Nurdin, Enjun Junaeti, Yuli Sopianti, Latifahny Aridia Alfitri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11347 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pemetaan Aset Resiliensi berbasis Komunitas Kawasan Beresiko Bencana Banjir di Kampung Nelayan Tambakrejo, Semarang Utara https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11556 <p>Meningkatnya kerentanan penduduk di sepanjang pantai utara Jawa, termasuk Kampung Nelayan Tambakrejo, terhadap banjir rob merefleksikan adanya kebutuhan mendesak akan perencanaan kawasan wisata bahari terpadu yang mencakup strategi mitigasi bencana. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi aset-aset komunitas yang dianggap berharga dan dapat meningkatkan resiliensi terhadap dampak banjir rob. Metode penelitian dilaksanakan melalui wawancara semi terstruktur, kuesioner, observasi lapangan, tinjauan literatur, dan Participatory Asset Mapping (PAM), yang melibatkan warga terdampak menggunakan aplikasi Google My Maps untuk memetakan asset-aset terkait dengan resiliensi masyarakat. Pendekatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap aset-aset resiliensi komunits melalui penjaringan opini warga dalam proses pengumpulan data. Instrumen yang digunakan meliputi Google My Maps berbasis partisipasi responden, kuesioner melalui Google Forms, dan pedoman untuk teknik pelaksanaan pemetaan.</p> <p><strong>Kata Kunci—</strong>kampung nelayan, banjir rob, participatory asset mapping, resiliensi masyarakat</p> Catharina Depari, Gregorius Agung Setyonugroho Copyright (c) 2025 Catharina Depari, Gregorius Agung Setyonugroho https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11556 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Pengolahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menjadi Kosmetika di Wilayah Kapanewon Sanden https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/10365 <p>Kosmetika adalah sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia dengan tujuan antara lain untuk membersihkan tubuh. Salah satu produk kosmetika yang diminati adalah kosmetika yang mengandung bahan rempah, yang banyak ditanam oleh masyarakat sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tujuan akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang manfaat TOGA khususnya untuk kesehatan kulit, serta meningkatkan keterampilan pengolahan TOGA menjadi sediaan kosmetika untuk 90 orang kader Asuhan Mandiri TOGA di wilayah Kapanewon Sanden. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan penyampaian materi mengenai keluhan kulit dan keamanan lulur bahan alam, bentuk sediaan kosmetika, bahan alam yang dapat digunakan untuk kesehatan gigi dan mulut, pembuatan lulur dan sabun dari TOGA, kemudian dilanjutkan dengan praktek pelatihan pengolahan TOGA menjadi lulur. Lulur yang diproduksi oleh kader dan masyarakat telah digunakan oleh masyarakat dan keluarganya</p> Arum Krismi, Christiane Marlene Sooai, Novika Kurniawati, Suryani Hutomo Copyright (c) 2025 Arum Krismi, Christiane Marlene Sooai, Novika Kurniawati, Suryani Hutomo https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/10365 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Penulisan Naskah Film Pendek Bertema Kebudayaan untuk Mengembangkan Gedung Sobokartti sebagai Ruang Putar Alternatif https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11040 <p class="Abstract" style="text-indent: 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-weight: normal;">Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Gedung Cagar Budaya Sobokartti sebagai ruang putar alternatif bertajuk Bioskop Mini. Untuk dapat mengaktivasi program tersebut, perlu diadakan seri pelatihan pembuatan film yang terdiri dari pelatihan penulisan naskah, pelatihan videografi, dan pelatihan editing. Bentuk pelatihan penulisan naskah diawali dengan pemberian materi tentang aspek utama pembangun naskah yang terdiri dari premis, sinopsis, dan treatment cerita pada peserta kegiatan yang terdiri dari siswa Sanggar Sobokartti dan anggota Karang Taruna Kelurahan Kebonagung. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan teknik pendampingan. