Pembangunan Sistem Tanda Tangan Digital pada Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Authors

  • Andrea Bemantoro Jati Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Th. Adi Purnomo Sidhi Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Joseph Eric Samodra Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika

Abstract

Dokumen merupakan sebuah surat yang digunakan sebagai bukti keterangan pada proses bisnis. Proses penandatanganan dokumen kerap kali membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama dimana terlebih hambatan jarak, waktu, dan pandemi Covid-19 yang sedangt terjadi. Konsep dari tanda tangan digital yang merubah proses tanda tangan konvesional menjadi modern dengan menggunakan sistem dengan menggunakan kode QR sebagai pengganti bentuk tanda tangan pada dokumen. Dengan konsep digital pada proses penandatanganan dokumen membuat proses validasi terhadap dokumenpun dapat dilakukan secara online. Quick Response Code digunakan sebagai bentuk tanda tangan digital dan kunci pada dokumen untuk melakukan proses validasi. Penelitian ini berfokus pada pembangunan sistem untuk penandatanganan dokumen secara digital yang dibangun menggunakan ASP Net Core dan Microsoft SQL Server. Sistem yang dibangun akan menangani penandatanganan dokumen pada lingkungan internal Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan dapat digunakan oleh seluruh kantor dan pegawai kampus.
Kata Kunci: Tanda Tangan Digital, Qr Code, ASP Net Core

References

Novan Adi Mustofa, Siti Mutrofin, Mohamad Ali Murtadho, "IMPLEMENTASI QUIC RESPONSE (QR) CODE PADA APLIKASI VALIDASI DOKUMEN MENGGUNAKAN PERANCANGAN UNIFIED MODELLING LANGUANGE (UML)," Jurnal Antivirus, vol. 10, p. 42, 2016.

S. A. M. A. Kusumawardhani, "KEKUATAN HUKUM TANDA TANGAN DIGITAL DALAM PEMBUKTIAN SANGKETA PERDATA MENURUT UNDANG-UNDANGNOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK," Seminar Nasional INOBALI 2019, no. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora - InoBali, p. 713, 2019.

A. ramsden, "The Use of QR Codes in Educational A Getting started guide for academics," University of Bath, 2008.

Fauzan Masykur, Makruf Pandu Atmaja, "Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web," IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 3, p. 1, 2015.

Agung Nugraha, Agus Mahardika, "PENERAPAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK PADA SISTEM ELEKTRONIK PEMERINTAHAN GUNA MENDUKUNG EGOVERNMENT," Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, vol. 2016, p. 360, 2016.

Fitri Nuraeni, Yoga Handoko, Irman Maulana Muharam, "Implementasi Tanda Tangan Digital Menggunakan RSA dan SHA-512 Pada Proses Legalisasi Ijazah," Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, vol. 2018, p. 864, 2018.

Bernard Renaldy Suteja, Radiant Victor Imbar, Meliana Christianti Johan, "IMPLEMENTATION OF QR CODE ON E-CERTIFICATE FOR EVENTS AT MARANATHA CHRISTIAN UNIVERSITY," Conference SENATIK STT Adisujipto Yogyakarta, vol. 5, 2019.

A. Adri dan A. Suni, “Implementasi Qr Code Validation Pada Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas,” J. Sist. Komput., vol. 10, no. 1, hal. 7–16, 2020.

[1] A. G. P. Suratma dan A. Azis, “Tanda Tangan Digital Menggunakan Qr Code Dengan Metode Advanced Encryption Standard,” Techno, vol. 18, no. 1, hal. 59–68, 2017.

E. Christanto dan T. Wibowo, “Analisis Komparasi Performa Web Application : Studi Kasus Asp . Net Mvc Dan Asp . Net Core,” vol. 1, 2020.

Downloads

Published

2021-11-01