Pembangunan Sistem Informasi Galeri Portofolio Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta Berbasis Website

Authors

  • Stevani Lilyani Saputri Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Stephanie Pamela Adithama Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Albertus Joko Santoso Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6778

Keywords:

Arsitektur, Portofolio, Galeri, Sistem Informasi, Website

Abstract

Abstrak. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki departemen Arsitektur. Arsitektur adalah ilmu yang mengaitkan seni pada perancangan bangunan menghasilkan produk luaran berupa poster, video, dokumen penelitian. Di UAJY hasil karya mahasiswa disimpan oleh masing-masing mahasiswa dalam bentuk media yang berbeda dan membuat mahasiswa tidak memiliki rekam digital, serta mahasiswa sulit untuk mengelompokkan proyek yang pernah dikerjakannya. Hal ini membuat mahasiswa tidak memiliki portofolio dan Departemen Arsitektur tidak memiliki dokumentasi hasil karya mahasiswa yang dapat ditunjukkan ke masyarakat. Maka dari itu dibuatlah sistem informasi galeri portofolio berbasis website yang menggunakan backend Laravel dan frontend framework Vue.Js. Sistem dibangun untuk membantu mulai pengelolaan data pendukung portofolio hingga pengunggahan berkas hasil karya. Sistem menyediakan fitur share agar pengguna dapat membagikan portofolio kepada masyarakat luar.Sistem Informasi Galeri Portofolio berhasil dibangun dan memudahkan mahasiswa Arsitektur UAJYdalam berbagai hal serta memudahkan mahasiswa memamerkan dan membagikan hasil karya kepada masyarakat umum dan membantu departemen arsitektur menunjukkan kualitas pendidikannya.
Kata Kunci: Arsitektur, Portofolio, Galeri, Sistem Informasi, Website

References

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, “NATIONAL STRATEGIC PROJECTS,” https://kppip.go.id/en/national-strategic-projects/.

M. Sari, Hardianto, and Syari’ati Rizqi, Statistik Perumahan dan Pemukiman 2019. Badan Pusat Statistik, 2019.

A. P. Wicaksono, “Arsitektur Lingkungan,” Universitas Padanaran, 2014.

E. Lararenja, “Ketahui Apa Itu Portofolio Beserta Cara Membuatnya, Baca Lebih Lanjut,” merdeka.com, 2021. https://www.merdeka.com/jatim/ketahui-apa-itu-portofolio-beserta-cara-membuatnya-baca-lebih-lanjut-kln.html#:~:text=Portofolio%20adalah%20berkas%20penting%20selain,dan%20kapasitas%20yang%20Anda%20miliki. (accessed Jan. 28, 2022).

A. H. Isnandar, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI GALERI KITA BERBASIS WEB DAN ANDROID,” Universitas Sebelas Maret, 2019.

D. Fernando, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-PORTOFOLIO HASIL KARYA MAHASISWA UNSERA MENGGUNAKAN METODE SCRUM,” Jurnal Sistem Informasi, no. 1, 2018.

Griko, S. Tambahani, M. B. Wenas, and R. Somya, “Perancangan Online Virtual Gallery Dengan Memanfaatkan Teknologi HTML5.”

A. R. Putra, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-PORTOFOLIO DOSEN,” 2018. [Online]. Available: https://www.smackcoders.com.

T. Arryandy and S. Birowo, “Analisis dan Perancangan Galeri Foto Online PhotoID Berbasis Web,” Jurnal Informatika dan Bisnis Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, vol. Vol. 7, no. 1, 2018.

H. S. Saputra, J. Sistem, I. Fakultas, and I. Komputer, “PERANCANGAN E-KATALOG BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI KOLEKSI PADA MUSEUM LAMPUNG SKRIPSI Disusun Oleh,” 2019.

Downloads

Published

2022-11-01