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi, kemudian diikuti dengan diskusi dan praktik penulisan treatment cerita. Praktik tersebut dilaksanakan dengan teknik pendampingan dari mentor dan observasi yang dilakukan oleh penulis. Target luaran yang diharapkan adalah 1) Peserta mampu menciptakan film pendek bertema kebudayaan dengan latar tempat Gedung Sobokartti; 2) Peserta mampu memproduksi film pendek sebagai pengisi program Bioskop Mini; 3) Program Bioskop Mini mampu hadir secara berkelanjutan sebagai program baru sehingga meningkatkan kesadaran untuk melestarikan keberadaan Gedung Cagar Budaya Sobokartti.</span></p> Ratna Asih Setyaningrum, Taruna Budiono Copyright (c) 2025 Ratna Asih Setyaningrum, Taruna Budiono https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11040 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Lesson Study di SDN 112 Inpres Bontomanai https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11222 <p><em>Lesson Study </em>menjadi alat yang sangat berharga dalam memperkaya pengalaman pendidikan bagi guru dan siswa. Namun, di SDN 112 Inpres Bontomanai, penerapan <em>Lesson Study</em> masih menghadapi tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan waktu, serta rendahnya budaya kolaboratif dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman guru tentang <em>Lesson Study</em>. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan melalui beberapa tahapan Utama yaitu Sosialisasi, Pelatihan dan <em>Workshop</em>, Pendampingan dan Evaluasi. Evaluasi dilakukan menggunakan metode wawancara dengan guru, serta pengukuran pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman guru terhadap Lesson Study. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SDN 112 Inpres Bontomanai, yang berlokasi di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman guru, kemampuan observasi, kerja sama antar guru, motivasi, serta kualitas perencanaan pembelajaran. Semua indikator mengalami peningkatan yang cukup tinggi setelah kegiatan dilakukan.</p> Vika Puji Cahyani, Fandi Ahmad, Nur Indah Sari, Elfira Jumrah, Munawwarah Copyright (c) 2025 Vika Puji Cahyani, Fandi Ahmad, Nur Indah Sari, Elfira Jumrah, Munawwarah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11222 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan SDGs melalui Praktik Ikat Celup untuk Remaja di Kampung Sindangsari Desa Ciwideuy https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11286 <p>Kampung Sindangsari, Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, memiliki sekelompok remaja, yang tergabung dalam kader posyandu. Mereka memiliki aktivitas yang dapat dimanfaatkan baik untuk ibu dan anak juga remaja setempat. Selain itu, pentingnya peningkatan kegiatan remaja di Kampung Sindangsari menjadi perhatian utama. Selain itu juga, aktivitas ikat celup dapat menjadi sarana pemberdayaan bagi remaja, mengingat keterampilan ini tidak hanya melatih kreativitas, tetapi juga dapat membuka peluang ekonomi baru. Dengan melibatkan remaja dalam kegiatan positif seperti ini, diharapkan mereka bisa lebih aktif dan memiliki keterampilan yang bermanfaat untuk masa depan. Langkah ini penting untuk memperkuat posyandu sebagai pusat kegiatan sosial dan kesehatan yang dinamis dan relevan dengan kebutuhan komunitas setempat. Permasalahan dalam pengabdian ini bagaimana meningkatkan ketrampilan remaja yang mengedukasi dan dapat menjadi mentor selanjutnya bagi remaja lainnya. Tujuannya agar dapat meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran seni rupa di sekolah. Metode yang dipergunakan adalah metode <em>participation action reseach</em> (PAR). Temuan dalam pengabdian ini para remaja pada awalnya mengalami kesulitan namun ketika diberikan pendampingan mereka dapat melakukan proses kreatifnya dengan baik. Evaluasi dilakukan berbasis penilaian artistik dengan indikator teknik pewarnaan dan jejak lipatan yang dihasilkan dari teknik ikat celup. Melalui wawancara langsung dengan ke 33 peserta, diperoleh masukan berupa kepuasan hasil pelatihan, dan semangat untuk membuat kembali dengan kain yang mereka miliki masing-masing. Hasil dari pengabdian ini, peserta dapat meningkatkan ketrampilannya melalui teknologi sederhana yaitu metode lipat sama kaki, persegi, cara pewarnaan, dan hasilnya beragam motif dapat diciptakan oleh 33 peserta dengan warna-warna yang kontras.