Perancangan Website Pariwisata Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pengguna Dengan Metode User Centered Design

Authors

  • Thomas Rio Briantana Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Herlina Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Patricia Ardanari Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v6i1.11390

Keywords:

Tourism Industry, Tourism Website, User Centered Design (UCD), UI/UX, Industri Pariwisata, Website Pariwisata, User Centered Design (UCD)

Abstract

The Special Region of Yogyakarta is one of Indonesia’s leading tourist destinations, known for its rich culture, history, and natural beauty. To support tourism promotion in the region, the Discovery Jogja website was developed using the User Centered Design (UCD) method. This method focuses on the users' needs during the design process, resulting in an intuitive, informative, and user-friendly interface. The website development involved stages of needs analysis, prototyping, and user experience based evaluation. The testing results showed that the website received an excellent score for user satisfaction, but improvements are needed in the clarity of information (perspicuity). Therefore, optimizing the layout structure, arrangement, and information presentation is necessary for a more effective and engaging user experience. With its UCD-based approach, Discover Jogja is expected to become an innovative platform in supporting tourism in Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya, sejarah, dan keindahan alamnya. Untuk mendukung promosi wisata di daerah ini, dikembangkan website Discovery Jogja dengan menerapkan metode User-Centered Design (UCD). Metode ini berfokus pada kebutuhan pengguna dalam proses perancangan, sehingga menghasilkan antarmuka yang intuitif, informatif, dan mudah digunakan. Pengembangan website dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, pembuatan prototipe, serta evaluasi berbasis pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website ini memperoleh nilai unggul pada aspek kepuasan pengguna (satisfaction), namun masih memerlukan peningkatan dalam aspek kejelasan informasi (perspicuity). Oleh karena itu, optimalisasi struktur tampilan, tata letak, dan penyajian informasi diperlukan agar website dapat memberikan pengalaman yang lebih efektif dan menarik. Dengan pendekatan berbasis UCD, Discover Jogja diharapkan dapat menjadi platform inovatif dalam mendukung pariwisata Yogyakarta

 

References

[1] P. K. Wardani, “Studi Ekonomi Pariwisata Berbasis Budaya Lokal: Studi Kasus Jogjakarta,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 2, pp. 27226–27235, 2024.

[2] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol.10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

[3] M. Hafizh Hamdanuddinsyah et al., “Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1464–1475, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3850.

[4] I. R. Hendrawan, A. D. Indraswari, P. Antara, and A. F. Widihasani, “Elisitasi Kebutuhan Smart Tourism untuk Rekomendasi Pariwisata Yogyakarta,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 6, no. 2, p. 176, 2022, doi: 10.26798/jiko.v6i2.589.

[5] M. R. Ma’arif, “Integrasi Laman Web Tentang Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Memanfaatkan Teknologi Web Scraping Dan Text Mining,” Teknomatika, vol. 9, no. 1, pp. 71–80, 2016.

[6] O. Yuliani and J. Prasojo, “Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design ( Ucd ),” J. Angkasa, vol. 7, no. 2, pp. 149–164, 2015.

[7] R. R. Marbun, F. Al Mufied, and R. Fauzi, “Perancangan User Interface/User Experience (UI/UX) Website Helpmeong Untuk Shelter Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 4, pp. 10961109, 2022.

[8] S. A. Susanto and A. Lubis, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Pada Awan Tour Travel,” Jupiter-jurnal penerapan ilmu-ilmu Komput., p. 41, 2016.

[9] S. J. Kuryanti and N. Indriani, “Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo),” J. Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 37–46, 2018.

[10] S. Utarki, E. A. Pratama, and C. M. Hellyana, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Pada Taman Nasional Gunung Ciremai Jawa Barat,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 19–32, 2020, doi: 10.31294/ijse.v6i1.7950.

[11] D. A. Lestari, H. W. Utomo, and A. D. Septiadi, “Redesign Website Pariwisata Berbasis User Centered Design (UCD),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 10, no. 2, p. 615, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.6096.

[12] C. M. Lengkong, R. Sengkey, and A. Sugiarso, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 15–20, 2019.

[13] E. Clara, “Prambanan,” Unsplash, 2020. https://unsplash.com/photos/angkor-wat-during-daytime-_QTeGT478_8

Downloads

Published

2025-05-01