Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Bengkel Berbasis Desktop
DOI:
https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i1.5907Abstract
Abstrak. Di era teknologi komputer dan informasi ini merancang suatu aplikasi berbasis desktop dapat dilakukan. Desktop merupakan Aplikasi yang dapat di jalankan di desktop menggunakan komputer maupun laptop pengguna. Aplikasi Desktop juga dapat digunakan untuk mengolah berbagai data agar data tersebut lebih mudah di akses untuk mendapatkan informasinya. Bengkel bernama Citras Jaya Service ini masih menggunakan kertas untuk mencatat berbagai data secara manual yang membuat pemilik dari bengkel kesusahan untuk mencari atau memeriksa data terutama data transaksi. Aplikasi pengolahan data berbasis desktop dapat membantu mengolah data penting bengkel dan mencetak laporan transaksi sekaligus mencari data penting bengkel lebih efektif dan efisien agar pemilik bengkel tidak kesusahan dalam mencari data. Hasil yang di dapat dari penelitian ini, aplikasi Citras Jaya Service yang berbasis desktop ini dapat mempermudah pengguna untuk mengelola data dan melakukan proses transaksi melalui aplikasi.
Kata Kunci: Bengkel, Aplikasi, Desktop, Pengolahan Data.
References
M. Audrilia and A. Budiman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus : Bengkel Anugrah),” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.33753/madani.v3i1.78.
“E-learning PUSDIK KP.” http://www.pusdik.kkp.go.id/elearning/index.php/modul/read/190114-165159fungsi-cbengkel (accessed Oct. 22, 2021).
G. Ramady, Herlina, and S. Roza, “Perancangan Program Aplikasi Pemesanan Tiket Sepak Bola Berbasis Desktop Menggunakan Visual Studio 2010,” Inf. (Jurnal Inform. dan Sist. Informasi), vol. 12, no. 1, pp. 54–66, 2020, doi: 10.37424/informasi.v12i1.49.
D. Rizkyadi, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA SERVICE DAN PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR PADA BENGKEL GREAF BERBASIS DESKTOP,” 2012.
M. Sodiq, “Rancang bangun sistem layanan service mobil pada bengkel tejo motor semarang,” Ranc. bangun Sist. layanan Serv. Mob. pada bengkel tejo Mot. semarang, 2012.
W. Febrianto and Samsinar, “Membangun Sistem Informasi Jasa Service Dan Penjualan Sparepart Dengan Metodologi Berorientasi Obyek Studi Kasus: Bengkel New Rejeki Motor,” J u r n a l I D E A L I S, vol. 1, no. 3, pp. 196–202, 2018.
A. C. Joseph, “Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Bengkel Motor Dengan Menerapkan Protokol Two Phase Locking,” p. 141, 2016.
N. Setiadi and R. Setiawan, “Pengembangan Aplikasi Penjualan Sparepart di Bengkel Anugrah Jaya Motor Berbasis Desktop,” J. Algoritm., vol. 13, no. 2, pp. 399–406, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.13-2.399.
Sukamto pratama, “Bab II Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
P. Bisnis Berbasis E-Commerce, B. Huda, and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk,” Systematics, vol. 1, no. 2, pp. 81–88, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of this journal is assigned to Jurnal Informatika Atma Jogja as the journal publisher by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to author. Every printed and electronic publications are open access for educational purposes, research, and library. The editorial board is not responsible for copyright violation to the other than them aims mentioned before. The reproduction of any part of this journal (printed or online) will be allowed only with a written permission from Jurnal Informatika Atma Jogja .