Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Keanggotaan Organisasi Olahraga Bela Diri Berbasis Android

Authors

  • Yosapat Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Eduard Rusdianto Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Eddy Julianto Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika

Abstract

Yayasan Indonesia Aikikai adalah organisasi pendidikan seni bela diri Aikido yang mengorganisasi lebih dari 50 dojo sehingga membutuhkan sistem informasi terpadu basis data yang dapat membantu pengelolaan organisasi. Sistem informasi yang dibutuhkan oleh organisasi ini adalah sistem presensi, sistem manajemen anggota dan pengurus, sistem manajemen dojo dan juga sistem pelaporan. Dalam penelitian ini penulis membangun aplikasi mobile berbasis Android menggunakan web service yang akan digunakan oleh semua anggota dojo untuk mengelola dan mengakses data dojo. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Dojo Presence yang dibuat oleh penulis sehingga dapat mempermudah pengurus organisasi dan anggotanya untuk mengelola data dojo dan mendapatkan informasi dojo serta menghemat sumber daya dojo jika diterapkan dalam organisasi. Hal ini terbukti dari hasil kuesioner yang disebarkan memiliki indeks rata-rata Skala Likert 92.29%.
Kata Kunci: Dojo Presence, Aplikasi Mobile, Android

References

P. Gabriele dan P. Federico, “Information System for Managers: with cases”, 4th penyunt., Prospect Press, 2019.

D. Suprianto dan R. Agustina, Pemrograman Aplikasi Android, Yogyakarta: MediaKom, 2012.

N. Safaat H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika, 2011.

Riyanto, Membuat sendiri aplikasi Mobile GIS platform JAVA ME, JSON, Blackberry & Android, 1st penyunt., Yogyakarta: Andi, 2010.

T. Connolly dan C. Begg, Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 5th penyunt., Harlow: Pearson Education, 2010.

T. Connolly dan C. Begg, Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 6th penyunt., Harlow: Pearson Education, 2015.

H. A. Purba, “Pembangunan Aplikasi Web Manajemen Organisasi Hapkido Indonesia,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2018.

B. I. Cibro, “Pembangunan Sistem Kepegawaian (SIMKA) Berbasis Mobile,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2018.

I. D. G. S. A. Jaya, “Pembangunan Sistem Manajemen Presensi dan Tunjangan Untuk Aparatur Sipil Negara,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta, 2019

Downloads

Published

2021-05-01