Pengembangan Game Simulasi Memasak untuk Memperkenalkan Makanan Khas Daerah Indonesia kepada Siswa Tingkat SD

Authors

  • Gabriella Henviani Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Joseph Eric Samodra Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Vinindita Citrayasa Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industrri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6786

Keywords:

Game, Simulasi, Memasak, Makanan Khas Daerah Indonesia

Abstract

Abstrak. Makanan khas daerah adalah budaya Indonesia yang juga merupakan identitas bangsa yang penting. Oleh sebab itu, makanan khas daerah sebaiknya dipelajari oleh masyarakat Indonesia, dimulai dari anak pada periode intelektual yaitu pada usia 6 – 12 tahun. Mempelajari makanan khas daerah juga meliputi cara memasaknya, tetapi pembelajaran memasak pada anak sulit dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game simulasi memasak “Dapur Mungil Nusantara” untuk memperkenalkan makanan khas daerah Indonesia kepada anak berusia 6 – 12 tahun. Dalam game ini, pemain dapat memasak lima jenis makanan khas daerah Indonesia. Selain itu, pemain dapat melihat informasi dan gambar dari setiap bahan yang digunakan. Game simulasi memasak “Dapur Mungil Nusantara” telah berhasil dikembangkan dan dapat memberikan pengaruh positif kepada anak berusia 6 – 12 tahun yaitu meningkatkan wawasan tentang memasak, bahan masakan, dan makanan khas daerah Indonesia, serta meningkatkan minat belajar memasak.
Kata Kunci: Game, Simulasi, Memasak, Makanan Khas Daerah Indonesia

References

F. Rahman, "Kuliner sebagai Identitas Keindonesiaan," Jurnal Sejarah, vol. 2, no. 1, pp. 43-63, 2018.

K. Ramadhan, "Gastrodiplomasi sebagai Sebuah Strategi Indonesia dalam Memperkenalkan Budaya Kuliner di Perancis," Global & Policy, vol. 8, no. 1, pp. 15-27, 2020.

R. Setiawan, "Memaknai Kuliner Tradisional di Nusantara: Sebuah Tinjauan Etis," RESPONS, vol. 21, no. 1, pp. 113-140, 2016.

F. Sabani, "Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar," Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 89-100, 2019.

A. K. Siregar, "Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Nurul Ilmi," Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri, Medan, Indonesia, 2019.

B. J. Wardyga, "The First Video Games," dalam The Video Games Textbook, edisi ke-1, Boca Raton, United States, 2018, pp. 1-39.

S. Egenfeldt-Nielsen, J. H. Smith and S. P. Tosca, "What Is a Game?," dalam Understanding Video Games The Essential Introduction, edisi ke-4, New York, United States, 2020, pp. 28-52.

M. Loon, "Affect-Based Effects of Simulation Games on Learning," Worcester Journal of Learning and Teaching, no. 9, pp. 50-63, 2014.

A. Ranchhod, C. Gurau, E. Loukis and R. Trivedi, "Evaluating the educational effectiveness of simulation games: A value generation model," Information Sciences 264, vol. 264, pp. 75-90, 2014.

S. Giddings, "Simulation," dalam The Routledge Companion to Video Game Studies, edisi ke-1, New York, United States, 2014, pp. 259-266.

C. Aprilina and H. A. Fatta, "Perancangan Game Edukasi “Cooking For Child”," Jurnal Ilmiah DASI, vol. 15, no. 4, pp. 6-9, 2014.

P. Permana, "Pengembangan Media Pembelajaran Game Kudapan Nusantara untuk Siswa SMK Boga," Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 2017.

L. Ifatuzzakia, "Perancangan Game “Vege Cooking” Untuk Diet Diabetes Mellitus Menggunakan HTML5," Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah, Malang, Indonesia, 2015.

F. Waluyo, "Perancangan Video Game Tentang Pembuatan Jamu Dengan Genre Simulasi Sebagai Upaya Mengenalkan Produk Lokal," Fakultas DIV Komputer Multimedia, Institut Bisnis dan Informatika Stikom, Surabaya, 2013.

A. Alshamrani and A. Bahattab, "A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model," International Journal of Computer Science Issues, vol. 12, no. 1, pp. 106-111, 2015.

Downloads

Published

2022-11-01