Perancangan Animasi 3D Tempat Wisata Pos Lintas Batas Negara antara Indonesia dan Papua Nugini

Authors

  • Marvel Arkha Tania Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Paulus Mudjihartono Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika
  • Patricia Ardanari Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i1.5904

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi telah menyebabkan dampak besar dalam arti positif, salah satu bidang yang terdampak yaitu bidang multimedia. Berkat berkembangnya teknologi, multimedia yang semula menggunakan media fisik untuk memberikan
informasi sudah berganti menjadi media digital. Perkembangan teknologi juga berdampak pada berkembangnya jaringan internet, sehingga informasi yang dikirimkan melalui internet dapat diakses oleh masyarakat secara mudah dan efisien. Penggunaan multimedia seiring dengan perkembangan zaman dapat digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu tempat atau daerah, contohnya adalah penggunaan simulasi 3D mengenai tempat wisata yang berada di Pos Lintas Batas
Negara (PLBN) Skouw Jayapura, Papua. Simulasi 3D dapat memproyeksikan dengan baik dan jelas tentang gambaran dari bangunan dan objek wisata yang berada di PLBN. Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan proses wawancara dan kuesioner mengenai penerapan animasi dalam bentuk simulasi 3D ini, diperoleh hasil bahwa 70% responden sudah merasa sesuai dengan mekanisme pada simulasi dan 60% responden sudah merasa cukup puas mengenai simulasi secara keseluruhan.
Kata Kunci: Teknologi, Simulasi 3D, PLBN Skouw, Tempat Wisata.

References

E. W. F. Mei Parwanto Kurniawan, “Perancangan dan Pembuatan 3D Modelling dengan Teknik Cell Shading,” vol. 17, no. 3, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/1478%0A.

A. Syafrizal, R. Toyib, and G. Saputra, “Pembuatan Animasi 3D Profil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” no. 20, pp. 24–25, 2019.

J. K. Informatika, V. O. L. Vi, and N. O. Juni, “Jurnal khatulistiwa informatika, vol. vi, no. 1 juni 2018,” vol. VI, no. 1, pp. 70–78, 2018.

Y. Mariana, “Film Animasi 3D Jurnalis Sindo,” Palembang Politek. PalComTech, vol.2, no. 1, pp. 18–26, 2017.

V. Waeo, A. S. M. Lumenta, and B. A. A. Sugiarso, “Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2016, doi: 10.35793/jti.9.1.2016.14641.

R. Pangemanan, R. Sengkey, and O. A. Lantang, “Perancangan Animasi 3 Dimensi Alur Pengurusan Administrasi Pasien Umum Dan Jaminan Dibagian Rehabilitasi Medik RSUP Prof. DR. R.D Kandou Manado,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, 2016, doi: 10.35793/jti.9.1.2016.13750.

R. Cao, J. Walsh, A. Cunningham, M. Kohler, R. T. Smith, and B. H. Thomas, “Examining computer–supported 3d event recreation for enhancing cognitive load, memorability, and engagement,” Multimodal Technol. Interact., vol. 4, no. 3, pp. 1–16, 2020, doi: 10.3390/mti4030037.

I. Paliokas et al., “A gamified augmented reality application for digital heritage and tourism,” Appl. Sci., vol. 10, no. 21, pp. 1–18, 2020, doi: 10.3390/app10217868.

F. Firdaus, “Dampak kebijakan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Desa Sebunga Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat,” J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 3, no. 2, p. 109, 2019, doi: 10.14710/jiip.v3i2.3881.

V. T. Taufan Yusuf Aslah, Hans F. Wowor, “Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16922.

M. B. W. Bintang Adiati Kusuma Laras, T.Arie Setiawan P, “Perancangan Visualisasi Bangunan Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sebagai Media Informasi Berbasis Animasi 3D,” Repos. Institusi Univ. Kristen Satya Wacana, 2015, [Online]. Available:https://repository.uksw.edu/handle/123456789/10468%0A

Downloads

Published

2022-05-01