</p> Ariesa Pandanwangi, Erika Ernawan, Ismet Zainal Effendi, Wawan Suryana, Ratnadewi Copyright (c) 2025 Ariesa Pandanwangi, Erika Ernawan, Ismet Zainal Effendi, Wawan Suryana, Ratnadewi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11286 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Rehabilitasi Balai Bambu sebagai Ruang Belajar Informal bagi Komunitas Kagem di Ngaglik, Sleman https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11461 <p class="Abstract" style="text-indent: 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-weight: normal;">Balai Bambu yang terletak di kawasan Komunitas Kagem, Ngaglik, Sleman merupakan fasilitas ruang belajar informal yang memiliki peran penting sebagai wadah kegiatan pendidikan sekaligus representasi dari arsitektur lokal. Seiring berjalannya waktu, kondisi fisik Balai Bambu mengalami penurunan kualitas berdampak pada kenyamanan serta keamanan pengguna. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merehabilitasi Balai Bambu agar dapat difungsikan Kembali secara optimal. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Sepekan Arsitektur 2025 yang diinisasi oleh Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Metode pelaksanaan bersifat partisipatif, melibatkan mahasiswa, dosen pendamping, tukang profesional, serta Komunitas Kagem. Tahapan kegiatan mencakup identifikasi permasalahan, perancangan, pelaksanaan fisik, evaluasi, hingga serah terima hasil akhir. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi multipihak dalam proses rehabilitasi mampu menghasilkan ruang belajar yang lebih layak, adaptif, dan berkelanjutan bagi komunitas lokal.</span></p> <p class="Keywords" style="text-indent: 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-style: normal;">Kata Kunci—</span><span lang="EN-US" style="font-weight: normal; font-style: normal;">pengabdian masyarakat, rehabilitasi, partisipatif, arsitektur bambu, ruang belajar informal</span></p> Maria Vika Wirastri, Andi Prasetiyo Wibowo Copyright (c) 2025 Maria Vika Wirastri, Andi Prasetiyo Wibowo https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11461 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Motivasi Berwirausaha sebagai Upaya Menyiapkan Siswa SMK Menjadi Generasi Muda Mandiri https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11374 <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Boja sebagai upaya menyiapkan generasi muda yang mandiri secara ekonomi. Latar belakang kegiatan ini didasarkan pada rendahnya minat siswa SMK untuk menciptakan usaha mandiri, yang disebabkan oleh minimnya motivasi dan pendekatan kewirausahaan yang lebih bersifat teoritis. Melalui pendekatan interaktif, kegiatan ini dilaksanakan dalam empat tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan motivasi kewirausahaan, refleksi dan evaluasi, serta tindak lanjut. Metode yang digunakan meliputi seminar interaktif, pemutaran video inspiratif, diskusi kelompok kecil, dan pengisian kuesioner pre-test serta post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada perubahan persepsi siswa terhadap kewirausahaan (44%), peningkatan semangat berwirausaha (48%), serta kesiapan siswa dalam memulai usaha (27%). Selain itu, sebanyak 54% peserta menyatakan sangat puas terhadap materi yang disampaikan. Kegiatan ini terbukti memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa yang lebih mandiri, kreatif, dan berdaya saing. Tindak lanjut kegiatan berupa pelatihan lanjutan. Dengan demikian, motivasi berwirausaha yang diberikan secara langsung dan kontekstual menjadi strategi efektif dalam menyiapkan lulusan SMK yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja.</p> Rowiyani, Arista Fitri Diana, Alfin Muslikhun, Mukhlidin, Khoerul Soleh, Ardani Duta Ilham Syaifullah Copyright (c) 2025 Rowiyani, Arista Fitri Diana, Alfin Muslikhun, Mukhlidin, Khoerul Soleh, Ardani Duta Ilham Syaifullah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11374 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Pembuatan Ferlasim bagi Kader dan Penggerak PKK Kelurahan Karang Tempel Semarang https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11326 <p class="Abstract" style="text-indent: 0cm; margin: 6.0pt 0cm 6.0pt 0cm;"><span lang="EN-US" style="font-weight: normal;">Larutan enzim buah, Ferlasim, mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat. Larutan yang dapat dibuat dengan memanfaatkan pohon buah-buahan hasil kebun sendiri ini, diajarkan oleh tim pengabdian masyarakat. Tujuan pelatihan ini untuk membuat Larutan fermentasi enzim buah, agar masyarakat dapat memanfaatkan buah hasil kebun sendiri secara optimal. Pelatihan dilakukan pada kader dan penggerak PKK Kelurahan Karang Tempel Semarang, dengan membekali pengetahuan tentang enzim pada buah-buahan dan cara pembuatan larutan enzim buah. Sebelum dan sesudah pelatihan diberikan test pada para peserta. Hasil test, diolah dengan <em>paired t test</em>. Terdapat 17 peserta yang hadir dan mengikuti pelatihan, dengan rata-rata usia lansia, 57,12</span> <span lang="EN-US" style="color: black; font-weight: normal;">tahun, rata-rata nilai pretest adalah 7,59 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 8,65</span><span lang="EN-US" style="font-weight: normal;">. Hasil perhitungan statistika, terdapat peningkatan pengetahuan peserta pelatihan dengan sig p=0,009. Maka disimpulkan, peserta pelatihan memahami materi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat.