Pengujian Website CGV Cinemas Berdasarkan Aspek IMK dengan Metode A/B Testing

Authors

  • Alfonsius Ega Ernowo Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Eddy Julianto Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Yonathan Handarkho Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji antarmuka website CGV Cinemas. Analisis ini menggunakan metode A/B Testing dan pengukuran system usability scale. Variabelnya adalah elemen-elemen antarmuka website CGV Cinemas. Sampel penelitian
ini adalah pengguna website dan aplikasi mobile CGV Cinemas di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan secara daring menggunakan google forms sebanyak 30 kuesioner. Pengumpulan dilakukan sebanyak dua iterasi,
iterasi pertama untuk antarmuka website CGV Cinemas dan iterasi kedua untuk purwarupa perbaikan antarmuka website yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukannya perbaikan antarmuka website. Perbaikan yang dilakukan mendapatkan impresi yang baik dan memenuhi kriteria SUS, dengan mengimplementasikan tiga aspek IMK.
Kata Kunci: Antarmuka, Eksperimen, Website, A/B Testing

References

J. Preece, Y. Rogers, H. Sharp, D. Benyon, S. Holland and T. Carey, Human-Computer Interaction, Addison Wesley, 1998.

B. CEN, Ergonomic principles in the design of work systems, 2016.

C. D. e. a. Farinango, "Human-centered design of a personal health record system for metabolic syndrome management based on the ISO 9241-210: 2010 standar," Journal of multidisciplinary healthcare 11, p. 21, 2018.

J. Nielsen and M. Rolf, Heuristic evaluation of user interfaces., 1990.

C. M. Barnum, Usability testing essentials: ready, set... test!, Morgan Kaufmann, 2020.

PT. Graha Layar Prima, Tbk, "Tentan CJ CGV CGV Cinemas Indonesia," [Online]. Available: https://www.cgv.id/en/content/about_us. [Accessed 6 March 2021].

V. Talvitie, The Foundations of Psychoanalytic Theories, 2012.

U. Sekaran and B. Roger, Reserch Methods for Business, Sixth Edition, 2013.

S. Goldstein, "A Novel Technique for A/B Testing Using Static Prototypes," vol. 2, no. 1, 2019.

R. Kohavi and R. Longbotham, "Online Controlled Experiments and A/B Testing," 2017.

S. W. H. Young, "Improving Library User Experience with A/B Testing: Principles and Process," vol. 1, no. 1, 2014.

E. Hakim, K. Brata and A. Brata, "Pembangunan Sistem Aplikasi Hanasu : Pembelajaran Bahasa Jepang Android Mobile Memanfaatkan Google Speech Recognition Library," 2018.

J. Brooke, "SUS – a retrospective," Journal of Usability Studies, vol. 8, no. 2, 2013

Downloads

Published

2021-11-01