Pengembangan Aplikasi Penjualan Voucher Belanja pada Website E-Commerce Perusahaan Retail PT. XYZ

Authors

  • Natte Vagonting Omang Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Stephanie Pamela Adithama Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Joanna Ardhyanti Mita Nugraha Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika

Abstract

Perusahaan retail PT. XYZ menghadirkan fitur cara berbelanja yang praktis yaitu produk voucher belanja yang terdiri dari Voucher Fisik yang berupa kartu fisik dan Voucher Elektronik yang berupa kode digital, yang kemudian digunakan sebagai alat transaksi pengganti uang tunai. Namun penjualan voucher belanja masih dilakukan secara manual, hal ini membuat pihak kasir dan marketing kewalahan dalam melayani pelanggan serta melihat laporan transaksi penjualan karena banyaknya transaksi yang tidak tersusun dengan baik. Oleh karena itu, perusahaan PT. XYZ memerlukan aplikasi yang dapat membantu mengelola proses transaksi dan menghasilkan laporan transaksi penjualan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini memberikan solusi yaitu berupa aplikasi berbasis web yang pada bagian front-end dibangun menggunakan library React JS, kemudian pada bagian back-end dibangun menggunakan framework ASP .Net, selanjutnya bagian basis data menggunakan PostgreSQL. Sistem pada penelitian ini berhasil dibangun yang kemudian menghasilkan dua aplikasi web yaitu aplikasi web untuk bagian admin (CMS) dan bagian pelanggan.
Kata Kunci: Aplikasi Penjualan, Voucher Belanja, React JS, ASP .Net, Aplikasi Web.

References

F. A. Halawa, “Peluang Bisnis Online Situs Voucher Diskon,” J. Pengabdi. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, 2018.

F. Hadi, H. Syahputra, and Y. Diana, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Kerajinan Rotan Kota Padang,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 7, no. 2, pp. 112–118, 2018, doi: 10.33022/ijcs.v7i2.78.

S. F. W. Nainggolan, E. Hernawati, and A. P. Kurniawan, “Aplikasi Pengadaan dan Penjualan Obat Berbasis Web (Studi Kasus: Apotek Siliwangi),” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 1544–1550, 2018.

G. Bagaskara and R. Budiawan, “Aplikasi Penjualan Produk Berbasis Web Di Papersmooth,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 1255–1264, 2019.

A. Wibowo, A. S. Hidayat, and E. Rahmawati, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi,” J. Comput. Syst. Informatics Vol., vol. 1, no. 2, pp. 46–53, 2020.

A. R. Fadillah and L. Fajarita, “Perancangan Dan Pembangunan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Jaket Kulit Naufal,” J. IDEALIS, vol. 3, pp. 85–91, 2020.

N. Yellavula, Building RESTful Web Services with go. Packt Publishing Ltd, 2017.

Rismon Hasiholan Sianipar, Pemrograman Javascript: Teori Dan Implementasi. Penerbit INFORMATIKA, 2015.

R. Abdulloh, Menguasai React JS Untuk Pemula: Panduan belajar JavaScript dari dasar hingga membuat aplikasi web modern. Rohi Abdulloh, 2020.

Tri Snadhika Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/647 .

Downloads

Published

2021-11-01