</span></p> Maria Caecilia Setiawati, Lindayani, Etty Sulistyowati, Lia Kusmita Copyright (c) 2025 Maria Caecilia Setiawati, Lindayani, Etty Sulistyowati, Lia Kusmita https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11326 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Potensi Tempat Wisata Tepi Sungai di Padukuhan Kamijoro, Pajangan, Kabupaten Bantul https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11530 <p>Padukuhan Kamijoro terletak di Kalurahan Sendangsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamijoro dilalui oleh Sungai Progo yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Oleh karena itu, penulis menyusun rencana induk awal untuk objek wisata tepi sungai sebagai program kerja selama melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Rencana induk tersebut merupakan konsep penataan ruang dari keseluruhan proyek yang direncanakan, sekaligus memuat perkiraan biaya pembangunan. Berdasarkan data dan informasi yang dikumpulkan penulis, konsep bangunan yang direncanakan berupa kafe dan ruang publik dengan gaya arsitektur tropis-modern yang menghadap langsung ke sungai. Setelah desain selesai, langkah berikutnya adalah menyusun estimasi biaya yang perlu dipersiapkan untuk mewujudkan proyek objek wisata tersebut. Kehadiran objek wisata ini diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat Padukuhan Kamijoro dan sekitarnya, serta meningkatkan perekonomian, khususnya bagi UMKM lokal.</p> Ekandra Samodro, Calvin Kristiansen, Jessica Dewi Marciano, Majesty Victoria Jalu4, Novita Sari, Anastasia Nessa W, Gideon Felix Ancory P, Ericko Junior Boengai, Marselinus Firstio Ivan X, Chandra Dewi Kurnianingtyas Copyright (c) 2025 Ekandra Samodro, Calvin Kristiansen, Jessica Dewi Marciano, Majesty Victoria Jalu4, Novita Sari, Anastasia Nessa W, Gideon Felix Ancory P, Ericko Junior Boengai, Marselinus Firstio Ivan X, Chandra Dewi Kurnianingtyas https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11530 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pemetaan Risiko Bencana Bangunan Museum Benteng Vredeburg dengan Metode Town Watching https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11373 <p>Makalah ini mengeksplorasi proses pemetaan risiko untuk Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta, Indonesia, dengan menggunakan metode Town Watching untuk mengatasi kerentanan bangunan warisan budaya terhadap bencana alam. Makalah ini menekankan pentingnya strategi mitigasi yang efektif dan mengusulkan pengembangan alat penilaian mandiri untuk pemetaan risiko bencana. Studi ini menggunakan metodologi Waterfall, yang melibatkan tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan verifikasi, didukung oleh tinjauan literatur dan observasi lapangan. Temuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana dan perlindungan warisan budaya, serta menawarkan referensi untuk museum sejarah serupa. Penelitian ini menyoroti pentingnya penilaian risiko bencana yang komprehensif.</p> Khaerunnisa ., Inesza Cahya Kristi, Soesilo Boedi Leksono Copyright (c) 2025 Khaerunnisa ., Inesza Cahya Kristi, Soesilo Boedi Leksono https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11373 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Minggu dalam Pembuatan Media Interaktif Menggunakan ActivePresenter https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11349 <p>Sistem belajar Alkitab pada sekolah Minggu GBIS Napiri masih dilakukan dengan cara lisan, atau menggunakan bantuan media gambar cetak. Untuk mendukung pengajaran alkitab sejak dini, diperlukan bantuan media pembelajaran yang menarik. Oleh sebab itu tim PKM melakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Active Presenter bagi guru-guru sekolah minggu di GBIS Napiri. Active Presenter dipilih sebagai