Perancangan Antarmuka Aplikasi M-Learning Fiber Leadership Academy

Authors

  • Kenneth Vincentius Theys Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Thomas Adi Purnomo Sidhi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Aloysius Gonzaga Pradnya Sidhawara Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v6i1.11589

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Mobile Learning, Design Thinking, Usability Testing

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong implementasi teknologi dan sumber daya manusia yang tangkas mengoperasikannya. Menanggapi hal tersebut, PT. Telkom Akses dengan aplikasi e-learning “Fiber Leadership Academy” melatih karyawan mereka agar dapat berkembang. Namun, PT. Telkom Akses membutuhkan e-learning yang mudah diakses pada platform mobile. Penulis bekerja sama dengan PT. Telkom Akses untuk merancang aplikasi “Fiber Leadership Academy” versi mobile. Perancangan desain antarmuka menggunakan metode Design Thinking, dengan aplikasi Figma untuk merancang antarmuka, dan Maze untuk menguji antarmuka. Pengujian menerapkan metode Usability Testing dan System Usability Score (SUS). Hasil penelitian berupa rancangan antarmuka yang mudah diakses, efisien, menarik, dan user friendly. Hal ini terlihat dari hasil pengujian terhadap karyawan PT. Telkom Akses yang berperan sebagai responden. Diperoleh nilai sebesar 83,3% pada aspek learnability, nilai 76,49% pada aspek efficiency, nilai 81,5 dengan grade “A” pada aspek satisfaction.

References

[1] R. H. Mustofa, H. Riyanti, "Perkembangan E-learning Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital," Wahana Didaktika, vol. 17, no. 3, pp. 366-378, 2019.

[2] H. Sofyan, "Dinamika Perkembangan E-learning dan Tantangannya Dalam Media Pembelajaran," Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 110-124, 2020.

[3] D. P. E. Putri, "Implementasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Era Milenial," Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 86-92, 2019.

[4] L. Rohida, "Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia," Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 114-136, 2018.

[5] A. Tahar, P. B. Setiadi and S. Rahayu, "Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 12380-12394, 2022.

[6] G. Yildiz, A. Yildrim, B. Akca, A. Kok, A. Ozer and S. Karatas, "Research Trends in Mobile Learning," International Review of Research in Open and Distributed Learning, vol. 21, no. 3, pp. 175-196, 2020.

[7] F. Gazzawe, "Comparison of websites and mobile applications for e-learning," in International Conference On Technology In Education, New York, 2017.

[8] F. Zamakhsyari and A. Fatwanto, "A Systematic Literature Review of the Design Thinking Approach," International Journal On Informatics Visualization, vol. 7, no. 4, pp. 2313-2320, 2023.

[9] Y. S. Sholihat, A. P. Kharisma and M. T. Ananta, "Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Learning menggunakan Metode Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SD Negeri Pagerwojo Kabupaten Sidoarjo)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 6, pp. 2859-2869, 2022.

[10] N. Wahyuni, T. H. Andika, A. E. Setiawan, F. Rizki and Zulkifli, "Perancangan UI/UX Berbasis Mobile Pada Aplikasi E-Learning Smartplus Academy Menggunakan Metode Human Centered Design," Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, pp. 1-10, 2024.

[11] F. Kurnianto and E. G. Wahyuni, "Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung," Automata, vol. 4, no. 2, 2023.

[12] V. Handayani, "Analisis dan Perancangan UI/UX Aplikasi E-Learning Berbasis Gamifikasi dengan Design Science Research Methodology," 31 May 2021. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57346. [Accessed 18 April 2024].

[13] M. N. Ashiddiq, W. E. Sulistiono, T. Yulianti and Mardiana, "Perancangan UI/UX Learning Management System (LMS) Aplikasi Mobile Edu-Learn Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, pp. 229-245, 2024.

[14] M. Raschintasofi and H. Yani, "Perancangan UI/UX Aplikasi Learning Management System Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Manajamen Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 343-353, 2023.

[15] E. C. Shirvanadi, "Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center)," July 2021. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156. [Accessed 18 April 2024].

[16] D. A. Rusanty, H. Tolle and L. Fanani, "Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, pp. 10484-10493, 2020.

[17] G. Karnawan, S. Andryana and R. T. Komalasari, "Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic," TEKNOINFO, vol. 15, no. 1, pp. 61-66, 2021.

[18] D. Saputra and R. Karnia, "Designing User Interface of a Mobile LearningApplication by Usinga Design Thinking Approach: A Case Studyon UNI Couse," Journal of Marketing Innovation (JMI), vol. 2, no. 2, pp. 102-119, 2022.

[19] M. R. Fadli, "Perancangan User Interface dan User Experience Pada Aplikasi Mobile Indosport Dengan Menggunakan Pendekatan User Centered Design," 9 October 2020. [Online]. Available: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39368. [Accessed 18 April 2024].

[20] D. A. Rama and R. F. Setiawan, "Perancangan UI/UX Design Aplikasi Mobile Pertanian Menggunakan Metode Design Thinking," Jupiter: Publikasi Ilmu Keteknikan Industri, Teknik Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 120-135, 2024.

[21] D. Rivanka, I. Purnamasari and K. Prihandani, "Perancangan Ulang UI/UX Aplikasi Perpustakaan Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Perpustakaan Unsika)," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 31755-31761, 2023.

[22] R. Agam, A. A. Khan, R. Alsauqi, M. Darwis and W. Trisari, "Perancangan UI/UX Aplikasi Tanify Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, pp. 273-285, 2024.

[23] M. T. Firmansyah, R. Fauzi and S. F. S. Gumilang, "Perancangan User Interface Dan User Experience Mobile Application Sibengkel Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna Dengan Metode User-Centered Design (UCD)," e-Proceeding of Engineering, vol. 7, no. 2, pp. 7574-7580, 2020.

Downloads

Published

2025-05-31