Sistem Rekomendasi Objek Pariwisata di Pontianak Berbasis Android Menggunakan Metode Content-Based Filtering

Authors

  • Kevin Christofer Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Albertus Joko Santoso Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Andi Wahju Rahardjo Emanuel Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Kalimantan Barat merupakan provinsi terbesar ketiga di Indonesia. Sebagai Ibukota Provinsi, Pontianak juga memiliki banyak objek wisata, kuliner, rumah adat dan sebagainya. Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan di Pontianak sendiri membuat wisatawan terkadang bingung untuk menentukan pilihan objek wisata mana yang akan dikunjungi. Sering juga ketika memutuskan untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata, kadang wisatawan belum mengetahui apakah objek wisata yang hendak dikunjungi tersebut sesuai atau tidak dengan keinginannya. Oleh karena itu penulis akan membuat sistem rekomendasi objek wisata kota Pontianak. Sistem rekomendasi objek pariwisata ini bertujuan untuk membantu wisatawan untuk mendapatkan informasi objek-objek wisata yang berada di kota Pontianak dan sekitarnya. Dengan menggunakan metode Content-based Filtering, sistem akan melihat objek wisata yang wisatawan pilih sebelumnya dan memberikan rekomendasi objek wisata menggunakan metode tersebut. Agar nyaman penggunaan sistem saat berwisata, sistem ini dibangun untuk ponsel pintar bersistem operasi Android menggunakan Android Studio.
Kata Kunci: Pariwisata, Sistem Rekomendasi, Pontianak, Content-based Filtering.

References

A. Jasrotia dan D. A. Gangotia, “Smart Cities To Smart Tourism Destinations: A Review Paper,” Journal of Tourism Intelligence and Smartness, pp. 47-56, 2018.

A. Smirnov, A. Kashevnik, A. Ponomarev, M. Shchekotov dan K. Kulakov, “Application for e-Tourism: Intelligent Mobile Tourist Guide,” 2015 IIAI 4th International Congress on Advanced Applied Informatics, pp. 40-45, 2015.

U. Gretzel, M. Sigala, Z. Xiang dan C. Koo, “Smart tourism: foundations and developments,” Electronic Markets, 2015.

D. Kim dan S. Kim, “The Role of Mobile Technology in Tourism: Patents, Articles, News, and Mobile Tour App Reviews,” Sustainability 2017, 9(11), p. 2082, 2017.

B. Neuhofer, D. Buhalis dan A. Ladkin, “Conceptualising technology enhanced destination experiences,” Journal of Destination Marketing & Management, pp. 36-46, 2017.

D. Buhalis, “Information technology for small and medium sized tourism enterprises: Adaptation and benefits,” Information Technology & Tourism, pp. 79-95, 1999.

H. Kim, Z. Xiang dan D. R. Fesenmaier, “Use Of The Internet For Trip Planning: A Generational Analysis,” Journal of Travel & Tourism Marketing, pp. 276-289, 2015.

P. S. M. I. Haque dan M. A. Rahman, “Information Technology in Tourism Industry - What More Needed?,” nternational Journal of Engineering Sciences Paradigms and Researches, pp. 111-117, 2012.

A. Arief, Widyawan dan B. S. Hantono, “Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pariwisata Mobile dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering dan Location Based Filtering,” JNTETI, vol. 1, pp. 1-6, 2012.

B. T. Wahyo U dan A. W. Anggriawan, “Sistem Rekomendasi Paket Wisata Se-Malang Raya Menggunakan Metode Hybrid Content Based dan Collaborative,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA, pp. 6-13, 2015.

M. Rizal dan F. Latifah, “Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android,” PILAR Nusa Mandiri, pp. 227-232, 2017.

G. H. Basith dan D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Android,” AlgoritmaSekolah Tinggi Teknologi Garut, 2017.

D. H. Kusuma dan M. N. Shodiq, “Sistem Rekomendasi Destinasi Pariwisata Menggunakan Metode Hibrid Case Based Reasoning dan Location Based Service Sebagai Pemandu Wisatawan di Banyuwangi,” INTENSIF, vol. 1, pp. 28-34, 2017.

Downloads

Published

2020-12-11