Pembangunan Sistem Mobile Aplikasi Scholarship Kamajaya
DOI:
https://doi.org/10.24002/jiaj.v5i2.10706Keywords:
information system, scholarship, mobile, flutter, notification, sistem informasi, beasiswa, mobile, flutter, notifikasiAbstract
The KAMAJAYA Scholarship Application Information System (ASOKA) website has notable shortcomings, including an unresponsive design and limited functionality that fails to meet all user needs. These issues make it less accessible on mobile devices and less popular among users. To address these challenges, the author proposes a mobile version of ASOKA, developed using Flutter. The mobile application retains the core features of the ASOKA website but is optimized for mobile devices and includes new features such as room schedule management, activity points tracking, and notifications to enhance user engagement. The study's findings indicate that the ASOKA mobile application is an effective alternative for managing KAMAJAYA Scholarship data. Moreover, the added features successfully address the unmet needs of scholarship recipients, while the notification system improves the speed and accuracy of information delivery.
Situs Sistem Informasi Aplikasi Scholarship KAMAJAYA (ASOKA) memiliki kekurangan, seperti tampilan yang tidak responsif dan belum mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna, menyebabkan sulit digunakan pada perangkat mobile dan kurang diminati. Untuk mengatasi hal ini, penulis mengusulkan solusi berupa sistem ASOKA mobile yang dibangun menggunakan Flutter. Aplikasi ini memiliki fitur yang sama dengan situs ASOKA namun dirancang khusus untuk perangkat mobile, serta dilengkapi fitur baru seperti pengelolaan jadwal ruang, poin keaktifan, dan notifikasi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASOKA mobile efektif sebagai alternatif untuk pengelolaan data pada KAMAJAYA Scholarship, dan fitur baru yang ditambahkan berhasil memenuhi kebutuhan penerima beasiswa yang belum terakomodasi oleh situs ASOKA. Notifikasi juga membantu pengguna mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan akurat.
References
[1] “Sejarah – KAMAJAYA Scholarship.” Diakses: 12 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://beasiswa.kamajaya.id/sejarah/
[2] P. D. Samara, “Pembangunan Sistem Informasi Kamajaya Scholarship Berbasis Web,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2023.
[3] M. Alda, “Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Pada Kantor Desa Sampean Berbasis Android,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, hlm. 1–8, Jan 2020, doi: 10.30865/MIB.V4I1.1716.
[4] P. Choirina, P. P. Darajat, dan M. Maksudi, “Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Android Pada Toko Sinar Baru Kepanjen Menggunakan Metode Waterfall,” Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer), vol. 2, no. 0, Jul 2023, Diakses: 20 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/3861
[5] D. Agustini, M. Farida, M. Sari, dan M. E. Rosadi, Rancang Bangun Sistem Informasi Beasiswa (Studi Kasus: Uniska Mab Banjarmasin), vol. 13, no. 3. 2022, hlm. 270–274.
[6] S. Sutarman, P. Utomo, dan H. Nurmawan, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android Menggunakan Ionic,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 10, no. 2, hlm. 102–107, Sep 2020, Diakses: 20 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.global.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/296
[7] A. M. Raya, “Penerapan Model Waterfall Pada Sistem Informasi Beasiswa Berbasis Web,” JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), vol. 9, no. 1, hlm. 82–88, 2021.
[8] C. Suwarti, “Sistem Informasi Pengelolaan Beasiswa Berbasis Web,” Jurnal Intra Tech, vol. 5, no. 1, hlm. 58–66, 2021.
[9] L. Stianingsih, R. Tullah, S. Maisaroh, dan M. Nurhasana, “Aplikasi E-commerce Herbal Binasyifa Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter,” Academic Journal of Computer Science Research, vol. 5, no. 1, hlm. 33–39, 2023.
[10] A. Alfriansyah, I. Mayada, dan M. Fauzi, “Perancangan Sistem Booking Jadwal Pernikahan Berbasis Mobile Apps Menggunkan Flutter Microservice,” Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, vol. 3, no. 2, hlm. 190–200, 2023.
[11] R. D. Gunawan, T. Oktavia, dan R. I. B. I. Borman, “Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Online (Tudi Kasus: SMA N 1 Kota Bumi),” MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, vol. 8, no. 1, hlm. 43–54, 2018.
[12] Z. Musliyana, M. Fadhli, dan A. Putra, “Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Tahunan Pemerintah Kota Sabang Menggunakan Framework CodeIgniter,” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 5, no. 2, hlm. 210–213, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .