Pengujian Website EPOS PT XYZ Menggunakan Metode Black Box Testing

Authors

  • Wendy Winata Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Andi Wahju Rahardjo Emanuel Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Herlina Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6780

Keywords:

Pengujian, Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Pengujian Otomatis, Pengujian Manual

Abstract

Abstrak. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang mengadopsi website untuk membantu produktivitas bisnisnya. Oleh karena itu, website yang digunakan memerlukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan fungsionalitas website dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan terhindar dari bug atau masalah. Penelitian ini berfokus dalam melakukan pengujian pada website secara manual dan otomatis, menggunakan metode black box testing dan teknik equivalence partitioning. Pengujian akan dimulai dengan membangun test case terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang terstruktur dan terarah. Hasil dari pengujian akan digunakan untuk melihat bagaimana presentase keberhasilan dari fungsionalitas yang ada pada website. Selain mendapatkan presentase keberhasilan dari pengujian, penelitian ini juga akan melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan dari pengujian otomatis dan pengujian manual berdasarkan beberapa parameter perbandingan.
Kata Kunci: Pengujian, Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Pengujian Otomatis, Pengujian Manual

References

P. S. Hasugian, “Perancangan website sebagai media promosi dan informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.

M. Fauziah, “Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia Capai,” Republika.Co.Id, pp. 2–3, 2021. [Online]. Available: https://republika.co.id/berita/qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw#:~:text=REPUBLIKA.CO.ID%2C JAKARTA,populasi sebanyak 268.583.016 penduduk.

Junyati, “Kualitas Software Model ISO 9126 – School of Information Systems,” Https://Sis.Binus.Ac.Id/, 2019, [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2019/04/04/kualitas-software-model-iso-9126/

A. Alfarizi, “Perancangan Aplikasi Profil Madrasah Di Jambi Luar Kota Berbasis Android(Studi Kasus : Pengawas Madrasah Kementeriman Agama Kabupaten Muaro Jambi),” pp. 57–61, 2018, [Online]. Available: http://repository.unama.ac.id/721/

A. Agustian, I. Andryani, S. Khoerunisa, A. Pangestu, and A. Saifudin, “Implementasi Teknik Equivalence Partitioning pada Pengujian Aplikasi E-learning Berbasis Web,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 3, p. 178, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5371.

V. A. Amei, “Pengujian Website Acc.Co.Id Revamp Menggunakan Metode Black Box Testing,” 2021. [Online]. Available: https://e-journal.uajy.ac.id/24407/

A. T. Suhardi, “Pengujian Aplikasi Doctor to Doctor Menggunakan Metode Black Box Testing pada PT. Global Urban Essensial,” (Skripsi Unpubl. Univ. Atma Jaya Yogyakarta, 2021.

M. Theresia, “AUTOMATION TESTING APLIKASI MOBILE ACC LEADS MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK BOUNDARY VALUE ANALYSIS DAN EQUIVALENCE PARTITIONING Tugas Akhir,” 2021.

U. Salamah and F. Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 35–46, 2017.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.

Downloads

Published

2022-11-01