aplikasi yang sesuai karena mudah penggunaannya. Metode dalam kegiatan ini melalui tahapan Persiapan, Penyusunan Materi, Pelaksanaan Pelatihan, Evaluasi, dan Pelaporan. Materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan peserta pelatihan. Peserta mengikuti pretest dan posttest sebelum melaksanakan pelatihan dan setelah pelatihan untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta pelatihan. Di akhir kegiatan, peserta mengisi kuesioner untuk evaluasi terhadap kegiatan. Hasil analisis N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan pengetahuan guru sekolah minggu sebanyak 56% setelah pelatihan dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi kuesioner menggunakan skala Likert, sebanyak 85% peserta merasa puas dengan kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan.</p> Hotmian Sitohang, Amaya Andri Damaini, Elia Zakharia, Dewanto Zulkarnain Copyright (c) 2025 Hotmian Sitohang, Amaya Andri Damaini, Elia Zakharia, Dewanto Zulkarnain https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11349 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pengenalan Konsep Literasi Keuangan melalui Lokakarya untuk Guru SMA KLM Kota Bandung https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11618 <p>Guru memiliki peran strategis dalam membentuk pola pikir dan kebiasaan siswa, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Akan tetapi, peningkatan literasi keuangan di kalangan pendidik masih menghadapi tantangan sebab beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian guru masih memerlukan pelatihan yang komprehensif di bidang literasi keuangan. Salah satu sekolah yang membutuhkan pelatihan literasi keuangan bagi guru-gurunya adalah SMA. KLM di Kota Bandung. Tim pengabdi Universitas Katolik Parahyangan kemudian menyelenggarakan lokakarya yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep literasi keuangan kepada guru-guru SMA. KLM. Rangkaian pengabdian terdiri atas tiga tahapan yakni: (1) menyebarkan kuesioner kepada peserta lokakarya untuk menilai pengenalan calon peserta lokakarya terhadap literasi keuangan serta mengidentifikasi tema lokakarya; (2) berdiskusi dengan kepala sekolah untuk merancang lokakarya; dan (3) pelaksanaan lokakarya. Setelah dilakukan identifikasi kebutuhan, tim pengabdi dan pihak SMA. KLM sepakat untuk mengadakan lokakarya pengenala konsep literasi keuangan dengan berfokus pada menabung (saving), membelanjakan (spending), berinvestasi (investing), dan melindungi (protecting). Pelaksanaan lokakarya menggunakan pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan peserta. Evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai literasi keuangan khususnya dalam empat bidang yakni menabung (saving), membelanjakan (spending), berinvestasi (investing), dan melindungi (protecting).</p> Chris Agung, Teresia Debby Copyright (c) 2025 Chris Agung, Teresia Debby https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11618 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700 Pelatihan Pemasaran Digital untuk Siswa-Siswi Kelas XII Akuntansi dan Multimedia SMK Mawar Saron Taman Royal Kota Tangerang https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11055 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Pemasaran Digital kepada siswa-siswi kelas XII Akuntansi dan Multimedia SMK Mawar Saron Taman Royal Kota Tangerang. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan melalui empat tahapan: persiapan dengan pemberian kuesioner untuk mengukur kemampuan awal, penyusunan materi berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pelaksanaan pelatihan selama 3 jam dengan tiga sesi materi, dan evaluasi melalui kuesioner akhir. Pelatihan diikuti oleh 35 peserta dan dilaksanakan pada 13 Januari 2025. Hasil evaluasi menunjukkan 98,3% peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan. Sebanyak 65,2% peserta telah memiliki pengetahuan dasar Pemasaran Digital, 72,8% tertarik dengan materi yang diberikan, dan 50,6% berminat terjun ke dunia kerja bidang Pemasaran Digital. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang Pemasaran Digital, penggunaan media sosial untuk pemasaran, dan aspek hukum dalam teknologi digital.</p> Duta Arief Christanto, Lilik Tiara Giantri, Rudianto Copyright (c) 2025 Duta Arief Christanto, Lilik Tiara Giantri, Rudianto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/11055 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0700