Rancang Bangun Aplikasi Help Desk Berbasis Website dengan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Pt Collega Inti Pratama)
Keywords:
Help Desk, PHP, Codeigniter, MySQL, Web siteAbstract
PT Collega Inti Pratama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang terbesar untuk Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. PT Collega Inti Pratama memberikan sebuah solusi kerjanya dalam dua kategori yaitu kategori produk dan kategori jasa layanan. Untuk jasa layanan, saat ATM mengalami kerusakan konsumen akan melaporkan kerusakan dengan mengirimkan pesan melalui email ataupun telepon. Kerusakan tersebut nanti akan dilanjutkan ke berbagai departemen yang akan memperbaiki permasalahan tersebut. Oleh karena itu peneliti membuat suatu aplikasi yang dapat menampung setiap permasalahan dari konsumen. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan menggunakan framework CodeIgniter. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah konsumen Bank dan Departemen Switching. Aplikasi ini dapat mempermudah pihak konsumen bank dalam melakukan pembuatan
laporan kerusakan ATM/bank secara online. Sedangkan pada departemen switching, aplikasi ini dapat membantu dalam pembagian keluhan kerusakan konsumen ke departemen lain secara online dan dapat melakukan cetak laporan.
Kata Kunci: Help Desk, PHP, Codeigniter, MySQL, Web site.
References
Wikipedia, “OnLine Integrated Banking System,” https://id.wikipedia.org/wiki/OnLine_Integrated_Banking_System, 2020. [Online].
Available: https://id.wikipedia.org/wiki/OnLine_Integrated_Banking_System.
Naswan, “ONLINE PADA SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA DI PT. COLLEGA INTI PRATAMA JAKARTA Oleh NASWAN DEPARTEMEN MANAJEMEN,” 2006.
D. Novayanti and A. H. Iswanto, “Preferences analysis of use health assurance on employees PT. Collega inti Pratama, Indonesia,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 1, pp. 2546–2551, 2020.
Magazine-Telkomsigma, “E_Magazine-Telkomsigma_edisi-Januari_Maret-2019-1.pdf.” Telkomsigma_edisi, Jakarta, Indonesia, p. 10, 2019.
C. Inti and L. A. Laturiuw, “Linux di Perusahaan,” PT Collega Inti Pratama, vol. 10, no. 10, pp. 42–43, 2005.
Telkom, “Laporan Tahunan 2018 : Stronger For Your Digital Experience,” p. 445, 2018.
S. Chintalois, “Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Berbasis Web Pada Wilmar Group,” Peranc. Apl. Help. Ticket. Syst. Berbas. Web Pada Wilmar Gr., pp. 9–10, 2015.
J. Meydia, “Perancangan Sistem Help Desk Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas Informasi Dan Efisiensi Proses Pelaporan Pada Dinas Komukikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal,” Peranc. Sist. Help. Berbas. Web Untuk Meningkat. Kualitas Inf. Dan Efisiensi Proses Pelaporan pada Dinas Komun. Dan Inform. Kabupaten Kendal, Vol. 21, pp. 0–1, 2017.
T. Selatan, S. Informasi, I. Pendahuluan, and P. S. Informasi, “Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Pada Pusat Sistem Informasi Pt . Kereta Api Indonesia,” Peranc. Sist. Inf. Help. Pada Pus. Sist. Inf. Pt . Kereta Api Indones., vol. XIV, no. September, pp. 45–58, 2012.
T. Kurniawan, “Pengembangan aplikasi helpdesk pada pt. jict (jakarta international container terminal),” Pengemb. Apl. Help. PADA PT. JICT (JAKARTA Int. Contain. Termin., pp. 1–105, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .