Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Produk Songket Bali Berbasis Website (Studi Kasus: Matahari Songket Bali)
DOI:
https://doi.org/10.24002/jiaj.v6i2.11559Keywords:
sales information system, website, waterfall, songket, matahari songket baliAbstract
Abstract. Matahari Songket Bali is a small and medium-sized enterprise (SME) that produces and sells traditional Balinese songket fabric with beautiful motifs and high quality. The problems faced include manual payment processes, order tracking through employees, and operational data recording in written form. The solution to these issues is to build a web-based sales information system. A website platform was chosen due to its quick and easy access. This system is developed using the Waterfall method with the Laravel framework and MySQL database. The main features of the website include product information, online payments, order tracking, and digital operational data management. The research results show that this information system was successfully built and helped Matahari Songket Bali in online sales, data management, and as a branding platform. This website facilitates sales processes, tracking, and data management while strengthening the company's identity.
Keywords: sales information system, website, Waterfall, Songket, Matahari Songket Bali
Abstrak. Matahari Songket Bali adalah UMKM yang memproduksi dan menjual kain songket tradisional khas Bali dengan motif indah dan kualitas tinggi. Permasalahan yang dihadapi meliputi proses pembayaran manual, pelacakan pesanan melalui karyawan, dan pencatatan data operasional secara tertulis. Solusi dari permasalahan adalah membangun sistem informasi penjualan berbasis website. Platform website dipilih karena akses yang cepat dan mudah. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall dengan framework Laravel dan basis data MySQL. Fitur utama website meliputi informasi produk, pembayaran online, pelacakan pesanan, dan manajemen data operasional digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi ini berhasil dibangun dan membantu Matahari Songket Bali dalam penjualan online, manajemen data, serta sebagai platform branding. Website ini memudahkan proses penjualan, pelacakan, dan pengelolaan data, sekaligus memperkuat identitas perusahaan.
Kata Kunci: sistem informasi penjualan, website, Waterfall, Songket, Matahari Songket Bali
References
[1] R. Gunawan, S. Aulia, H. Supeno, A. Wijanarko, J. Uwiringiyimana, D. Mahayana, “Adiksi Media Sosial Dan Gadget Bagi Pengguna Internet Di Indonesia,” Jurnal Techno-Socio Ekonomika, vol. 14, no. 1, pp. 1-14, 2021, doi:10.32897/techno.2021.14.1.554.
[2] K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta),” Duta.com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1, 2015.
[3] F. E. Nugroho, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 2, p. 717, 2016, doi:10.24176/simet.v7i2.786.
[4] G. L. Ambayu and K. D. Hartomo, “Analisis Dan Pengujian Sistem Informasi Penjualan Produk UMKM Menggunakan Metode Scrum,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2016-2028, 2022, doi:10.35957/jatisi.v9i3.2229.
[5] V. W. Ifanah, W. Hayuhardhika, N. Putra, D. Pramono, “Pengembangan Website E-commerce menggunakan Payment Gateway Midtrans (Studi Kasus: Butik Kebaya Iffah),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 12, pp. 5294-5301, 2021.
[6] Melinda, M. Hidayat, and M. A. W. Baihaqy, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada RM Sinar Minang,” SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 21–25, 2021, doi: 10.54259/satesi.v1i1.4.
[7] D. W. Nugroho and A. D. Manuputty, “Rancang Bangun Sistem Informasi Gelanggang Olahraga Berbasis web dengan Metode Scrum,” JATISI: (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1733-1749, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1132.
[8] A. S. Faqih and A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.31326/sistek.v3i1.851.
[9] R. Syahreza and F. Suwartono, “Sistem Informasi Penjualan Sembako Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum,” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7, no. 10, pp. 183-196, 2022, doi: 10.36418/syntax-literate.v7i10.13372.
[10] N. Azharandi, S. Andryana, and A. Gunaryati, “E-Commerce Kedai HP Berbasis Model View Controller (MVC) dengan Metode Scrum,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, pp. 49-55, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i1.379.
[11] L. Galuh, I. Maharani, W. Hayuhardika, N. Putra, and W. Purnomo, “Pengembangan Aplikasi Penjualan Toko Wulan berbasis Web menggunakan Api Midtrans sebagai Payment Gateway,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, No. 2, pp. 665-672, 2022.
[12] Germecca, N. A. Wardhani and M. M. Dewi, “Implementasi Sistem Informasi Antrian Berbasis Website Dengan Metodologi Scrum,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 5, no. 2, 2024.
[13] W. Erawati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 1, Mar. 2019, doi: 10.30865/mib.v3i1.987.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .





