Pengembangan Sistem Pemesanan Makanan di Roemah Soto Berbasis Web Service Dengan Penerapan Payment Gateway

Authors

  • Lawrenxius Benny Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Joseph Eric Samodra Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Yonathan Dri Handarkho Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6781

Keywords:

Waterfall, Android, Payment Gateway, Website

Abstract

Abstrak. Proses bisnis yang berjalan di Roemah Soto belum memanfaatkan teknologi internet yang berkembang. Dengan proses bisnis tersebut, data yang berkaitan dengan Roemah Soto tidak tercatat dalam sebuah sistem, sehingga proses pengelolaan data di Roemah Soto menjadi sulit untuk dilakukan. Selain itu, sistem pembayaran yang tersedia hanya menggunakan tunai, yang mana memberikan kesusahan bagi customer yang tidak membawa tunai. Oleh karena itu, Roemah Soto memerlukan sistem yang mampu mencatat semua data yang ada di Roemah Soto serta menyediakan sistem pembayaran selain tunai. Pembangunan sistem di Roemah Soto menggunakan metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang memiliki aplikasi mobile android yang dapat digunakan oleh customer untuk melakukan proses pemesanan makanan yang terhubung dengan payment gateway sehingga tersedia sistem pembayaran selain tunai dan website admin yang dapat digunakan untuk mengelola data Roemah Soto sehingga dapat menunjang proses bisnis di Roemah Soto.
Kata Kunci: Waterfall, Android, Payment Gateway, Website.

References

“Perkembangan teknologi Informasi,” DISPERKIMTA, 10 JULY 2018. [Online]. Available: https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/perkembangan-teknologi-informasi-78. [Diakses 17 JANUARY 2022].

“Pengertian Rumah Makan,” [Online]. Available: http://tugaspariwisata.blogspot.com/2011/08/pengertian-rumah-makan.html. [Diakses 17 JANUARY 2022].

A. L. LESTARI, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Layanan Antar Makanan Sesurabaya Berbasis Android,” UNTAG Surabaya, pp. 5-14, 2017

R. S. Annar, E. B. Setiawan dan J. D. Bandung, “Perancangan Sistem Reservasi Di Bonk Cafe Berbasis Android,” Unikom, pp. 1-6, 2017.

H. Septiansyah dan D. R. Prehanto, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Menu Café “ KopiRide ” menggunakan Metode SAW dan QR-Code berbasis Android,” JEISBI: Journal Of Emerging Information Systems and Business Intelligence, vol. 02, no. 03, pp. 38-46, 2021.

I. Kurniawan, I. Arwan dan Tibyani, “Pengembangan Aplikasi E-Order Service berbasis Website dengan memanfaatkan Payment Gateway (Studi Kasus: Hotel Lava View),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, pp. 4095 - 4103, 2021.

D. Krisbiantoro, “PENERAPAN PAYMENT GATEWAY DAN ANTRIAN PADA PEMESANAN KULINER DI PURWOKERTO BERBASIS ANDROID,” Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, vol. 6, no. 1, 2021.

F. Nurpandi dan D. M. R. Liki, “Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Electronic Menu Restoran,” Media Jurnal Informatika, vol. 13, no. 1, p. 1, 2021.

Warno, “Pembelajaran Pemrograman Bahasa Java Dan Arti Keyword,” JIK: Jurnal Ilmu Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 40-51, 2012.

D. Purnama Sari dan R. Wijanarko, “Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus di Rumah Kamera Semarang),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, p. 32, 2020.

Downloads

Published

2022-11-01